Bagaimana Cara Menjadi Supplier Matahari Department Store
Bagaimana Cara Menjadi Supplier Matahari Department Store

Bagaimana Cara Menjadi Supplier Matahari Department Store?

Posted on

CARAMENJADI.COM – Kalau mendengar nama supplier Matahari Department Store, Anda pastinya sudah familiar dong dengan department store yang satu ini?

Ya, Matahari ini merupakan salah satu department store ternama di Indonesia yang sudah hadir sejak tahun 1972 dan kini sudah memiliki kurang lebih 140 cabang yang tersebar di 77 kota di Indonesia.

Tak hanya department store konvensional, Matahari kini juga menambah layanan perbelanjaan mereka dengan meluncurkan toko online dengan brand mereka sendiri yang bisa masyarakat akses di Matahari.com.

Dengan banyak pilihan brand dengan kualitas yang dapat dipercaya, sangat wajar jika Matahari Department Store dijadikan sebagai desitinasi belanja banyak orang.

Baca juga Info promo matahari mall Terbaru 

Namun ternyata tak hanya brand ternama saja lho yang bisa masuk ke Matahari Department Store, brand brand yang masih baru atau startup juga diperbolehkan untuk mengirim barang mereka untuk dijual di Matahari.

Bagaimana Cara Menjadi Supplier Matahari Department Store

Bagaimana Cara Menjadi Supplier Matahari Department Store
Bagaimana Cara Menjadi Supplier Matahari Department Store

Syarat Menjadi Supplier Di Matahari Department Store

Sebelum Anda bisa mengirim barang dagangan Anda masuk dan dijual di Matahari, tentunya ada beberapa syarat yang harus Anda siapkan, dianataranya adalah:

  • Produk yang akan dijual haruslah diproduksi oleh perusahaan berbadan resmi. (Bisa CV maupun PT.)
  • Perusahaan mampu memproduksi dan memiliki stok barang setidaknya sebanyak 10 lusin.
  • Fotokopi KTP dan Keterangan Domisili milik pribadi.
  • NPWP pribadi.
  • Nomor rekening bank. (Biasanya pihak cabang department store mempunyai rekening bank tertentu untuk keperluan transaksi, mohon ditanyakan lebih lanjut perihal ini.)
  • Surat keterangan izin usaha dari pemerintah setempat. (Jika tidak ada, akan ada biaya tambahan per jumlah produk yang dipajang.)
  • Biaya Admin. (Dibayarkan pertahun.)

Baca juga Cara Memulai Bisnis Katering Rumahan

Mulai Menjadi Supplier

Anda sudah siap untuk menjadi supplier barang Matahari Department Store? Yuk langsung simak langkah-langkahnya:

  1. Pertama, tentunya Anda harus mengunjungi cabang Matahari Department Store terdekat dengan Anda. Usahakan untuk berpakaian rapi dan formal agar lebih meyakinkan.
  2. Kemudian, Anda bisa mulai tanyakan kepada karyawan yang bekerja disana letak kantor pengelola guna menanyakan apakah toko sedang membuka kemitraan atau tidak.
  3. Jika sudah diberitahu Anda jangan langsung menuju kesana, tapi tanyakan dulu kepada security yang bertugas apakah Manager toko bisa ditemui atau tidak.
  4. Jika nantinya sudah dikonfirmasi bahwa Manager bersedis bertemu dengan Anda, baru Anda bisa menuju ke kantor pengelola.
  5. Disana, silahkan Anda tanyakan segala hal yang ingin Anda ketahui perihal menjadi supplier di Matahari Department Store.
  6. Jika Anda sudah yakin dan mengerti dengan segala penjelasan yang diberikan Manager, biasanya mereka akan memberi Anda berkas-berkas pendaftaran supplier serta syarat-syarat yang perlu Anda penuhi.
  7. Dalam kesempatan pertemuan dengan Manager selanjutnya, pastikan Anda sudah membawa dan melengkapi berkas serta syarat yang dibutuhkan.
  8. Jangan lupa juga untuk membawa contoh produk yang akan Anda kirim untuk dijual di Matahari Department Store. Sediakan juga katalog jenis barang yang Anda produksi agar pihak Management bisa lebih yakin.
  9. Jika pihak Management setuju untuk menerima barang Anda di toko, selanjutnya perhatikan baik baik kesepakatan yang akan terjalin antara Anda dengan Matahari Department Store. Contohnya seperti consignment produk atau jumlah bagi profit, dan tempo waktu pembayaran hasil dari penjualan.
  10. Apabila Anda menyetujui hal tersebut, maka Anda secara resmi telah menjadi supplier untuk Matahari Department Store. Harap tunggu konfirmasi dari pihak Management perihal penerimaan supply, baru Anda bisa mulai mengirim barang.

Baca juga Cara Menjalankan Usaha Jual Bibit Tanaman Buah

Kira-kira seperti itulah syarat dan cara menjadi supplier Matahari Department Store. Semakin bagus nilai jual produk Anda, maka semakin kecil profit yang Anda bagi kepada mereka. Pastikan dan yakin bahwa produk Anda bisa bersaing ya!