Cara Menambah RAM Hp 2gb Menjadi 4gb

Cara Menambah RAM Hp 2gb Menjadi 4gb

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara menambah RAM hp 2gb menjadi 4gb. Smartphone seringkali mengalami kendala, salah satunya lemot. Faktor tersebut biasanya karena RAM yang sudah mulai penuh, sehingga membuat sistem sulit berjalan. Dampak tersebut tentu akan membuat kalian merasa kurang nyaman dalam menjalankan aktivitas di smartphone.

Apakah bisa menambah RAM 2 gb menjadi 4gb? Pada dasarnya, RAM tidak bisa kalian tambah kapasitasnya karena berasal dari hardware, sehingga cukup sulit untuk kalian lakukan. Akan tetapi, ada cara tersendiri yang bisa kalian lakukan supaya berhasil. Banyak dari mereka yang sudah mencobanya dan terbukti berhasil. Dengan begitu, hp akan lancar kembali.

Menambah RAM Hp 2gb Menjadi 4gb

Cara Menambah RAM Hp 2gb Menjadi 4gb

Sebelum ke taham cara menambah RAM hp 2gb menjadi 4gb, perlu kalian ketahui terlebih dahulu apa itu RAM? RAM atau Random Access Memory adalah hardware yang berguna untuk penyimpanan data sementara dimana ketika bekerja perangkat hidup. SEperti yang kalian ketahui, untuk menambah RAM 2gb menjad 4gb tidak bisa kalian lakukan secara langsung karena batasan dari spek hardware dan dukungan softwarenya.

Selain itu, RAM pada smartphone juga tidak bisa kalian lepas. Berbeda dengan laptop ataupun komputer yang bisa kalian lepas dengan mudah. Apabila ingin menggantinya, kalian tinggal mencopotnya saja dan ganti RAM yang lebih besar kapasitasnya. Apabila kapasitas RAM kalian hanya 2gb dan ingin menggantinya, ada beberapa trik yang bisa kalian terapkan. Kalian tidak perlu membeli smartphone baru atau RAM baru supaya bisa menambah kapasitas penyimpanan.

Cara Menambah RAM Hp 2gb Menjadi 4gb

Tips menambah RAM smartphone bisa kalian lakukan dengan cara berikut:

  • Disable App Bawaan

Tips yang pertama bisa kalian lakukan dengan disable app bawaan. Cara yang satu ini yaitu dengan menghapus aplikasi bawaan dari Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, ataupun tipe lainnya. Dengan mengurang apk bawaan tersebut, maka RAM akan lebih ringan kinerjanya, Langsung saja masuk ke menu settings, apps, kemudian pilih apk bawaannya dan tekan disable lalu ok.

  • Menghapus Aplikasi

Aplikasi yang tidak berguna atau tidak bermanfaat sebaiknya kalian hapus saja. Hal ini sangat berpengaruh terhadap penyimanan RAM yang lebih cepat penuh. Beberapa aplikasi berjalan di latar belakang mampu membuat RAM bekerja ekstra dan kapasitasnya habis secara langsung. Untuk menghapusnya kalian bisa masuk ke menu settings, pilih app, cari aplikasi dan masuk, tekan uninstall, lalu ok dan tunggu hingga selesai.

  • Hindari Penggunaan Widget dan Live Wallpaper

Widget dan Wallpaper sangat berpengaruh terhadap kapasitas RAM yang cepat penuh. Hapus semua widget yang membebani kinerja smarphone. Dengan tampilan yang minimalis, akses pada smartphone akan lebih cepat. Setidaknya dengan cara yang satu ini bisa mengurai penyimpanan RAM. Alhasil, kalian bisa mengakses smartphone dengan ringan.

Bagaimana Cara Menambah RAM Hp 2gb Menjadi 4gb?

Cara Menambah RAM Hp 2gb Menjadi 4gb

Cara yang paling ampuh untuk menambah RAM smartphone 2gb menjadi 4gb adalah menggunakan SD card. Beli terlebih dahulu kartu SD dengan ukuran 4gb, ada juga beberapa ukuran lainnya yang lebih besar bisa kalian pilih sesuai keinginan.

Pasang SD Card kosong dengan kapasitas minimal 4gb dan pastikan ori. Unduh Roehsoft RAM Expander dan jalankan aplikasinya untuk melakukan swap memori SD card menjadi RAM. Dengan begitu, kapasitas RAM akan bertambah. Kalian bisa mencoba langsung perbedaannya ketika sudah menambahkan kartu SD pada smartphone. Kapasitas penyimpanan akan lebih besar dan pastinya lebih ringan pemakaiannya.