10 Ide Bisnis Anak Pesantren yang Menghasilkan

10 Ide Bisnis Anak Pesantren yang Menghasilkan

Posted on

10 Ide Usaha Anak Pesantren yang Menghasilkan  РSemua orang memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki sebuah bisnis, tidak terkecuali anak pesantren. Biasanya, anak pesantren atau santri identik dengan hal-hal yang berbau agama. Namun saat ini sudah banyak santri yang memulai bisnis hingga tumbuh besar. Hal ini tak lepas karena perkembangan zaman yang menuntut mereka untuk memiliki keahlian lain.

Saat ini para santri tidak hanya mendapatkan pelajaran mengenai keagamaan. Tak sedikit pesantren yang juga memberikan bekal ilmu dalam berbisnis untuk menunjang santri setelah lulus. Tujuannya tentu agar santri bisa lebih mandiri nantinya. Dan bisnis ini bisa dimulai dari mereka saat masih berada di pesantren.

10 Ide Bisnis Anak Pesantren yang Menghasilkan

10 Ide Bisnis Anak Pesantren yang Menghasilkan

Berikut ini beberapa ide usaha anak pesantren yang bisa dicoba untuk menghasilkan keuntungan.

Bisnis Pakaian Muslim

Bisnis ini sangat relevan dengan seorang santri, sehingga tidak sulit untuk menjalankannya. Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama muslim menjadi peluang bagi santri untuk memulai bisnis ini. Daya beli masyarakat saat ini termasuk tinggi, apalagi jika produk dijual secara online. Dengan ini, para santri bisa berjualan dari pesantren jika memang sudah memperoleh izin. Aktivitas bisnis ini tidak akan menganggu kegiatan belajar keagamaan karena bisa dijadikan sampingan.

Ada banyak supplier pakaian muslim yang bisa jadi pilihan. Mereka memiliki produk-produk yang bagus, sehingga tidak akan mengecewakan pembeli. Dalam hal ini, Anda cukup berperan sebagai reseller saja sehingga tidak membutuhkan modal yang banyak. Bisnis pakaian muslim cocok untuk santri pria maupun wanita.

Bisnis Jual Buku

Pilihan yang kedua yakni mulai untuk berbisnis jualan buku. Khususnya untuk buku keagamaan yang memang sangat dekat dengan kehidupan santri. Ini bisa menjadi ide bisnis anak santri yang bakal menguntungkan nantinya. Santri bisa menawarkan produk bukunya secara online atau berkeliling disekitar pesantren. Cara ini akan membuat santri lebih mandiri untuk memulai bisnis.

Selain buku keagamaan, santri juga bisa menjual buku-buku lain seperti cerpen, cerita fiksi dan sebagainya. Selama bukunya bagus, pembeli pasti akan dengan senang hati untuk membelinya.

Bimbingan Mengaji

Ketrampilan dalam mengaji juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pemasukan. Salah satu caranya yakni dengan menyediakan layanan bimbingan mengaji. Saat ini banyak orangtua yang membutuhkan layanan ini untuk mengajari anak mereka mengaji. Sebagai santri, mengaji tentu sudah menjadi hal yang biasa. Sehingga tidak akan sulit untuk memberikan bimbingan mengaji.

Untuk mendapatkan pelanggan, santri bisa menawarkan ke masyarakat sekitar atau secara online. Diwaktu luangnya, santri bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Sehingga bisa mandiri dan tetap bisa fokus untuk belajar agama.

Jualan Makanan Ringan

Bisnis manakan ringan juga menjadi salah satu ide usaha untuk santri yang potensial. Pasar produk ini sangat luas, santri bisa memasarkannya secara online. Anda bisa melihat produk-produk makanan ringan yang dijual di internet. Sebagian besar mampu terjual dengan jumlah yang banyak.

Makanan ringan memang banyak peminatnya, khususnya kalangan anak muda. Selain menjual ke luar pesantren, produk ini juga bisa ditawarkan ke santri-santri lainnya. Sebagian besar dari mereka merupakan anak muda yang tentunya doyan dengan makanan ringan. Sehingga tidak akan sulit untuk menjual produk yang satu ini.

Bisnis Karya Kaligrafi

Untuk menjalankan bisnis ini memang membutuhkan ketrampilan khusus. Namun peluang untuk mendapatkan keuntungan besar bisa didapatkan dengan mudah. Banyak pengoleksi kaligrafi yang mau membayar dengan harga mahal. Hal ini karena memang sangat jarang orang yang memiliki kemampuan untuk hal ini.

Satu buah kaligrafi saja bisa terjual dengan harga ratusan ribu. Bagaimana jika nantinya para santri bisa menjual hingga puluhan kaligrafi setiap minggunya. Tentu keuntungan yang besar akan mereka dapatkan nantinya. Bisnis kaligrafi menjadi salah satu yang paling bagus untuk para santri.

Menjadi YouTuber

Anak muda saat ini banyak yang bercita-cita untuk menjadi YouTuber. Hal ini tak lepas karena pekerjaan ini mampu menghasilkan keuntungan yang banyak. Menjadi seorang YouTuber sangat mudah, apalagi bagi para santri. Mereka memiliki kemampuan melantunkan ayat Al Quran dengan baik. Dan kemudian bisa merekam kemudian membagikannya di YouTube.

Peminat untuk konten seperti ini terbilang banyak. Apalagi di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama islam. Ini bisa menjadi salah satu peluang untuk menghasilkan keuntungan nantinya. Para santri bisa mencoba untuk menjadi YouTuber sehingga memiliki penghasilan sendiri.

Menjadi Blogger

Opsi lainnya yakni menjadi blogger, cocok untuk santri yang suka menulis. Para santri bisa membagikan berbagai informasi menarik yang dicari banyak orang diblog yang mereka buat. Dari blog itu nantinya mereka bisa menghasilkan keuntungan yang banyak jika tulisannya banyak dibaca. Bisnis ini sama sekali tidak akan menganggu aktivitas pesantren, karena bisa dikerjakan pada waktu luang.

Dengan menjadi blogger juga akan melatih santri untuk menjadi seorang yang mau berfikir. Ini akan mengasah kemampuan mereka dalam mendalami ilmu nantinya.

Jualan Pulsa

Selain itu, para santri juga bisa berbisnis jualan pulsa dan paket data. Tahukan Anda bahwa saat ini hampir setiap orang memiliki handphone. Sehingga mereka tentu membutuhkan yang namanya pulsa dan paket data. Santri bisa berjualan ini di lingkungan pesantren. Jika jumlah santrinya banyak, tentu menjadi peluang untuk bisnis ini. Bisnis jualan pulsa memang sangat mudah dilakukan, hanya bermodalkan satu buah smarphone saja.

Meski keuntungannya tidak terlalu besar, namun bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Ini bisa dimanfaatkan oleh para santri untuk menambah uang jajan mereka.

Jualan Aksesoris

Selanjutnya, santri juga bisa memulai bisnis aksesoris. Santri bisa berjualan berbagai macam aksesoris di lingkungan pesantren. Ada banyak jenis aksesoris seperti gelang, holder, tongsis, case hp dan sebagainya. Produk-produk tersebut tentu banyak dibutuhkan oleh anak muda. Sehingga tidak sulit untuk berjualan aksesoris.

Untuk mendapatkan produk tersebut bisa membelinya di marketplace. Biasanya harganya jauh lebih murah, sehingga pada saat berjualan bisa mendapatkan banyak keuntungan. Bisnis jualan aksesoris ini layak untuk Anda coba, karena memang tidak membutuhkan banyak modal.

Jasa Desain Grafis

Saat ini, banyak pesantren modern yang membekali santrinya dengan ketrampilan digital, salah satunya desain grafis. Jika santri memiliki kemampuan dalam hal desain grafis, maka bisa mencoba menjalankan bisnis ini. Dari satu desain saja bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan ribu. Dan itu bisa dikerjakan dimanapun dengan memanfaatkan waktu kosong.

Kesimpulan

Ide bisnis anak pesantren ada berbagai macam, semuanya bisa dilakukan jika memiliki komitmen yang baik. Santri yang ingin mandiri bisa mencoba untuk memulai bisnis dari sekarang. Karena dengan ini akan memberikan mereka ketrampilan yang akan bermanfaat setelah lulus. Tidak perlu memikirkan seberapa besar keuntungannya, yang terpenting adalah memulai untuk berbisnis sesegera mungkin.