ATM BCA
ATM BCA

Ini Cara Ganti PIN ATM BCA. Bantu Jaga Rekening!

Posted on

CARAMENJADI.COM – Cara ganti PIN ATM BCA merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah bank Indonesia yang satu ini.

BCA sebagai salah satu bank yang masih aktif beroperasi di Indonesia tentunya selalu mengedepankan keamanan rekening para nasabahnya, mengingat para nasabah sudah mempercayakan uang mereka untuk disimpan di bank BCA.

Salah satu cara untuk mengamankan rekening nasabah bank BCA, adalah dengan menyematkan pin khusus. PIN khusus ini terdiri dari 6 angka yang dikehendaki oleh nasabah dan harus dimasukkan setiap kali nasabah ingin menggunakan ATM baik cek saldo, penarikkan uang, dan setor uang.

ATM BCA
ATM BCA

 

Kenapa Ganti Pin ATM BCA?

Seperti diketahui sebelumnya, PIN ATM ini memiliki fungsi sebagai kunci pengaman data dan informasi tentang keuangan para nasabah di bank. Adanya pin khusus untuk mengakses rekening ini tentunya mengurangi resiko pembobolan karena tak sembarangan orang bisa mengakses rekening tersebut.

Kendati demikian, ada baiknya bagi para nasabah untuk secara rutin mengganti pin ATM milik mereka. Pihak bank BCA juga sering menghimbau para nasabahnya untuk mengganti PIN ATM secara berkala, alasannya adalah sebagai berikut:

– Meningkatkan keamanan.

PIN lama yang dipakai berulang kali beresiko untuk diingat dan dipakai oleh pihak lain yang bisa saja memiliki niat buruk untuk membobol rekening Anda.

– Menghindari resiko kejahatan Skimming.

Skimming merupakan tindak kejahatan dengan memanfaatkan alat Skimmer guna merekam segala jenis kegiatan yang nasabah lakukan di ATM termasuk memasukkan PIN.

Dengan mengganti PIN ATM secara berkala, tentunya rekening Anda akan terhindari dari resiko diingat pihak lain maupun terkena skimming yang berujung pembobolan dana. Itu karena pelaku akan gagal masuk ke rekening anda sebab mereka salah memasukkan PIN.

Sekarang, mari kita beranjak ke cara ganti PIN ATM BCA.

 

Rekomendasi untuk Anda: Ini Cara Ganti PIN ATM Mandiri

 

Ganti PIN ATM BCA

Mengganti nomor PIN ATM BCA bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melewati mesin ATM BCA dan melalui aplikasi BCA Mobile.

 

1. Ganti PIN ATM BCA lewat ATM

Nasabah bisa mengganti PIN ATM BCA mereka dengan mengunjungi langsung mesin ATM BCA terdekat, caranya sebagai berikut.

– Datangi mesin ATM BCA terdekat.

– Masukkan kartu ATM, tunggu hingga terbaca oleh mesin.

– Kemudian, masukkan PIN ATM saat ini.

– Pilih menu Transaksi Lainnya.

– Pilih opsi Ganti PIN.

– Masukkan Pin ATM yang lama.

– Kemudian ketikkan 6 digit PIN ATM yang baru.

– Masukkan kembali pin yang baru untuk konfirmasi.

– Tunggu hingga muncul notifikasi penggantian pin.

– Pin ATM berhasil diganti.

 

2. Ganti Pin ATM BCA lewat aplikasi BCA Mobile

Bagi nasabah yang merasa malas dan repot harus mengunjungi mesin ATM secara langsung, tak perlu khawatir. Sebab kini pin ATM BCA bisa diubah melalui aplikasi terbitan bank BCA yaitu BCA Mobile yang bisa diakses melalui smartphone. Berikut caranya.

– Buka aplikasi BCA Mobile di smartphone Anda.

– Pilih M-BCA dan astikan rekening anda sudah terhubung dengan BCA Mobile.

– Masukkan kode akses.

– Pilih menu m-Admin.

– Klik opsi Ganti PIN yang ada dipaling atas.

– Akan muncul tiga kolom yang harus Anda isi. Ketikkan PIN lama anda pada kolom pertama, lalu ketikkan PIN yang baru pada kolom kedua dan ketiga.

– Klik Send.

– Tunggu hingga muncul notifikasi adanya pergantian PIN BCA Mobile.

– PIN BCA Mobile berhasil diganti.

 

Itulah dia cara ganti PIN ATM BCA, mudah dan cepat bukan? Perhatikan juga bahwa sebaiknya PIN tidak menggunakan tangga lahir ataupun nomor telepon. Meskipun anda nantinya harus mengingat lagi PIN yang baru, namun itu akan lebih baik daripada harus kehilangan uang di rekening.