cara pengolahan awal Eceng Gondok untuk kerajinan

Bagaimana Cara Pengolahan Awal Eceng Gondok Sebelum Diolah Menjadi Kerajinan

Posted on

CARAMENJADI.COM – Bagaimana cara pengolahan awal eceng gondok sebelum di olah menjadi kerajinan? Membuat kerajinan bisa kalian lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya Eceng Gondok. Selain untuk di makan, Eceng Gondok ternyata memiliki banyak sekali manfaat, kalian bisa menggunakannya sebagai bahan baku kerajnan.

Seiring berjalannya waktu, manusia terus melakukan terobosan baru. Mereka ingin membuat kerajinan yang layak dan banyak yang mengakuinya. Selama kerajinan tersebut memiliki kualitas yang baik, maka akan laku di kalangan masyarakat. Eceng Gondok menjadi salah satu bahan baku alami yang bisa kalian manfaatkan untuk menjadi kerajinan.

Apa Itu Eceng Gondok?

cara pengolahan awal Eceng Gondok untuk kerajinan

Eceng Gondok adalah tanaman yang tumbuh di air seperti rawa, danau, waduk, sungai, atau lainnya yang memiliki aliran tenang. Penyebaran tumbuhan Eceng Gondok sangat cepat, tanaman yang satu ini merupakan salah satu tumbuhan gulma yang dapat merusak lingkungan pertanian.

Eceng Gondok memiliki banyak manfaat yaitu menyerap pulutam logam seperti tembaga dan timbal dari limbah industri. Tumbuhan Eceng Gondok juga dapat menyerap merkuri dan timbal yang terkandung di dalam air. Tanaman yang satu ini dapat menaungi air kolam dan menyediakan tempat bagi ikan untuk kaur dari panas sinar matahari.

Selain itu, Eceng Gondok ternyata memiliki manfaat lain yang belum banyak mengetahuinya. Eceng Gondok bisa kalian gunakan sebagai bahan kerajinan. Banyak dari mereka yang sudah memanfaatkannya dan terbukti mampu memberikan hasil yang berkualitas. Dengan memanfaatkannya sebagai bahan baku kerajinan, ekosistem rawa akan terlindungi.

Cara Pengolahan Awal Eceng Gondok untuk Kerajinan

Bagi yang ingin menggunakan Eceng Gondok untuk kerajinan, kalian harus menyiapkan perlengkapan dan bahan baku Eceng Gondok yang sudah kering. Kalian bisa mendapatkannya di danau atau tempat berair yang tenang untuk memperoleh banyak tumbuhan tersebut. Cara menggunakannya yaitu cukup memotong bagian batang di bagian bawah kemudian buang daunnya.

Eceng Gondok yang efektif untuk pembuatan anyaman yaitu memiliki tinggi minimal 30 cm dan berukuran besar, serta sudah tua. Perlengkapan yang perlu kalian persiapkan seperti kayu, papan, gergaji, martil, paku, bahan kain, penjepit, gunting, kuas, lem, mesin jahit, hingga pernis.

Tahap pembuatannya meliputi:

  • Menjemur Eceng Gondok

Jemur batang Eceng Gondok di bawah terik matahari langsung. Bagian bawah sebaiknya di alasi dengan plastik supaya mudah saat mengumpulkannya. Biasanya penjemuran memerlukan waktu sekitar satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan begitu, batang eceng gondok benar-benar kering dan budah untuk kalian buat kerajinan.

Supaya kering merata, jangan lupa di balik posisinya. Hindari batang Eceng Gondok yang terkena air ataupun hujan. Tujuannya adalah agar batang Eceng Gondok kering dan tidak menjamur. Setelah kering, kumpulkan kembali dan siap digunakan untuk kerajinan.

  • Siapkan Model

Ada banyak sekali model yang bisa kalian pilih untuk membuat kerajinan. Siakan juga ukuran yang tepat dengan cara membuat cetakan sesuai keinginan. Kalian bisa membuat cetakan tersebut dengan papan kayu dan membentuknya sesuai keinginan.

  • Anyam eceng Gondok

cara pengolahan awal Eceng Gondok untuk kerajinan

Tahap terakhir adalah proses penganyaman. Pipihkan batang Eceng Gondok menggunakan alat penjepit dari bambu dan potong bagian ujungnya supaya rapi. Batang tersebut bisa kalian buat menjadi produk anyaman atau tali tambang sesuai keinginan.

Bila anyaman sudah setengah jadi, maka lem supaya lebih lekat daya anyaman dan tidak mudah bergeser. Lepaskan anyaman dari cetakan dan anyam menutupi seluruh bagian cetakan. Cat menggunakan pernis berwarna transapran untuk menghasilkan warna yang keren. Jemur kurang lebih selama 15 menit dan tambahkan aksesoris untuk mempercantik anyaman.

Demikian cara pengolahan awal Eceng Gondok untuk kerajinan, semoga bermanfaat.