COD Shopee
COD Shopee

Cara Membatalkan dan Mengembalikkan Pesanan COD Shopee yang Tidak Sesuai

Posted on

CARAMENJADI.COM – COD Shopee, baik syarat dan ketentuan serta tata cara pembatalan dan pengembalian nampaknya masih belum dimengerti oleh sebagian orang.

Kalau Anda masih ingat insiden cekcok antara pembeli dan kurir beberapa waktu lalu, penyebabnya ya karena pembeli menerima barang yang tidak sesuai. Pembeli sampai menolak membayar paket, padahal metode pembayarannya pakai COD, waduh…

Nah, kalau Anda merasa pesanan COD Shopee tidak sesuai, lebih baik Anda mengetahui bagaimana cara membatalkannya ke pihak penjual daripada membuat ulah. Simak caranya berikut ini.

 

COD Shopee
COD Shopee

 

Syarat dan Ketentuan Pembatalan Pesanan

 

Sebelum lanjut ke cara membatalkan pesanan, ketahui terlebih dahulu syarat dan ketentuan apa saja yang berlaku. Syarat dan ketentuan dari pihak Shopee adalah sebagai berikut:

– Jika status barang sudah masuk proses pengiriman oleh pihak Shopee, baik pembeli dan penjual tidak memiliki hak untuk membatalkan pesanan.

– Apabila pembeli belum membayar pesanan yang bersangkutan, pembeli dapat memilih produk yang ingin dibatalkan.

– Pengajuan pembatalan kepada Shopee hanya bisa diajukan sebanyak satu kali saja.

 

 

Membatalkan Pesanan COD Shopee

 

Membatalkan pesanan COD di Shopee sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Pembatalan pesanan COD ini juga bisa dilakukan sebelum barang dikirim ataupun sesudah barang tersebut sampai kepada pembeli. Berikut caranya:

 

  • Membatalkan Pesanan yang Belum Dikirim

Pesanan yang belum dikirim akan lebih mudah dan cepat untuk dibatalkan karena barang masih bisa diambil sendiri oleh pihak penjual di tempat ekspedisi. Caranya adalah seperti ini:

– Buka aplikasi Shopee.

– Pastikan barang yang ingin dikembalikan dengan melihatnya di menu Saya, lalu tap Dikemas pada bagian Pesanan Saya.

– Setelah itu, chat pihak penjual barang tersebut dan sampaikan alasan mengapa Anda ingin membatalkan pesanan.

– Jika penjual setuju untuk membatalkan pesanan, penjual akan menghubungi kurir untuk tidak mengirim barang tersebut ke Anda.

– Setelahnya Anda bisa membatalkan pesanan Anda yang ada di menu Dikemas.

 

Rekomendasi untuk Anda: Cara Belanja COD Di Shopee

 

  • Membatalkan Pesanan yang Sudah Dikirim

Kalau Pesanan sudah dikirim, Anda juga tak perlu panik karena pesanan masih bisa dibatalkan. Berikut caranya:

– Buka aplikasi Shopee.

– Pilih menu Pesanan Saya

– Pada bagian Dikirim, pilih pesanan yang ingin Anda batalkan.

– Scroll ke bawah lalu klik tombol Batalkan Pesanan.

– Tunggu beberapa saat sampai penjual menyetujui pembatalan pesanan yang diajukan. Ada baiknya Anda melakukan koordinasi dengan pihak penjual terlebih dahulu perihal pembatalan pesanan.

– Jika disetujui dan paket sampai kepada Anda, sampaikanlah kepada kurir yang mengantar bahwa Anda sudah membatalkan pesanan. Kurir nantinya akan mengkonfirmasi pembatalan dan mengembalikan barang tersebut ke pihak penjual.

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, pembatalan pesanan ini hanya bisa dilakukan sekali saja jadi jangan sampai salah memilih barang.

 

  • Mengembalikan Pesanan COD Shopee

Ada kalanya Anda sudah membayar pesanan yang sudah diantar namun ternyata barang yang Anda terima tidak sesuai dan Anda ingin mengembalikannya. Simak caranya berikut ini:

– Ada baiknya sebelum Anda membuka paket, Anda ambil foto dan video dari paket tersebut sebagai barang bukti.

– Setelah itu, chat ke akun penjual. Sampaikan alasan pengembalian barang dan kirim juga foto dan video yang sudah Anda ambil sebelumnya.

– Jika penjual setuju, maka uang COD yang sudah anda bayar akan dikembalikan kepada Anda. Biasanya dalam bentuk ShopeePay atau transfer ke rekening.

– Setelah itu silahkan anda bungkus ulang paket yang Anda buka, dan kirimkan kembali ke alamat penjual.

Pengembalian barang ini tidak melibatkan pihak Shopee. Segala biaya yang berlaku untuk pengembalian barang ke penjual ditanggung sepenuhnya oleh pembeli.

 

Itulah kira-kira cara membatalkan dan mengembalikan pesanan COD Shopee yang tidak sesuai. Semoga artikel ini bisa memudahkan Anda yang ingin melakukan pembatalan dan pengembalian pesanan COD tanpa berakhir kericuhan. Tetap teliti dan pastikan barang sudah sesuai keinginan sebelum melakukan pesanan ya!