jenis ayam bakar khas Indonesia

Jenis Ayam Bakar Khas Indonesia yang Menggugah Selera

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut jenis ayam bakar khas Indonesia yang menggugah selera. Ayam bakar menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Makanan yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri dari segi pengolahannya yaitu dengan cara dibakar. Bagi yang tertarik untuk mengkonsumsinya, kalian bisa membeli atau membuatnya sendiri.

Ada banyak sekali jenis ayam bakar yang bisa kalian konsumsi. Biasanya setiap daerah memiliki olahan khas tersendiri untuk ayam bakar yang mereka buat. Untuk rasanya tergantung dari pengolahannya, apabila mampu membuat dengan baik, tentu rasanya akan menggugah selera.

Jenis Ayam Bakar Khas Indonesia yang Menggugah Selera

jenis ayam bakar khas Indonesia

Ayam Bakar Madu

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan jenis ayam bakar yang satu ini. Ayam bakar madu memiliki keistimewaan tersendiri dari bahannya yang menggunakan tambahan madu. Rasanya sudah tidak perlu kalian ragukan, banyak dari mereka yang menjual makanan yang satu ini karena memiliki rasa yang lezat, sehingga mampu memberikan daya tarik bagi orang-orang.

Ayam Bakar Bacem

Ayam bakar bacem merupakan salah satu makanan khas dari Jawa Tengah, yakni menggunakan bumbu bacem yang rasanya manis. Untuk mendapatkan warna kecoklatan yang menggilat, kalian harus menambahkan kecap manis beserta gula merah. Dua bahan tersebut menjadi salah satu inti dari makanan yang satu ini.

Ayam Bakar Kecap Pedas

Jenis ayam bakar khas Indoenesia yang selanjutnya ialah ayam bakar kecap pedas. Makanan yang satu ini bisa kalian buat dengan mudah karena menggunakan bahan dasar kecap. Untuk memanggangnya, kalian bisa menggunakan teflon. Racikan bumbu ayamnya yang ada di dalamnya akan membuat siapapun tertarik untuk mencicipinya.

Ayam Bakar Bumbu Kuning

Bagi yang belum pernah mencicipi ayam bakar bumbu kuning, kalian bisa mencobanya. Makanan khas Indonesia yang satu ini memiliki racikan bumbu yang unik, beberapa di antaranya seperti kemiri, kunyit, serai, bawang putih, jahe, dan masih banyak lainnya. Sebelum proses pembakaran, daging ayam dimarinasi atau di ungkep terlebih dahulu hingga meresap.

Ayam Bakar Santan

Mendengar namanya mungkin agak asing, namun ada ayam bakar santan yang mampu menggugah selera karena rasanya yang khas dan lezat. Ayam bakar yang satu ini memiliki rasa gurih dan khas berkat penggunaan santan dan terasi pada bumbunya. Apalagi jika kalian mengungkepnya sebelum di panggang, penyajian ayam bakar santan akan lebih nikmat jika menggunakan sambal.

Ayam Bakar Rica Rica

Jenis ayam bakar khas Indonesia yang satu ini juga tak kalah lezat. Ayam bakar rica rica merupakan khas dari daerah Manado yang memiliki cita rasa pedas. Buat kalian yang suka pedas sangat cocok bila mengkonsumsi makanan yang satu ini. Proses pembuatan bumbunya dihaluskan kemudian di tumis, lalu bumbu tersebut dipakai untuk mengungkep ayam.

Ayam Bakar Iloni

Ayam Bakar Iloni merupakan salah satu makanan yang berasal dari daerah Manado. Jenis ayam bakar yang satu ini cukup rekomended untuk kalian pilih karena menggunakan bahan-bahan rempah seperti jintan, ketumbar, dan kunyit. Ada juga santan kelapa yang membuat cita rasa menjadi lebih nikmat. Kalian bisa membuatnya dengan menghaluskan bumbu dan masak dengan santan. Masukan ayam dan masak hingga kuah susut, lalu panggang.

jenis ayam bakar khas Indonesia

Demikian jenis ayam bakar khas Indonesia yang masing-masing memiliki cita rasa berbeda. Ada bahan tersendiri yang membuat masakan memiliki rasa yang berbeda. Seperti halnya ayam bakar dari Jawa Tengah yang menggunakan bahan bacem sebagai bumbu yang tidak ada pada jenis ayam bakar lainnya.