cara menjadi moderator presentasi

Cara Menjadi Moderator Presentasi di Kelas

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara menjadi moderator presentasi di kelas. Apakah kalian pernah menjadi moderator? Bagi yang baru pertama kali atau baru mendapatkan tugas seperti ini tentu akan bingung untuk memulainya. Menjadi moderator tidak hanya diam saja, namun ada beberapa hal yang harus kalian ketahui supaya menarik.

Tampil menjadi moderator bukanlah hal yang mudah untuk mempresentasikan sebuah materi. Sebagai pemimpin dan pengarah presentasi, peran moderator sangat penting. Oleh sebab itu, kalian harus mengetahui tahapannya agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar.

Apa Itu Moderator?

cara menjadi moderator presentasi

Moderator adalah pihak yang memimpin dan membantu jalannya suatu diskusi atau presentasi. Seorang moderator perlu mencari dan mempelajari contoh teks menjadi moderator terlebih dahulu. Apabila seorang moderator kurang dalam bercakap dalam memimpin presentas di kelas, suasana akan menjadi canggih. Hal tersebut tentu akan membosankan dan tidak bisa menarik audiens.

Selain itu, akan percuma saja bilamana teks yang sudah kalian siapkan memiliki isi yang berkualitas. Akan tetapi, penyampaian yang kurang baik akan membuat daya tarik menurun. Pemirsa yang mendengarkannya akan merasa bosan. Oleh sebab itu, sangat penting dalam mempelajari bagaimana caranya menjadi moderator yang baik dan benar.

Cara Menjadi Moderator Presentasi di Kelas

Menjadi moderator tidak semudah yang kalian bayangkan, ada beberapa tahapan yang harus kalian terapkan di antaranya sebagai berikut:

  • Salam Pembuka

Salam pembuka berupa sebuah ucapan salam yaitu “Assalamu’alaikum wr wb”

  • Kalimat Pembuka

Bagian ini berisikan tentang rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat, nikmat beserta hidayahNya. Sehingga, kalian bisa berkumpul untuk melakukan presentasi pada jadwal yang berlangsung. Ada banyak sekali contoh ungkapan rasa syukur yang bisa kalian terapkan.

  • Salam Hormat

Contoh pengungkapan salam hormat seperti “Yang terhormat Bapak/Ibu (nama guru) selaku guru pembimbing mata pelajaran. Yang saya hormati tim penyaji selaku pihak yang akan mempresentasikan materi pada pagi hari ini dan teman-temanku yang berbahagia”

Pada bagian ini intinya kalian mengungkapkan rasa hormat kepada seluruh yang terlibat dalam acara presentasi di kelas. Mulai dari guru, teman-teman, ataupun lainnya bisa di cantumkan sebagai rasa hormat untuk memulai acara tersebut.

  • Memperkenalkan Diri

Jangan lupa untuk memperkenalkan diri mulai dari kalian sendiri selaku moderator beserta anggotanya. Perkenalkan diri bisa kalian menyebutkannya sendiri atau di sebutkan oleh orang lain.

  • Instruksi Memulai Presentasi

Cara menjadi moderator presentasi di kelas yang selanjutnya adalah memberikan instruksi kepada tim penyaji untuk memulai presentasi. Kalian bisa langsung mulai saja presentasi dengan menyebutkan topik yang akan kalian bahas. Selain itu, ungkapkan terima kasih juga kepada penyaji yang sudah mempresentasikan materi.

  • Sesi Tanya Jawab

Berikan ungkapan terkait tanya jawab agar apa yang kalian sampaikan mudah dipahami. Dalam sesi tanya jawab bisa mengacungkan tangan sebelum bertanya dan bisa mengajukannya setelah mendapatkan izin. Tim penyaji bisa menjawab apa yang mereka tanyakan.

  • Kalimat Penutup

Contoh kalimat penutup seperti “Sekian presentasi pada pagi hari ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada kata-kata atau tindakan yang salah, saya selaku moderator meminta maaf yang sebesar-besarnya, terima kasih”

  • Salam Penutup

Ada salam pembuka tentu harus di sertai salam penutup yakni “Wassalamu’alaikum wr wb”

cara menjadi moderator presentasi

Itulah cara menjadi moderator presentasi di kelas. Bagi yang masih awam dan ragu bisa mengikuti beberapa tips tersebut mulai dari salam pembuka hingga penutup.