cara menerapkan strategi marketing PPC

Cara Menerapkan Strategi Marketing PPC yang Efektif

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara menerapkan strategi marketing PPC yang efektif. Mendengar istilah PPC mungkin agak asing di telinga kalian. Pay per Click (PPC) seringkali digunakan dalam dunia marketing, yakni salah satu cara pemasaran online yang cukup efektif. Dengan memanfaatkan PPC mampu meningkatkan target dengan cepat.

Ada banyak sekali cara beriklan yang bisa kalian gunakan di jaman modern ini, PPC menjadi salah satunya. PPC merupakan akronim dari Pay Per Click advertising atau iklan per klik. PPC dapat kalian lakukan melalui platform seperti Google AdWords atau media sosial seperti IG, FB, YouTube, dan lain sebagainya. Hanya saja, kalian harus menyiapkan budget terlebih dahulu bila ingin menggunakan PPC.

Cara Menerapkan Strategi Marketing PPC yang Efektif

cara menerapkan strategi marketing PPC
ppc pay per click technology advertising or advertisement concept with team people and clicks icon modern flat style – vector illustration

PPC sebagai baagian pemasaran yang efektif akan sangat cocok bilamana kalian memanfaatkannya dengan baik. Supaya kampanye berjalan dengan lancar, kalian harus mempersiapkan berbagai hal seperti penggunaan keyword hingga ekstensi. Berikut tips menerapkan strategi marketing melalui PPC:

  • Tentukan Target Pasar

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan target pasar yang jelas. Pastikan kalian melakukannya dengan keyword yang tepat. Anda akan memilih parameter geografis dan demografis agar iklan sampai ke target pasar. Pastikan iklan menarik dan berhubungan dengan keyword yang kalian gunakan.

Setelah itu, perhitungkan hasilnya seperti apa yang kalian inginkan. Apakah Anda ingin audiens membeli produk, menonton video, mendaftar email, atau mendapatkan informasi lebih lanjut. Pastikan kalian menerapkannya secara detail, sehingga audiens mudah memahaminya.

  • Iklan Produk di Platform Online

Mayoritas bisnis saat ini banyak yang memanfaatkan platform online. Google Ads memungkinkan produk Anda mencapai audiens dengan jumlah yang fantastis, termasuk orang yang berada di target pasar. Sebaiknya kalian tidak hanya fokus menggunakan Google Ads saja supaya bisa menjangkau target yang lebih luas.

Kalian bisa memanfaatkan platform sosial media seperti FB, Instagram, TikTok ataupun lainnya. Beberapa platform online tersebut sangat efektif untuk pemasaran produk yang mampu menghasilkan target dengan cepat. Jangan lupa juga untuk melakukan research platform apa yang cocok dengan produk Anda.

cara menerapkan strategi marketing PPC

  • Meluncurkan Kampanye untuk Remarketing

Cara menerapkan strategi marketing PPC yang selanjutnya adalah meluncurkan kampanye untuk remarketing. Tips yang satu ini merupakan taktik periklanan yang bisa kalian manfaatkan. Remarketing merupakan metode pemasaran ulang bisnis Anda kepada orang yang berinteraksi pada website.

Dari sinilah kalian bisa menentukan audiens untuk melakukan kampanye remarketing, mengerucutkan audiens secara lebih spesifik, dan lain sebagainya melalui Google Analytic. Tips yang satu ini terbukti ampuh untuk membuat pengunjung membeli produk Anda.

  • Menambah Ekstensi Iklan

Jaringan iklan seperti Google Ads mampu memperluas daftar ekstensi iklan. Namun ada beberapa ekstensi yang mungkin cocok degan kalian. Rekomendasi yang bisa kalian pakai adalah mesaage extension yang sesuai bagi pengguna mobile user dan call extension agar panggilan telepon pada bisnis menjadi lebih mudah, praktis dan instan.

Dari kedua opsi tersebut, kalian juga bisa menggunakannya sekaligus. Akan lebih spesifik bilamana menggunakan salah satunya yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang kalian jalankan. Menambah ekstensi iklan menjadi salah satu cara yang efektif untuk kalian terapkan.

Demikian cara menerapkan strategi marketing PPC. Setiap strategi memiliki cara tersendiri yang harus kalian lakukan dengan baik. Pastikan menjalankannya dengan benar agar bisnis yang kalian kembangkan bisa berhasil meraih terget sesuai keinginan.