cara jualan online melalui media sosial

Cara Jualan Online Melalui Media Sosial

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara jualan online melalui media sosial. Jualan online kini menjadi salah satu profesi yang banyak peminatnya. Hanya dengan mempromosikan produk, maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan sangatlah besar. Tergantung dari kerja keras yang kalian lakukan bagaimana caranya mendapatkan banyak pelanggan.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk berjualan secara online. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Gunakan smartphone yang kalian miliki dan manfaatkan sebaik mungkin sebagai media promosi produk kalian.

Dalam menjalankan usaha yang satu ini, tidak pandang usia bisa melakukannya. Bahkan kalian bisa menjalankannya sebagai pekerjaan sampingan. Mulai dari kalangan pelajar hingga ibu rumah tangga banyak yang menerapkannya. Untuk kalian yang ingin berjualan online tidak perlu bingung, ikuti beberapa tips berikut supaya berhasil.

Jualan Online Melalui Media Sosial

cara jualan online melalui media sosial

Sebelum ke cara jualan online melalui media sosial, kalian harus mengetahui apa itu jualan online? Jualan online adalah sistem jual beli yang dilakukan secara online. Dalam hal ini kalian memanfaatkan media internet sebagai alat untuk promosi produk atau lainnya. Jualan online berbeda dengan offline yang mengharuskan kalian bertatap muka secara langsung. Sementara jualan online hanya perlu mempromosikan produk lewat online, begitu juga pembayarannya tanpa harus bertatap muka.

Salah satu cara yang paling efektif untuk manjalankan usaha yang satu ini adalah memanfaatkan media sosial. Berikut kami rekomendasikan beberapa media sosial terbaik yang yang bisa kalian gunakan untuk berjualan secara online:

  • Whatsapp

Whatsapp adalah salah satu media sosial yang sangat populer dengan berbagai macam fitur menarik di dalamnya. Salah satu alasan menggunakan Whatsapp sebagai media untuk jualan online adalah mudah kalian gunakan. Selain itu, terdapat WA bisnis yang khusus untuk kalian yang suka berjualan online. Dengan adanya WA bisnis akan memudahkan kalian dalam promosi.

Tips jualan online di Whatsapp bisa kalian lakukan dengan mudah. Hal penting yang harus kalian lakukan adalah membuat profil terlebih dahulu. Buatlah profil semenarik mungkin supaya pelanggan percaya dan ingin membeli produk Anda. Jangan lupa untuk menambahkan katalog foto terkait produk yang kalian jual supaya mendapatkan hasil yang memuaskan.

Keunggulan menggunakan Whatsapp Bisnis salah satunya adalah bisa otomatis membalas pesan. Seperti halnya ketika orang-orang bertanya terkait produk, maka tanpa harus membalasnya sudah terbalas secara otomatis melalui settingan yang ada pada WA bisnis. Sebab itulah mengapa banyak dari mereka yang tertarik menggunakan WA bisnis daripada lainnya.

  • Instagram

Selain Whatsapp, Instagram juga menjadi salah satu media yang cukup populer untuk jual beli online. Instagram merupakan media sosial yang sampai saat ini masih trend. Mulai dari orang biasa hingga artis banyak yang menggunakan Instagram. Kalian bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan, salah satunya berjualan online produk kalian.

Tips jualan online di Instagram juga hampir sama seperti di media sosial lainnya. Namun untuk fitur di IG berbeda dengan fitur lainnya. Kalian bisa mempromosikannya melalui postingan, jika ingin membuat video terkait produk bisa menggunakan reels IG. Dengan adanya fitur tersebut tentu akan memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin berjualan.

Hal terpenting yang harus kalian ketahui adalah mencari jumlah followers sebanyak mungkin terlebih dahulu. Followers yang banyak akan memberikan kepercayaan yang tinggi bahwa media sosial milik kalian benar-benar real. Seperti yang kalian ketahui, ada banyak sekali akun fake yang sering menipu pelanggan. Dengan menggunakan akun yang real maka akan membuat pelanggan percaya. Mereka pastinya akan memesan produk yang kalian posting pada akun IG.

  • Facebook

Cara jualan online melalui media sosial yang selanjutnya bisa kalian lakukan menggunakan Facebook. Media sosial yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Bahkan kebanyakan orang-orang menengah ke bawah menggunakan media sosial yang satu ini. Cocok sekali untuk promosi produk-produk dengan harga terjangkau melalui media sosial yang satu ini.

Tips jualan online di Facebook bisa kalian lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya memanfaatkan fitur marketplace. Fitur yang satu ini sengaja dibuat untuk mereka yang berjualan online. Kalian tinggal posting saja foto produk yang ingin di jual, kemudian setting mulai dari harga, deskripsi produk, dan lain sebagainya. Posting dan lihat hasilnya, pastinya akan ada yang bertanya terkait produk yang sudah kalian unggah.

Selain itu, kalian juga bisa mempromosikannya melalui postingan beranda. Jika ingin menjangkau lebih banyak pelanggan, maka tinggal share ke grup yang kalian ikuti. Namun ingat, pastikan kalian share ke grup yang sesuai dengan produk yang kalian jual. Seperti halnya produk tentang pakaian wanita, maka share ke grup yang tepat supaya tidak menjadi masalah. Biasanya admin grup akan meminimalisir terkait orang-orang yang ingin share ke grup miliknya.

  • TikTok

TikTok adalah media sosial yang kini sedang trend. Banyak dari mereka yang menggunakan TikTok untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya membuat konten video menarik dengan memanfaatkan berbagai macam fitur yang ada di dalamnya. Selain itu, banyak juga dari mereka yang sekarang memanfaatkan TikTok sebagai media untuk jual beli online.

Tips jualan online di TikTok hampir sama dengan yang lainnya. Namun kebanyakan orang-orang menjualnya dengan melakukan live streaming. Promosikan produk kalian dengan live streaming dan ucapkan keunggulan produk supaya ada yang membelinya. Selain itu, kalian juga bisa membuat konten yang berkaitan dengan produk kalian. Salah satu tujuan utamanya adalah menarik followers terlebih dahulu agar suatu saat mempromosikannya banyak yang beli.

TikTok sendiri kini sudah banyak yang menggunakannya, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Oleh karena itu, kalian juga harus bisa mencari informasi yang tepat terkait target penjualan produk. Seperti halnya produk yang kalian jual khusus untuk anak-anak, dewasa, atau remaja. Dengan begitu, untuk menjual produk lewat TikTok akan lebih mudah.

Itulah beberapa media sosial yang kini sedang populer dan banyak penggunanya untuk berjualan online. Masih ada banyak sekali media sosial lainnya yang bisa kalian pakai. Nemun beberapa media sosial tersebut paling rekomended untuk kalian gunakan.

Cara Jualan Online Melalui Media Sosial

cara jualan online melalui media sosial

Media sosial kini menjadi solusi yang efektif untuk menjual berbagai macam produk. Selama kalian mengetahui caranya, maka terapkan saja. Dengan begitu, keuntungan besar bisa kalian peroleh dengan berjualan online melalui media sosial.

Jangan hanya menggunakan media sosial untuk hiburan saja, namun manfaatkan sebaik mungkin. Sebisa mungkin manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu caranya adalah berjualan online, dengan cara ini maka kalian bisa mendapatkan keuntungan besar.

Berikut tips jualan online lewat media sosial:

  • Pilih Platform yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan, ada banyak sekali media sosial yang bisa kalian gunakan. Tentukan terlebih dahulu platform jualan online yang akan kalian terapkan. Kami rekomendasikan kalian menggunakan Whatsapp, TikTok, Facebook, dan Instagram. Media sosial tersebut cukup familiar dan banyak sekali orang-orang yang menggunakannya.

Untuk kalian yang ingin berjualan sangat cocok sekali bila menggunakan media sosial tersebut. Pilih salah satu jika menggunakan semuanya keberatan. Dengan memilih satu akan membuat kalian lebih fokus untuk menerapkan sistem penjualan online. Banyak dari mereka yang sudah berhasil memanfaatkannya, sekarang giliran Anda untuk mencobanya.

  • Siapkan Foto Produk

Berjualan online mengharuskan kalian untuk foto produk yang akan dijual. Gunakan alat seadanya saja yang terpenting bisa untuk mengambil gambar produk kalian. Seperti halnya menggunakan smartphone yang kalian miliki. Apabila bisnis sudah berjalan dengan lancar dan mendatangkan banyak keuntungan, kalian bisa membeli kamera khusus untuk foto produk.

Untuk melakukan foto produk caranya sangat mudah. Ambil produk dan siapkan background yang kiranya menarik pelanggan. Jepret satu per satu produk kalian, kemudia promosikan melalui media sosial yang kalian pakai. Semakin menarik hasil fotonya maka akan membuat orang-orang tertarik untuk membeli produk yang kalian promosikan.

  • Buat Akun Profil

Setiap pengguna yang memakai media sosial mengharuskan memiliki akun masing-masing. Buatlah akun terlebih dahulu dengan profil yang menarik. Setiap media sosial memiliki bentuk profil yang berbeda-beda baik Instagram, Facebook, atau lainnya. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui setiap media sosial yang kalian gunakan supaya lebih mudah.

Seperti halnya menggunakan Instagram, maka kalian bisa membuat akun IG terlebih dahulu. Nantinya ada nama akun yang harus kalian isi beserta biodata. Tambahkan juga informasi yang kiranya membuat pelanggan percaya bahwa akun kalian real. Seperti halnya menambahkan alamat lengkap, nomor telepon, link website, dan lain sebagainya. Dengan mengisi profil yang lengkap akan membuat pelanggan lebih percaya dengan toko online yang Anda buat.

  • Buat Konten Menarik

Cara jualan online melalui media sosial yang selanjutnya adalah membuat konten. Memiliki media sosial sendiri dengan banyak followers rasanya sangat menyenangkan. Kalian bisa memanfaatkannya sebagai media promosi produk nantinya. Akan tetapi, kalian harus membuat konten terlebih dahulu jika ingin mendapatkan banyak pelanggan. Konten yang menarik akan sangat berpengaruh terhadap bisnis jual beli online kalian.

Buatlah konten sederhana namun berisi dan informatif. Buat visual yang sedang trend saat ini karena kebanyakan orang-orang mengikuti sesuatu yang sedang trend. Dengan begitu, orang-orang akan penasaran dan melihat langsung produk kalian. Apabila mereka tertarik, pastinya akan langsung memesan dan membeli produk yang kalian jual.

  • Gunakan Hastag

Apakah hastag sangat berpengaruh terhadap apa yang kalian posting di media sosial? Ada beberapa media sosial yang mengharuskan kalian menggunakan hastag. Instagram dan TikTok memungkinkan kalian untuk menambahkan hastag supaya konten cepat naik. Hastag akan menjangkau konten lebih luas dan membuat konten kalian bisa viral.

Dalam menggunakan hastag juga ada prosedurnya, kalian tidak boleh asal menambahkan hastag karena akan berpengaruh terhadap konten yang kalian upload. Seperti halnya konten yang akan di upload tentang pakaian, maka hastag yang kalian gunakan harus sesuai. Dengan begitu, hasilnya akan lebih sesuai dan mampu meningkatkan hasil yang maksimal terhadap konten kalian.

  • Respon Pelanggan Cepat

Semakin cepat merespon pelanggan maka semakin efektif. Pelanggan pastinya ingin mendapatkan jawaban terkait apa yang mereka tanyakan terkait produk yang kalian jual. Berbagai macam pertanyaan mulai dari harga produk, jenis produk, kualitas produk, dan lain sebagainya. Pelanggan yang membeli tentu akan melihat terlebih dahulu dan melakukan survei.

Biasanya orang yang akan membeli produk membandingkan dengan toko lain. Apabila harganya lebih murah, maka mereka akan membelinya. Selain itu, dalam hal kecepatan membalas pesan sangat berpengaruh terhadap penggunanya. Respon cepat pelanggan ketika ada yang ingin membelinya, maka otomatis pelanggan akan membeli produk milik kalian.

Selain itu, balas dengan bahasa yang sopan supaya pelanggan betah. Jangan mudah terbawa emosi meskipun pelanggan hanya bertanya-tanya saja. Disini penjual juga akan mendapatkan ujian kesabaran untuk customer yang hanya bertanya-tanya namun ujung-ujungnya tidak jadi membeli. Tetaplah respon dengan baik dan sopan karena akan menguntungkan diri kalian sendiri.

  • Update Produk

Jangan lupa untuk selalu update produk yang sudah kalian promosikan. Hal ini bertujuan agar pembeli mengetahui apakah produk tersebut masih atau tidak. Seperti halnya produk yang kalian jual stoknya tinggal sedikit, maka update selalu produk tersebut.

Apabila ada produk terbaru, kalian bisa mempostingnya kembali. Begitu juga dengan produk yang sudah kalian upload, pastikan selalu update secara rutin supaya pelanggan tidak kecewa. Hal ini seringkali menjadi kelalaian seseorang. Seperti halnya produk sudah terjual habis, kalian lupa untuk menghapusnya. Orang-orang akan mengira bahwa tersebut masih.

  • Tentukan Target

Sebagai penjual tentu harus memiliki target, baik itu target penjualan ataupun orang yang menjadi tujuan kalian. Untuk target penjualan bisa menyesuaikan dengan produk masing-masing. Seperti halnya dalam satu bulan harus mencapai keuntungan sampai berapa juta atau lainnya. Maka bulan berikutnya harus ada peningkatan supaya kinerjanya lebih efektif.

Selain itu, tentukan juga target pelanggan sesuai dengan produk yang kalian jual. Seperti halnya berjualan tentang produk sepatu olahraga sepakbola. Maka target utamanya adalah kalangan pria yang suka bermain olahraga sepakbola. Begitu juga dengan produk lainnya sesuai yang kalian jual, dengan target yang tepat akan sangat membantu kalian menemukan pembeli dengan cepat.

  • Konsisten

Langkah terakhir yang bisa kalian terapkan adalah konsisten. Banyak dari mereka yang gagal berjualan online di media sosial akibat tidak konsisten. Jika kalian konsisten maka akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis yang kalian jalankan. Konsistensi juga menguju kesabaran seseorang untuk terus menjalankannya meskipun tidak mendapatkan hasil yang sesuai.

Hal penting yang harus kalian terapkan jika berjualan online adalah rutin melakukan promosi produk. Lakukan setiap hari 2 kali atau berapa kali sesuai keinginan masing-masing. Semakin rutin maka akan lebih efektif untuk peningkatan produk yang lebih baik. Memang konsistensi menjadi salah satu hal yang cukup sulit untuk dijalankan, namun jika sudah terbiasa akan lebih mudah.

Kesimpulan

Berjualan online memang tidak semudah yang kalian bayangkan. Ada beberapa tahapan yang harus kalian lalui supaya berhasil. Media sosial kini menjadi solusi yang efektif untuk siapapun yang ingin berjualan. Banyak dari mereka yang memanfaatkannya untuk promosi dan mendapatkan pelanggan. Mulai dari promosi di Instagram, WA, TikTok, hingga Facebook. Masing-masing media sosial memiliki sistem tersendiri terkait bagaimana cara menjalankannya untuk berjualan produk.

Terapkan cara jualan online melalui media sosial dengan baik dan benar. Kalian akan berhasil bilamana menjalankannya dengan serius. Banyak dari mereka yang sudah membuktikan keberhasilannya dengan memanfaatkan media sosial untuk jualan online.