cara menjadi pemuda pancasila

Cara Menjadi Pemuda Pancasila dan Syaratnya

Posted on

CARMENJADI.COM – Berikut cara menjadi pemuda pancasila dan syaratnya. Apakah kalian tertarik menjadi pemuda pancasila? Kini sedang ramai di kalangan masyarakat terkait pemuda pancasila yang cukup eskis dan populer. Salah satu ciri khasnya adalah dengan seragam loreng oranye hitam.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak orang yang bergabung dengan anggota pemuda pancasila. Kurang lebih sekitar 10 juta anggota yang kini menjadi pemuda pancasila. Apabila kalian berminat untuk menjadi anggota pemuda pancasila memiliki banyak kesempatan. Ada beberapa tips yang harus kalian ketahui beserta syaratnya sebagai berikut.

Syarat Menjadi Pemuda Pancasila

cara menjadi pemuda pancasila

Sebelum ke tahap cara menjadi pemuda pancasila, ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi. Bila tidak memenuhi persyaratan, hal tersebut tidak dapat diproses. Ada beberapa persyaratan untuk menjadi pemuda pancasila sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) beserta KTP
  • Mendaftarkan diri di sekretariat kepengurusan Pemuda Pancasila baik tingkat kelurahan, kecamatan dan kota
  • Kemudian mengisi formulir sebagai syarat kesediaan menjadi anggota
  • Pas foto 3×4
  • Menandatangani pakta integritas

Apabila persyaratan sudah kalian penuhi, maka tinggal melanjutkan ketahap berikutnya. Masih terbuka lebar bagi siapapun yang ingin mendaftarkan diri. Langsung saja siapkan persyaratannya kemudian mendaftarkan diri sebagai anggota pemuda pancasila.

Cara Menjadi Pemuda Pancasila

Pendaftaran bisa kalian lakukan dengan menemui pengurus PP yang ada di kantor. Sampaikan tujuan dan maksud kalian untuk menjadi anggota pemuda pancasila. Nantinya akan ada formulir yang harus kalian isi terlebih dahulu seperti nama, alamat, dan lain sebagainya. Apabila sudah kalian isi, kembalikan lagi formulir tersebut kepada pengurus PP. Kalian hanya menunggu kartu tanda anggota atau KTA PP yang biasanya hanya memerlukan waktu satu atau dua hari.

Pendaftaran pemuda pancasila bisa kalian lakukan dengan cara offline ataupun online. Untuk cara online bisa kalian ikuti sebagai berikut:

  • Siapkan KTP
  • Siapkan file foto dengan atribut
  • HP
  • Memiliki alamat email
  • Mengisi formulir yang nantinya akan kalian berikan
  • Apabila beberapa dokumen tersebut sudah kalian persiapkan, maka tinggal masuk ke situs web resmi pemuda pancasila www.pemudapancasila.news/anggota/daftar

Akan tetapi, pada 26 Januari 2022 situs tersebut tidak dapat di akses. Meski begitu, laman tersebut harus kalian isi sesuai dengan formulir identitas resmi. Kalian juga harus mengunggah KTP dan foto menggunakan atribut. Bila sudah, tinggal melakukan konfirmasi pendaftaran dan verifikasi data. Dengan begitu, kalian tinggal menunggu hasilnya apakah di terima atau tidak.

Bagaimana Cara Menjadi Pemuda Pancasila?

cara menjadi pemuda pancasila

Proses menjadi pemuda pancasila terbilang cukup mudah. Beberapa persyaratannya untuk saat ini masih belum sulit. Siapapun bisa mencoba untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu, masalah di terima atau tidaknya urusan belakangan. Jika kalian berminat, langsung saja mencobanya supaya dapat berorganisasi bersama pemuda pancasila.

Menjadi anggota PP memiliki banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Pengalaman akan bertambah dengan mengikuti organisasi baru. Selain itu, kalian akan mendapatkan banyak teman dari beberapa daerah yang tergabung menjadi satu dengan tujuan yang sama. Dengan begitu, kalian akan bertambah wawasannya dengan bergabung menjadi pemuda pancasila.

Itulah cara menjadi pemuda pancasila yang bisa kalian terapkan secara langsung. Sebaiknya daftarkan diri secara offline supaya lebih pasti dengan datang langsung ke kantor. Siapkan beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Bilamana persyaratan memenuhi, maka kesempatan untuk menjadi anggota pemuda pancasila sangat besar. Banyak dari mereka yang sudah bergabung, sekarang giliran Anda untuk mencobanya.