Cara Mengaktifkan Dropship Shopee
Cara Mengaktifkan Dropship Shopee

5+ Cara Mengaktifkan Dropship Shopee Dengan Mudah!

Posted on

Caramenjadi.com – Shopee merupakan salah satu marketplace yang saat ini banyak digunakan. Lalu bagaimana cara mengaktifkan dropship shopee?

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini, sosial media sudah menjadi hal yang wajib dimainkan oleh para anak muda. Bahkan tidak hanya anak muda, sosial media juga digunakan oleh para orang tua untuk berkomunikasi jarak jauh.

Pada Tahun 2022 ini, banyak marketplace yang sudah berkembang. Seperti shopee, tokopedia, bukalapak, jd.id, dan masih banyak lagi. Nah tercatat hingga saat ini, ternyata shopee menjadi salah satu marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat kita.

Sehingga itu sangat cocok bagi anda yang memiliki sebuah produk, atau seorang pebisnis untuk membuka toko di shopee.

Bagaimana cara mengaktifkan dropship shopee? Caranya ternyata tidak sulit dan kami sudah merangkumnya untuk anda disini. Silahkan simak berikut ini.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Dropship Shopee

Cara Mengaktifkan Dropship Shopee
Cara Mengaktifkan Dropship Shopee

Bagi anda yang sudah menjalankan bisnis dan berencana untuk memperluas pangsa pasar. Maka bisa dengan mengaktifkan dropship shopee. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan :

  1. Membuat akun shopee.
  2. Bangun toko online di shopee.
  3. Aktifkan fitur gratis ongkos kirim pada toko.
  4. Masukkan data bank yang anda miliki.
  5. Isi alamat.
  6. Unggah selalu foto produk.

Nah itu beberapa poinnya. Lalu bagaimana penjelasan dari poin-point tersebut?

Buat Akun Shopee

Cara mengaktifkan dropship shopee yang pertama yaitu dengan membuat akun shopee terlebih dahulu. Karena anda akan menggunakan Shopee sebagai platform berdagang, pastinya anda harus membuat akun Shopee terlebih dahulu sebelum bisa mulai melakukan bisnis dropship. Mudah sekali, anda bisa langsung menginstall aplikasi Shopee di telepon genggam anda atau mengakses website resmi milik Shopee kemudian mengklik “Daftar”.

Setelah itu, anda bisa memilih apakah anda mendaftar menggunakan nomor telepon baik yang terhubung dengan Whatsapp atau tidak, akun Facebook, atau alamat email. Anda kemudian akan menerima notifikasi apabila akun Shopee anda sudah berhasil terbuat dan siap digunakan.

Bangun Toko Online di Shopee Untuk Mengaktifkan Dropship Shopee

Cara mengaktifkan dropship shopee yang kedua yaitu membangun toko online pada marketplace shopee. Sesudah membuat akun, selanjutnya anda akan membuka toko yang akan digunakan untuk bisnis dropship anda nanti. Silahkan anda pilih menu profil, kemudian pilih menu “Mulai Jual”. Pada menu ini anda akan dituntun untuk melengkapi beberapa informasi sebelum anda bisa membuka toko di Shopee.

Informasi yang dibutuhkan antara lain seperti nama toko, alamat toko, jasa pengiriman yang ingin anda gunakan, serta email dan nomor telepon pemilik toko. Silahkan anda buat nama toko dropship yang unik, singkat, dan mempunyai hubungan dengan barang yang anda jual.

Aktifkan Fitur Gratis Ongkos Kirim

Cara mengaktifkan dropship shopee yang ketiga yaitu dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir. Bagi yang sering berbelanja secara online tentunya sudah tak asing dengan ongkos kirim atau biasa disebut ongkir. Biaya untuk ongkos kirim bisa bervariasi tergantung jarak, jasa pengiriman, dan jenis barang. Nah, untuk menarik lebih banyak animo konsumen, silahkan anda aktifkan fitur gratis ongkos kirim pada toko anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Shopee akan membutuhkan anda untuk mengirimkan foto KTP milik pribadi dengan jelas Toko dropship anda akan lebih disukai nantinya sebab pembayaran produk akan menjadi lebih hemat dan konsimen tidak perlu merasa terbebani dengan ongkir yang terkadang tidak murah.

Masukkan Data Bank

Menjadi dropshipper tentunya dilandasi dengan ingin mendapatkan laba. Oleh karena itulah pastikan anda sudah memasukkan data bank dan rekening milik anda dengan benar saat mendaftarkan toko agar proses penjualan dan pencairan dana bisa dilakukan dengan mudah.

Isi Alamat Sesuai Alamat Supplier

Ingat saat proses daftar toko tadi anda harus mengisikan alamat? Nah, alamat yang anda isikan disana adalah alamat supplier barang yang anda jual. Mengapa seperti itu? Sebab dalam sistem dropship anda tidak akan mengurusi tentang pengiriman barang, jadi barang akan dikirim langsung dari supplier ke customer.

Baca juga Tips Cara Menjadi Dropship Pemula, Wajib Diketahui!

Selain untuk menghindari masalah tentang produk dan pengiriman apabila alamat yang tertulis merupakan alamat anda pribadi, letak alamat pengiriman juga akan mempengaruhi ongkos kirim yang akan ditangguhkan ke konsumen, jadi jangan sampai salah dalam menulis alamat pengirim ya.

Unggah Info Produk Dengan Sesuai

Hal yang paling penting dalam melakukan penjualan secara online termasuk dengan metode dropship adalah memberikan informasi produk yang benar. Unggahlah foto-foto produk sesuai dengan yang anda jual. Jangan lupa untuk mencantumkan deskripsi yang sesuai pula dengan produk tersebut.

Baca juga Cara Menjadi Member Silver

Informasi foto dan deskripsi bisa anda dapat dari sang supplier produk, namun akan lebih baik jika anda sendiri yang mengambil foto dan mengisi deskripsi produk sesuai dengan tanggapan pribadi.

Berapa Keuntungan Dropship di Shopee?

Berapa Keuntungan Dropship di Shopee
Berapa Keuntungan Dropship di Shopee

Nah mungkin dari temen-temen ada yang ingin menjalankan bisnis dropship, tapi masih ragu kira-kira berapa keuntungan dropship di shopee.

Baca juga Langkah Mudah Cara Dropship Di Shopee

Oke pada artikel ini akan kita bahas sedikit mengenai keuntungan sebagai bisnis dropship.  Untuk menentukan keutungan ini, ada beberapa poin yang bisa anda dapatkan.

  1. Tergantung dari harga supplier.
  2. Bagaimana kualitas produk.
  3. Seberapa viral produk.

Tergantung Dari Harga Supplier

Poin pertama yang menentukan keuntungan sebagai dropship di shopee, yaitu harga dari supplier. Oleh karena itu, sangat di anjurkan bagi anda, carilah supplier yang bisa memberikan harga murah namun kualitas oke.

Walaupun memang mencarinya sulit, tetapi jika anda sudah menemukannya, maka banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Bahkan untuk mendapatkan keuntungan 20 – 100 ribu dari tiap produknya. Itu menjadi hal yang sangat wajar jika anda tertarik menjadi seorang dropship.

Bagaimana Kualitas Produk

Poin selanjutnya yang menentukan keuntungan dropship yaitu dari kualitas produk. Dari poin kedua ini, artinya sebelum anda menentukan harga kepada calon pelanggan anda. Anda wajib untuk mengetahui produknya terlebih dahulu.

Sehingga jika produk tersebut memiliki kualitas yang premium, maka anda bisa mendapatkan keuntungan berkali lipat. Atau contohnya kita analogikan seperti ini.

Produk baju anak, untuk kualitas yang biasa saja, mendapatkan keuntungan 10 ribu dari tiap produk. Kemudian jika baju anak tersebut memiliki kualitas yang premium, maka tidak menutup kemungkinan anda akan mendapatkan keuntungan sekitar 30 sampai 50 ribu untuk setiap produknya.

Viral Produk

Nah poin yang terakhir adalah dari bagaimana produk tersebut viral. Dengan viralnya suatu produk, maka akan ada kemungkinan keuntungan dari produk tersebut akan meningkat. Bahkan tidak hanya keuntungan, jumlah pembeli pun akan meningkat.

Seperti beberapa bulan kebelakang, ada tanaman yang sangat viral jadi bahan perbincangan. Ketika viral tersebut, yang semula harganya 100 – 200 ribu, maka bisa naik drastis bisa mencapai jutaan rupiah.

Penutup

Itu dia beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengaktifkan dropship shopee. Yang pada intinya anda memiliki akun shopee untuk digunakan membuka toko.

Bagaimana? Mudah bukan mendaftarkan diri anda untuk melakukan dropship di Shopee? Silahkan praktekan cara ini untuk memulai bisnis dropship anda melalui Shopee!