Cara menjadi relawan panti asuhan
Cara menjadi relawan panti asuhan

3+ Cara Menjadi Relawan di Panti Asuhan

Posted on

Caramenjadi.com – Salah satu pekerjaan yang mulia adalah cara menjadi relawan di panti asuhan. Relawan adalah seorang yang membantu pihak lain dengan tanpa mengharapkan pamrih. Salah satu jenis relawan yang sering sekali kita temukan adalah para relawan yang bertugas di panti asuhan. Panti asuhan sebagai tempat menampung anak-anak yang nasibnya kurang beruntung meski sudah memiliki prosedur dan staffnya masing-masing.

tentu akan dengan senang hati menerima orang yang ingin membantu mereka. Berikut adalah cara untuk bergabung menjadi relawan di panti asuhan.

Cara Menjadi Relawan di Panti Asuhan

Cara menjadi relawan panti asuhan
Cara menjadi relawan panti asuhan

Bijak Memilih

Cara menjadi relawan di panti asuhan yang pertama yaitu anda harus bijak dalam memilih. Sebelum anda memutuskan untuk menjadi seorang di panti asuhan. Anda harus melakukan survey dan riset terlebih dahulu terhadap panti asuhan yang akan anda layani nantinya. Panti asuhan yang anda pilih sebaiknya merupakan panti yang mempunyai reputasi yang baik, beroperasi secara legal, dan mengadakan program adopsi.

Selain itu panti asuhan yang baik juga tidak akan langsung ‘mengiyakan’ permintaan anda untuk menjadi seorang relawan disana. Namun akan menanyakan anda tentang apa yang akan anda lakukan di panti asuhan tersebut dan memutuskan jadwal yang tepat bagi anda untuk berkunjung.

Rencanakan Kunjungan

Cara menjadi relawan di panti asuhan yang kedua yaitu usahan membuat rencana dalam kunjungan ke tempat panti asuhan. Anda sebagai orang yang ingin memberi pelayanan kepada para penghuni panti asuhan. Tentunya harus mempersiapkan beberapa hal sebelum bisa melakukan kunjungan. Seperti sudah ditulis diatas, pengurus panti asuhan yang baik akan menanyakan beberapa hal kepada anda terlebih dahulu sebelum anda bisa berkunjung dan menjadi seorang relawan.

Baca juga Cara Menjadi Agen Produk Unilever

Setelah anda menghubungi pengurus panti asuhan, buatlah proposal atau CV untuk dikirim ke mereka. Jangan lupa untuk menyertakan berbagai referensi yang anda miliki dan surat ketentuan hukum agar kunjungan anda semakin dirasa credible sehingga anda akan terlihat lebih dipercayai oleh pihak panti asuhan.

Anda juga baiknya melontarkan berbagai pertanyaan tentang kegiatan relawan kepada rekan-rekan anda yang pernah melakukan kegiatan sejenis itu.

Dalam melakukan kunjungan relawan, anda pastinya juga akan membawakan berbagai buah tangan dan sumbangan untuk anak-anak di panti asuhan tersebut. Namun rencanakan juga dengan matang sekiranya komoditi sumbangan macam apa yang cocok dan dibutuhkan oleh mereka agar kebutuhan para penghuni panti asuhan tercukupi.

Jika anda berniat untuk memberikan sumbangan berupa dana, maka pastikan anda mengetahui secara spesifik kemana donasi yang anda berikan disalurkan apalagi jika dana tersebut berjumlah besar.

Baca juga Cara Menjadi Agen Susu dan Pampers Bayi

Lakukan Partisipasi Dengan Baik

Dalam melakukan kegiatan relawan di panti asuhan, tentunya anda harus melakukan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya mengingat tujuan anda adalah untuk memberikan bantuan kepada para anak-anak dan penghuni panti asuhan yang lainnya.

Lalu untuk memilih kegiatan yang berjangka panjang dan diawasi oleh pengurus panti merupakan langkah yang baik bagi anda. Selagi anda berpartisipasi, anda bisa sembari berkomunikasi dengan para pengurus atau bahkan para relawan lain guna memperluas relasi dan menambah informasi serta ilmu.

Baca juga Cara Menjadi Agen Pakan Ternak

Selama anda melakukan kegiatan relawan disana. Anda juga tetap harus mengetahui batasan tentang hal apa saja yang bisa anda lakukan atau akses dan hal yang seharusnya tidak anda ikut campuri. Walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa seorang relawan harus berbaur dengan para penghuni panti asuhan terutama anak-anaknya, ada baiknya anda tetap menjaga jarak dan tidak terlalu dekat dengan anak-anak panti asuhan tersebut.

Hal ini dimaksudkan agar para anak-anak panti asuhan tidak terlalu melekat pada anda yang bisa berujung dengan munculnya rasa sedih dan kehilangan. Ketika anda menyelesaikan tugas anda sebagai relawan nanti. Anda juga sebaiknya menghindari dan mengunggah foto atau video kegiatan anak-anak panti tanpa seizin pengurus guna menjaga privasi anak-anak tersebut.

Menjadi relawan di panti asuhan bisa menjadi pengalaman yang mengesankan. Tak selalu tentang keahlian khusus ataupun sumbangan dengan jumlah besar. Tapi relawan bisa membantu dengan sekedar mengajak berbincang, membacakan buku, dan bermain bersama.