jenis martabak di Indonesia

Jenis Martabak di Indonesia yang Cocok untuk Dijual

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut jenis martabak di Indonesia yang cocok untuk dijual. Martabak menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Dengan cita rasanya yang lezat dan khas mampu membuat orang-orang tertarik untuk mengkonsumsinya. Ada beragam jenis martabak yang berasal dari daerah masing-masing. Setiap martabak memiliki ciri khas tersendiri yang bisa kalian konsumsi ataupun menjualnya.

Berbicara soal peluang usaha, jualan martabak menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk kalian coba. Banyak dari mereka yang tertarik menjalankan bisnis tersebut dan mampu menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang banyak. Namun kalian harus memperhatikan beberapa faktor agar dapat berjualan martabak dan memperoleh keuntungan, salah satunya dengan membuat salah satu atau beberapa jenis martabak.

Jenis Martabak di Indonesia yang Cocok untuk Dijual

jenis martabak di Indonesia

Ada banyak sekali jenis martabak yang bisa kalian buat sendiri lalu menjualnya. Berikut rekomendasi martabak yang bisa kalian jual:

Martabak Manis

Martabak manis merupakan salah satu jenis martabak yang paling populer. Hampir di setiap penjual martabak terdapat jenis yang satu ini. Di dalamnya terdapat berbagai macam toping yang bisa kalian buat sesuai selera. Seperti halnya menggunakan coklat, kacang, keju, strowberi, dan lain sebagainya. Berbagai macam bahan tambahan tersebut juga dapat kalian variasikan.

Selain itu, martabak juga memiliki varian adonan seperti original, red velvet, green tea, hingga panda. Setiap varian adonan memiliki rasa yang berbeda. Setiap orang biasanya memiliki selera yang berbeda-beda, kalian bisa membelinya sesuai keinginan.

Martabak Telur

Selain manis, ada juga martabak telur yang cukup populer di Indonesia. Sesuai dengan namanya, terdapat telur sebagai bahan tambahan untuk membuat menu masakan tersebut. Katanya, martabak telur mendapat pengaruh dari budaya India. Kulit martabak telur terbuat dari adonan tepung elastis bulat dengan memipihkan adonan hingga tipis.

Tambahan telur, daging cincang, hingga daun bawang sebagai ciri khas utama dari martabak telur. Penyajiannya pun berbeda, yakni dengan menggunakan acar timun, cabai hijau, ataupun cuka hitam. Seringkali orang-orang menyantapnya sebagai cemilan ataupun lauk makan. Untuk kalian yang ingin membelinya juga bisa request jumlah telur yang di inginkan.

Martabak Piring

Jenis martabak di Indonesia yang bisa kalian jual selanjutnya adalah martabak piring. Berbeda dengan martabak telur atau manis, jenis martabak yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri. Hal tersebut akan memberikan daya tarik bagi orang-orang untuk membelinya. Jenis martabak tersebut dapat kalian buat menggunakan piring seng jadul yang menjadi salah satu letak keistimewaannya.

Kalian bisa membuat dua macam varian, yakni martabak piring tebal atau tipis kering yang bentuknya seperti crepes. Martabak yang satu ini tidak memiliki ukuran yang besar pada umumnya. Biasanya adonan yang basah dikeruk hingga tipis dan isiannya seperti martabak manis.

Kesimpulan

jenis martabak di Indonesia

Dari beberapa jenis martabak yang ada, martabak manis dan telur merupakan yang paling sering di jual di kalangan masyarakat. Tentu karena faktor selera yang ada pada martabak manis atau telur yang memiliki rasa lezat dan khas, sehingga banyak yang tertarik untuk mengkonsumsiny.

Bagi kalian yang ingin membuka peluang usaha yang satu ini, sebaiknya kuasai pembuatan martabak manis dan telur. Buat varian yang berbeda dengan rasa khas dan lezat, sehingga orang-orang akan tertarik untuk membelinya. Keuntungan besar bisa kalian dapatkan apabila ada banyak pelanggan yang membeli martabak buatan kalian.

Itulah jenis martabak di Indonesia yang bisa kalian jual, semoga bermanfaat.