cara mendidik anak supaya rajin saat di rumah.

Cara Mendidik Anak Supaya Rajin Saat di Rumah

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara mendidik anak supaya rajin saat di rumah. Sebagai orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Mereka suatu saat akan tumbuh menjadi dewasa dan harus kalian latih dengan baik sejak kecil. Apapun yang mereka lakukan harus bisa mandiri tanpa harus bergantung kepada orang lain.

Setiap anak senang melakukan hal-hal yang di kerjakan orang tua. Hanya saja orang tua seringkali menghambat proses kemandirian anak dengan larangan yang mereka anggap merepotkan. Dari situlah padahal anak mulai belajar dengan tugasnya menjadi lebih dewasa. Sebagai orang tua, menjadikan anak rajin membantu menjadi solusi yang tepat.

Cara Mendidik Anak Supaya Rajin Saat di Rumah

cara mendidik anak supaya rajin saat di rumah.

  • Menjadikan Kegiatan Sehari-hari Sebagai Hal yang Menyenangkan

Sebagai orang tua akan ikhlas dan senang menjalani keseharian yang dapat membuat anak ikut senang. Mereka tidak memandang kegiatan tersebut sebagai beban. Jika orang tua sering mengeluh dan menganggap kegiatan sehari-hari tidak mengasyikan, persepsi tersebut juga akan di tangkap anak, sehingga mereka akan memiliki pandangan bahwa pekerjaan rumah merupakan beban bagi mereka. Oleh karena itu, sebisa mungkin buat kegiatan sehari-hari yang menyenangkan.

  • Lakukan dari yang Sederhana

Anak akan menjadi rajin bila kalian memulainya dari hal yang paling sederhana. Ada banyak hal sederhana yang bisa anak lakukan untuk membantu pekerjaan rumah. Seperti halnya anak belum bisa mencuci pakaian, namun orang tua bisa mengajak anaknya untuk membantu mengambil pakaian kering di jemuran. Atau bisa juga ketika menyetrika pakaian, ajak anak untuk membantunya merapikan pakaian. Awali dengan hal yang sederhana, maka lama-kelamaan akan menjadi terbiasa.

  • Tidak Melarang Kehendak Anak

Pekerjaan orang tua pada dasarnya akan dilakukan oleh anak-anaknya. Apabila orang tua sedang menjalankan suatu hal, seringkali mereka ingin melibatkan diri. Meski terbilang cukup merepotkan, sebaiknya orang tua tidak melarang kehendak mereka jika yang ingin kalian lakukan bukan sesuatu yang membahayakan, melainkan membimbing dan mengarahkan mereka dengan sabar. Salah satu contohnya ketika ibu sedang mengepel dan anak merebut alat pel tersebut, maka biarkan mereka untuk melakukannya.

Cara Mendidik Anak Supaya Rajin

Cara Mendidik Anak Supaya Rajin

  • Jalankan Kegiatan Secara Insidental

Cara mendidik anak supaya rajin saat di rumah yang selanjutnya adalah menjalankan kegiatan secara insidental. Dalam hal ini berarti kalian harus melakukan kegiatan bersama anak terlebih dahulu. Jadikan kegiatan tersebut yang mengasyikan dan menyenangkan agar anak tidak merasa terbebani. Lakukan sesekali dalam seminggu atau beberapa hari sekali. Akan lebih efektif jika kegiatan tersebut merupakan permintaan anak sendiri.

  • Berikan Tanggung Jawab

Anak yang memiliki tanggung jawab tentu akan melaksanakan pekerjaan rumah terlebih dahulu. Pekerjaan rumah menjadi sarana menanamkan nilai tertentu kepada anak. Apabila siap, maka berikan tanggung jawab terkait pekerjaan rumah. Seperti halnya berikan tugas kepada anak untuk mencuci piring setelah makan, mencuci pakaian, dan lain sebagainya. Selain membuatnya semakin rajin, mereka akan memiliki rasa tanggung jawab yang bermanfaat di luar pekerjaan rumah.

  • Berikan Apresiasi

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada anak yang telah melakukan tugasnya. Mereka layak untuk mendapatkan pujian meskipun hanya ucapan terima kasih. Rasa senang akan mereka dapatkan apabila kalian memberikan apresiasi. Banyak jenis ungkapan apresiasi yang bisa kalian terapkan untuk membuat anaknya menjadi lebih senang.

Itulah cara mendidik anak supaya rajin saat di rumah. Pastikan kalian menerapkan beberapa tips di atas supaya anak menjadi rajin.