hal penting yang harus kamu miliki di Sekolah

3 Hal Penting yang Harus Kamu Miliki di Sekolah

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut 3 hal penting yang harus kamu miliki di Sekolah. Setiap siswa pasti memiliki impian masing-masing saat masuk ke jenjang pendidikan. Baik untuk tujuan prestasi, terkenal, atau karena faktor lainnya. Ada alasan tersendiri yang membuat para siswa memilih sekolah tertentu sesuai yang mereka inginkan. Dengan begitu, kepuasan tersendiri bisa mereka dapatkan apabila mampu menjalankannya dengan baik.

Memilih tempat pendidikan juga sangat penting untuk kalian lakukan karena dapat berpengaruh terhadap masa depan kalian. Seperti yang kalian ketahui, di Indonesia ada banyak tempat pendidikan mulai dari yang paling favorit hingga biasa. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dan biasanya untuk memasuki tempat terbaik mengharuskan kalian untuk memiliki nilai baik.

Ketika sudah menjadi siswa di Sekolah tersebut, kalian wajib mematuhi peraturan yang berlaku. Aturan dari setiap tempat pendidikan juga tidak hampir semua sama. Biasanya ada perbedaan tersendiri yang menjadikan sekolah tersebut lebih efektif karena aturannya yang baik. Sehingga, aturan tersebut akan berpengaruh terhadap anak dan menjadikannya lebih baik.

3 Hal Penting yang Harus Kamu Miliki di Sekolah

hal penting yang harus kamu miliki di Sekolah

Sebagai siswa, ada beberapa hal penting yang harus kalian miliki di sekolah. Ini akan membuatmu menjadi lebih baik kedepannya bila menerapkan beberapa hal seperti berikut:

Disiplin

Apa itu disiplin? Disiplin berasal dari kata latin “discipline” yang berarti latihan atau pendidikan dalam pengembangan harkat, spiritualitas, dan kepribadian,” Dalam hal ini berarti memanifestasikan dirinya sebagai upaya untuk meningkatkan perilaku individu supaya mengikuti prinsip yang selalu mengikuti aturan norma yang berlaku.

Disiplin merupakan rasa ketaatan dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya dan sudah menjadi tanggung jawabnya. Dalam hal ini berarti kamu harus memiliki rasa kepatuhan terhadap aturan atau pengawasan dan pengendalian. Kalian harus melakukan upaya untuk memberikan suatu objek rasa nilai dan obsesi untuk mentaati sebuah aturan.

Disiplin bisa kalian terapkan di berbagai tempat, salah satunya di Sekolah. Ada aturan tersendiri yang biasanya sudah di tetapkan di Sekolah supaya membuat siswa menjadi lebih disiplin. Apabila melanggarnya, maka akan ada konsekuensi yang mereka dapatkan. Hal ini juga berlaku dalam kehidupan bermasyarakat yang mengharuskan seseorang untuk disiplin.

Setiap orang pastinya memiliki kedisiplinan yang tertanam pada diri sendiri. Pada dasarnya, disiplin menjadi salah satu sikap yang baik, namun belum tentu semua orang bisa memilikinya. Adapun beberapa sikap disiplin yang bisa kalian terapkan seperti disiplin waktu, disiplin ilmu, dan lain sebagainya. Dalam praktiknya, sikap ini kamu butuhkan untuk setiap aktivitas. Khusunya bagi kalian yang menjalankan sekolah, kedisiplinan akan membawamu menuju masa depan yang lebih baik.

Selain itu, disiplin merupakan sikap yang benar tentang janji agar orang lain percaya. Oleh sebab itu, sikap disiplin sudah mulai di terapkan sejak masih sekolah. Cara menjadi disiplin bisa kalian terapkan dengan mudah. Kebiasaan tersebut nantinya akan terbawa hingga dewasa dan membuat mereka memiliki karakter yang baik.

Macam-macam sikap disiplin:

  • Disiplin Waktu

Disiplin waktu berarti seseorang dapat menggunakan waktu dengan baik dan membaginya. Seperti yang kalian ketahui, waktu sangat berharga dan salah satu kunci menuju kesuksesan. Siapapun yang dapat memanfaatkan waktu dengan baik, maka masa depannya akan cerah. Persoalan menjalankan waktu yang kalian miliki sangat erat kaitannya dengan disiplin. Dalam dunia pendidikan, kalian harus memanfaatkannya dengan cara belajar tepat waktu, masuk sekolah tepat waktu, dan lain sebagainya.

  • Disiplin Ilmu

Sangat penting bagi kalian untuk memiliki disiplin ilmu di Sekolah. Ini sangat bermanfaat untuk membangun diri sendiri menjadi lebih baik. Dengan disiplin ilmu, kalian akan mendapatkan nilai yang tinggi sesuai dengan apa yang di harapkan. Ketika kalian menguasai salah satu bidang mata pelajaran, sebaiknya tekunkan sampai benar-benar kalian yang paling menguasainya.

  • Disiplin Pribadi

Kepribadian yang baik akan menimbulkan dampak yang baik. Sikap ini sangat penting untuk kalian terapkan di lingkungan sekolah. Disiplin pribadi merupakan orientasi terhadap diri sendiri untuk tujuan yang kalian inginkan melalui latihan dan pengembangan. Seperti halnya kalian memiliki target di Sekolah untuk memiliki image yang baik, maka kepribadian kalian harus di ubah menjadi lebih baik.

Pintar dan Berprestasi

Hal penting yang harus kamu miliki di Sekolah yang selanjutnya adalah pintar dan berprestasi. Siswa yang pintar dan berprestasi akan selalu di ingat oleh banyak orang. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang menginginkannya. Akan tetapi, untuk meraih semua itu tidak semudah yang kalian bayangkan. Ada beberapa hal penting yang harus kalian lakukan supaya menjadi pintar dan berprestasi. Apalagi saingan kalian juga banyak, tidak hanya satu kelas saja namun seluruh angkatan yang ada di Sekolah.

Prestasi bisa kalian capai dari hal terkecil terlebih dahulu, yakni mencapai nilai sesuai keinginan. Seperti halnya target pertama adalah memiliki nilai di atas KKM semuanya. Selain itu, kalian bisa meningkatkannya untuk menjadi yang terbaik di kelas. Kuasai mata pelajaran dan pelajari dengan baik agar kalian bisa memanfaatkannya dan  menjadi siswa berprestasi di kelas.

Jangan terlalu berbangga diri bila sudah menjadi yang terbaik di kelas. Mungkin masih ada teman satu angkatan lainnya yang masih di atas kalian prestasinya. Terus gali lebih dalam ilmu yang kalian miliki untuk menjadi yang terbaik di Sekolahan tersebut. Dengan begitu, nama kalian akan semakin terkenal dan banyak dari mereka yang mengaguminya.

Bahkan ada persaingan antar sekolah yang mungkin saja kalian bisa mewakilinya dan menjadi juara. Jika ada kesempatan, ikutilah untuk mendapatkan prestasi yang unggul. Semakin tinggi prestasi yang kalian gapai, maka akan lebih efektif untuk kedepannya. Banyak dari mereka yang sudah menerapkannya dan terbukti berhasil menjadi siswa berprestasi dan pintar.

Cara menjadi pintar dan berprestasi bisa kalian terapkan sebagai berikut:

  • Selalu Belajar

Siswa yang pintar dan berprestasi tidak luput dari belajar. Mereka akan terus melakukannya untuk mencapai tujuan yang ingin mereka gapai. Pelajari dengan baik apa yang menjadi tujuan kalian, maka impian yang kalian inginkan sangat mudah untuk di dapatkan. Seorang guru pastinya akan memberikan penerangan kepada siswanya, kalian harus memperhatikannya dan mempelajari semua materi tersebut. Setelah di rumah pun harus membukanya kembali supaya tidak lupa.

  • Tentukan Tujuan

Tentukan tujuan terlebih dahulu untuk mencapai apa yang kalian inginkan. Setiap siswa pastinya memiliki tujuan masing-masing. Seperti halnya ingin mendapatkan ranking 1 di kelas, maka kalian harus memikirkan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Menjadi peringkat pertama tentu harus memiliki nilai yang paling tinggi, cara melakukannya adalah terus belajar.

  • Minta Solusi ke Teman atau Guru

Mungkin teman kalian ada yang memiliki keahlian dalam satu bidang, seperti halnya pintar matematika dan kamu memiliki nilai di bawahnya. Cara mengakalinya yaitu dengan bertanya dan minta solusi terkait apa yang menjadi kesulitan kalian. Akan lebih efektif bila minta langsung solusi ke guru untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti. Namun biasanya ada beberapa siswa yang malu bertanya kepada guru, sehingga lebih memiliki ke teman saja.

  • Mengikuti Kegiatan Sekolah

Ada banyak sekali kegiatan sekolah yang dapat kalian lakukan. Sebaiknya ikuti beberapa kegiatan yang akan memberikan pengalaman kepada kalian. Melalui pengalaman tersebut, kalian bisa berubah menjadi lebih baik dan akan meraih banyak prestasi.

hal penting yang harus kamu miliki di Sekolah

Menghormati Guru

Guru adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mengajar, membimbing, melatih, dan memberikan penilaian kepada siswa. Seorang guru mengabdikan dirinya untuk mengajarkan ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih muridnya agar memahami apa yang ia sampaikan. Guru tidak hanya mengajarkan pendidikan formal saja, namun pendidikan lainnya yang bisa menjadi teladan baginya.

Peran guru sangat penting dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas unggul, baik secara intelektual maupun akhlaknya. Beberapa tugas seorang guru di antaranya mengajar peserta didik, mendidik para murid, melatih peserta didik, membimbing dan mengarahkan, hingga memberikan dorongan kepada muridnya supaya menjadi lebih baik.

Sebagai siswa, kalian harus menghormati guru di Sekolah. Guru akan menjadi orang tua kalian selama berada di lingkungan Sekolah. Jangan memandang guru dari segi statusnya, apalagi fisik mereka. Perilaku menghormati kepada guru sangat wajib untuk kalian terapkan. Seringkali ada beberapa siswa yang memiliki sikap kurang baik kepada gurunya di lingkungan Sekolah. Biasanya mereka sering menimbulkan masalah atau keonaran yang membuat guru marah.

Menghormati guru berarti menaruh rasa hormat kepada seseorang. Dalam hal ini berarti kalian harus mengakui dan menaati aturan yang mereka jalankan. Biasanya, perilaku hormat ini diberikan kepada seseorang ang lebih muda untuk menghormati yang lebih tua. Murid wajib menghormati guru yang mengajarkan ilmu pengetahuan sesekalipun guru tersebut bukan wali kelas kalian atau orang yang tidak kalian kenal.

Bagaimana Cara Menghormati Guru?

Cara menghormati guru sebetulnya bisa kalian lakukan dengan mudah. Namun banyak dari mereka yang sepertinya kesulitan untuk melakukannya. Mulai dari hal kecil seperti memberi salam ketika berpapasan. Jika malu untuk berbicara, berikan senyuman saja sudah menjadi salah satu bentuk rasa hormat kepada guru. Mereka akan merasa senang karena ada rasa hormat yang kalian miliki.

Buatlah gurumu senyaman mungkin dengan cara mendengarkan materi yang mereka sampaikan. Meskipun materinya kurang kalian suka, tetap hormati dan dengarkan apa yang ia bicarakan. Siapa tahu perlahan-lahan kalian akan dapat memahaminya. Hindari hal-hal yang membuat gurumu marah seperti tidur saat guru menerangkan mata pelajaran, ngobrol dengan teman, dan lain sebagainya.

Hal sederhana lainnya yang bisa kalian terapkan sebagai bentuk rasa hormat kepada guru ialah mengucapkan terima kasih. Guru merupakan sosok yang sangat berjasa karena telah mengajarkan banyak ilmu pengetahuan kepada kalian. Maka dari itu, ucapkanlah terima kasih atas semua ilmu, perhatian, kasih sayang, dan lain sebagainya yang telah ia berikan. Pastinya ia dengan sabar memberikan yang terbaik kepada kalian. Dengan memberikan rasa terima kasih akan membuat guru lebih senang dan tersentuh.

Kesimpulan

Demikian 3 hal penting yang harus kamu miliki di Sekolah. Dengan memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam mematuhi aturan sekolah akan membuatmu menjadi lebih baik. Menjadi murid berprestasi dan pintar di sekolah akan meningkatkan derajat kalian. Dan menghormati guru akan memberikan jiwa yang baik untuk bekal di masa depan. Ketiga hal tersebut bisa kalian terapkan dalam lingkungan sekolah untuk menjadi yang terbaik.