Cara Membuat Kopi Rumahan yang Nikmat Rasanya

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara membuat kopi rumahan yang nikmat rasanya. Kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang, khususnya kalangan pria. Berbagai macam jenis kopi kini bermunculan, namun kopi rumahan tetap menjadi favorit. Selain nikmat rasanya, kopi rumahan bisa kalian buat sendiri dan pastinya lebih hemat biaya.

Kalian bisa membandingkannya dengan harga kopi di kafe atau tempat tertentu. Pastinya harganya bisa dua kali lipat bahkan lebih tinggi daripada harga kopi rumahan. Bagi kalangan menengah ke bawah tentu akan lebih suka menikmati kopi rumahan. Selain rasanya yang nikmat, sensasi minum kopi rumahan terasa berbeda daripada kopi di tempat lain.

Cara Membuat Kopi Rumahan yang Nikmat Rasanya

cara membuat kopi rumahan

Ada banyak sekali jenis kopi yang bisa kalian buat sendiri, salah satunya kopi hitam yang menjadi favorit orang rumahan. Untuk membuatnya, kalian juga harus mengetahui takaran yang pas supaya tidak terlalu pahit ataupun terlalu manis. Bagi yang belum terbiasa membuatnya tentu akan merasakan hal itu, biasanya rasa kopi tersebut kurang nikmat.

Berikut tips membuat kopi rumahan sederhana:

  • Siapakan Kopi Hitam 1 Gram

Siapkan kopi 1 gram terlebih dahulu sebagai bahan dasar pembuatan. Apabila kopi masih dalam bentuk biji, sebaiknya bubuk terlebih dahulu dengan menggunakan grinder ataupun alat penghalus lainnya. Untuk 1 gram kopi kira-kira setara dengan 1 sendok makan penuh buuk kopi. Akan lebih efektif jika kalian menggunakan timbangan gram untuk mengeceknya.

  • Masukan Gula

Supaya rasanya manis, masukan gula ke dalam gelas yang terisi kopi tersebut. Untuk takaran gula bisa menyesuaikan keinginan sendiri. Misal 1 banding 1 untuk rasa sedang, atau 3 banding 1 untuk rasa yang tidak terlalu manis, atau lainnya. Biasanya ada selera tersendiri dari masing-masing penikmat kopi untuk tambahan gula yang mereka inginkan.

  • Air 200 ML

Siapkan air sebanyak 200 mili liter yang bisa kalian dapatkan dengan menggunakan sendok makan untuk per 1 sendok makan sama dengan 15 mili liter. Kalian bisa mengira-ngira sesuai dengan kapasitas gelas atau cangkir yang di gunakan.

  • Temperatur Air Harus Panas

Cara membuat kopi rumahan yang nikmat selanjutnya adalah menambahkan air panas. Pastikan suhu air harus panas supaya kopi bisa teraduk secara merata. Kalian bisa merebusnya terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang pas.

  • Gunakan Cangkir Kopi Sesuai Selera

Ada banyak sekali jenis cangkir kopi yang bisa kalian gunakan. Kalian bisa menggunakannya sesuai keinginan supaya lebih nikmat. Ada yang terbuat dari kaca, keramik, ataupun bahan lainnya dari setiap cangkir kopi yang ada.

cara membuat kopi rumahan

  • Aduk Secara Merata

Langkah selanjutnya adalah mengaduk kopi hingga merata. Pastikan kalian mengaduk secara keseluruhan sampai kopi dan gula tercampur merata. Cicipi terlebih dahulu setelah selesai mengaduk, apabila masih janggal rasanya, aduk kembali. Gunakan sendok untuk mengaduk dengan mengarahkannya satu arah ke kanan ataupun ke kiri.

  • Kopi Siap Diminum

Nikmati kopi yang sudah kalian buat sendiri di depan teras atau ruangan supaya rasanya lebih nikmat. Jangan lupa konsumsi cemilan yang cocok dengan kopi. Biasanya para laki-laki memadukan antara kopi dengan rokok yang membuatnya merasa lebih nikmat.

Demikian cara membuat kopi rumahan yang nikmat rasanya. Untuk kopi yang kalian gunakan bisa menyesuaikan mulai dari kopi alami, kopi kapalapi, kopi cangkir, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki selera tersendiri terkait kopi yang ingin mereka nikmati. Bahkan kini ada banyak sekali kopi yang sudah siap saji tinggal memasukan air panas langsung jadi.