Ingin menjadi bandar tambak ikan yang sukses? Salah satu bidang usaha ini memang banyak diincar oleh segelintir orang. Potensi keuntungan yang besar membuat banyak orang tertarik untuk menjalankannya.

Akan tetapi, untuk bisa menjadi bandar tambak ikan tidak semudah membalikan tangan. Terlebih jika sebelumnya belum ada pengalaman dalam mengelola tambak.

Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang baru memulai usaha ini. Butuh waktu utuk dapat mengelola tambak dengan baik dan menguntungkan.

Sebagai pemula, Ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan agar usaha bandar tambak ikan ini bisa berkembang dan menguntungkan.

Cara Menjadi Bandar Tambak Ikan Agar Sukses

Jika Anda ingin menjadi bandar tambak ikan yang sukses, beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda.

1. Tentukan Supplier Ikan

Ketika Anda memulai usaha tambak ikan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari supplier ikan. Pastikan Anda menemukan supplier yang mampu menyuplai ikan secara berkelanjutan.

Anda bisa mengunjungi langsung lokasi supplier untuk memastikan kualitas dari bibit ikan yang akan dibesarkan. Jangan sampai, kualitas bibit ikannya kurang bagus karena akan berpengaruh ke pembesaran nantinya.

2. Menentukan Jenis Iklan yang Akan Dibudidayakan

Tahap kedua, tentukan jenis ikan apa yang akan dijual. Lakukan riset terlebih dahulu jenis ikan apa yang sedang banyak dicari di pasaran. Selain itu, juga bisa memilih jenis ikan yang minim risiko.

Penentuan jenis ikan ini juga akan berpengaruh terhadap pakan ikan, lokasi tambak dan sebagainya. Untuk itu, perhatikan dengan baik hal ini sebelum memulai.

3. Siapkan Modal

Ketika ingin memulai usaha tambak ikan, modal menjadi hal yang sangat krusial. Jenis usaha ini membutuhkan modal yang besar, terlebih jika sebelumnya Anda belum memiliki tambak.

Modal ini digunakan untuk membeli bibit, perawatan, pakan, gaji pegawai (optional) dan beberapa hal lain. Lakukan pembukuan dengan baik untuk menghitung laba rugi setelah menjual ikan yang berhasil dibesarkan.

4. Tentukan Metode Pemasaran

Setelah berhasil membesarkan ikan, tahap selanjutnya Anda harus menentukan metode pemasaran yang akan dijalankan. Ada beberapa opsi yang bisa dilakukan seperti dengan menyuplai ikan ke pasar, restoran atau dijual secara keliling.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menentukan sendiri sesuai dengan strategi yang sudah dibuat. Dan yang jelas, Anda harus menjual ke pembeli yang loyal agar kedepannya lebih mudah.

5. Berikan Harga yang Bersaing

Dalam menentukan harga, Anda tidak bisa menggunakan harga retail untuk menjual ikan hasil tambak. Berikan harga yang bersaing agar para konsumen betah belanja melalui Anda.

Umumnya, pembeli ikan yang langsung dari tambak ini merupakan penjual retail. Mereka akan menjual kembali ikan yang dibeli dengan harga yang lebih mahal. Hal ini membuat Anda tidak bisa mematok harga terlalu tinggi.

6. Kelola Pendapatan

Agar bisnis tambak Anda berkelanjutan, kelola pendapatan setiap panen dengan baik. Pastikan Anda mampu mengkalkulasikan dengan baik pendapatannya.

Hitung apakah modal yang dikeluarkan lebih besar atau sedikit dari pendapatan. Jika terjadi kerugian, Anda harus melakukan evaluasi kedepannya.

Itulah informasi mengenai cara menjadi bandar tambak ikan yang sukses. Jenis usaha ini memang tidak mudah untuk dilakukan, sehingga butuh kesabaran dan ketekunan.

Anda bisa bekerjasama dengan pengelola tambak ikan lain yang tentunya lebih berpengalaman. Sehingga Anda bisa belajar dari sana.