cara membuat aturan perusahaan

Cara Membuat Aturan Perusahaan yang Efektif

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara membuat aturan perusahaan yang efektif. Sebuah perusahaan tanpa aturan di dalamnya tentu akan kurang meyakinkan. Terutama bagi mereka yang ingin bekerja di perusahaan tersebut, tanpa aturan yang jelas, biasanya enggan untuk melamarnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk membuat aturan terlebih dahulu.

Peraturan perusahaan merupakan aturan yang ditulis oleh pengusaha di dalamnya yang berisi syarat kerja dan tata tertib perusahaan. Aturan ini wajib kalian buat apabila sudah memiliki lebih dari 10 karyawan dan mulai berlaku secara sah. Namun hal ini tidak berlaku untuk jenis perusahaan yang sudah membuat surat perjanjian kerjasa bersama.

Cara Membuat Aturan Perusahaan yang Efektif

cara membuat aturan perusahaan

  • Memahami Aturan Undang-Undang Ketenagakerjaan

Tips yang pertama adalah memahami terlebih dahulu aturan undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku. Hal ini bertujuan agar peraturan perusahaan dapat tersusun secara rapi sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang berlaku. Apabila melanggarnya, ini akan beresiko terhadap perusahaan dan bisa saja mendapatkan sanksi atas aturan yang menyelawang.

  • Lakukan Pengkajian Ulang Aturan Perusahaan

Lakukan pengkajian ulang terhadap perusahaan yang sudah ada dan berkaitan dengan perusahaan yang Anda bangun. Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan terkait aturan apa saja yang akan kalian tetapkan. Apabila perusahaan Anda sudah pernah membuat aturan sebelumnya, kalian perlu mengkaji efektifitas tersebut apakah layak atau tidak untuk kalian terapkan.

  • Konsekuensi

Setiap aturan pastinya ada konsekuensi yang bisa kalian dapatkan. Dari segi ini sangat penting untuk kalian pahami mengenai konsekuensi. Pikirkan dengan matang apa yang akan terjadi apabila aturan sudah kalian tetapkan. Apabila ada kendala, maka ini sudah menjadi resiko karena konsekuensi tersebut. Sebisa mungkin buat aturan yang minim konsekuensi supaya tidak rugi dalam menjalankan bisnis perusahaan.

  • Memahami Hak dan Kewajiban Karyawan

Cara membuat aturan perusahaan yang efektif selanjutnya adalah memahami hak dan kewajiban karyawan. Hak dan kewajiban karyawan menjadi salah satu hal yang cukup krusial. Kedua belah pihak perlu berkompromi terkait peraturan yang akan dibuat. Dengan begitu, tidak akan timbul konflik yang terjadi antara pemilik perusahaan dengan karyawan.

  • Visi Misi Perusahaan

Tentukan visi dan misi perusahaan kalian terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menggerakan dan mengatur perusahaan lebih harmonis. Visi dan misi perusahaan menyesuaikan dengan bisnis yang kalian jalankan dan sebisa mungkin tidak menjiplak milik perusahaan lainnya. Dengan begitu, perusahaan kalian akan memiliki ikon tersendiri dari visi dan misi yang sudah di tetapkan.

  • Penentuan Masa Berlaku

Harus ada masa berlaku dari aturan yang kalian buat dan untuk siapa aturan tersebut dibuat. Setiap peraturan memiliki masa berlaku karena pembaharuan berkelanjutan sangat penting untuk manajemen perusahaan. Pastikan menentukannya sesuai dengan hak dan kesanggupan dari karyawan itu sendiri.

cara membuat aturan perusahaan

  • Penyusunan Draft Peraturan

Susun dengan rapi aturan perusahaan yang kalian buat. Draft peraturan perusahaan harus berisikan hal penting mengenai aturan yang berlaku di perusahaan kalian. Setelah itu, kalian bisa menyerahkan draft aturan perusahaan ke Menteri Ketenagakerjaan agar mendapatkan persetujuan. Setelah itu, kalian bisa memulai membangun perusahaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Demikian cara membuat aturan perusahaan yang bisa kalian terapkan. Setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda, pastikan kalian membuatnya dengan tepat. Aturan yang baik akan memberikan hasil yang baik terhadap perusahaan itu sendiri. Karyawan yang bekerja di perusahaan kalian juga akan lebih nyaman dengan aturan yang ada.