cara menjadi agen droppoint shopee express

Cara Menjadi Agen Droppoint Shopee Express

Posted on

Cara Menjadi Agen Droppoint Shopee Express – Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan pengguna mencapai jutaan. Hal ini membuat setiap harinya akan ada pengiriman barang yang begitu banyak. Shopee Express menjadi salah satu jasa pengiriman yang banyak menajdi pilihan. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk menjadi agen Shopee Express.

Menjadi agen Shopee Express memang cukup menggiurkan. Anda bisa memperoleh keuntungan hanya dari menyediakan droppoint pengiriman barang saja. Ini merupakan salah satu langkah Shopee Express untuk meningkatkan jangkauan pengirimannya. Untuk Anda yang tertarik dengan bisnis ini, wajib membaca informasi ini sampai selesai.

Apa Itu Agen Droppoint Shopee Express ?

Jika Anda sudah pernah mengirim barang melalui jasa pengiriman, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah droppoint. Droppoint sendiri merupakan lokasi tempat penjemputan (pickup) dan penurunan barang. Sebagai agen, Anda hanya perlu menyediakan tempat dan memastikan operasionalnya berjalan dengan baik.

Droppoint Shopee Express ini berbeda dengan jasa pengiriman lain yang rata-rata merupakan kantornya. Untuk droppoint Shopee Express bisa berupa rumah, kios atau konter yang bisa untuk menampung barang. Tempatnya disesuaikan dari sang agen itu sendiri. Untuk itu, jika Anda tertarik pastikan sudah memiliki bangunan terlebih dahulu untuk penyimpanan barang. Disarankan menggunakan bangunan sendiri, sehingga tidak memerlukan biaya sewa.

cara menjadi agen droppoint shopee express

Keuntungan Menjadi Agen Droppoint Shopee Express

Keuntungan bakal Anda dapatkan jika menajdi agen droppoint Shopee Express, diantaranya sebagai berikut.

  1. Tersedia sistem pengiriman yang bakal menunjang operasional. Shopee Express sendiri memiliki sistem tersendiri yang terintegrasi dengan sistem Shopee, sehingga tidak perlu khawatir pengiriman melalui droppoint Anda akan berkurang.
  2. Shopee Express menyediakan layanan dukungan yang baik. Sehingga jika terjadi masalah pada saat operasional, Anda bisa dengan mudah menghubungi pihak terkait.
  3. Untuk pendaftaran terbilang mudah, tidak memerlukan persyaratan yang menyulitkan.
  4. Menurut informasi, untuk pendaftarannya gratis.
  5. Shopee memiliki banyak pengguna dan setiap harinya akan ada banyak pengiriman.
  6. Anda akan mendapatkan kominis sebagai agen droppoint Shopee Express.

Berbagai keuntungan di atas akan membuat Anda lebih nyaman dalam menjalankan bisnis ini. Keuntungan yang akan Anda dapatkan bergantung dari seberapa banyak paket yang melalui droppoint Anda. Selain memastikan operasional lancar, tugas lain yang harus dikerjakan tentu mempromosikan lokasi droppoint Anda.

Sebelum Mendaftar, Pertimbangkan Hal Ini

Bisnis sebagai agen droppoint memang menggiurkan, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelumnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa keuntungan dari bisnis ini tergantung seberapa banyak paket yang melalui droppoint Anda. Jika jumlah paketnya, banyak tentu keuntungannya akan semakin banyak. Apalagi untuk komisi dari setiap paketnya relatif kecil, hanya Rp. 500 saja. Untuk itu, jumlah paket akan sangat berpengaruh terhadap keuntungan nantinya.

Karena komisinya kecil, Anda harus membuat perencanaan yang matang. Mulai dari biaya operasional sehari-hari dan sebagainya. Pastikan bahwa biaya operasionalnya tidak lebih besar dari keuntungan yang di dapatkan. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan.

  1. Banyaknya penjual di sekitar Anda akan sangat berpengaruh. Pastikan bahwa disekitar lokasi droppoint terdapat banyak penjual yang berjualan di Shopee. Secara otomatis, pengiriman akan melalui Anda nantinya.
  2. Lokasi yang ramai juga memperbesar peluang untuk Anda mendapatkan keuntungan. Jika banyak pesanan yang di drop ke lokasi Anda, tentu keuntungannya akan lebih besar. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan, apakah disekitar lokasi memang banyak pengguna Shopee atau tidak.

Berapa Keuntungan Menjadi Agen Droppoint ?

Kita akan mencoba menghitung berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan perhari, perminggu dan perbulannya. Untuk komisinya, kita asumsikan Rp. 500 per paketnya. Jadi setiap paket yang melalui droppoint Anda, akan menghasilkan komisi sebanyak itu.

Misalnya dalam satu hari, ada 100 pengiriman paket dan 150 penerimaan paket. Maka keuntungan yang bakal Anda dapatkan yakni Rp. 125000. Sementara jika konsisten mendapatkan pengiriman dan penerimaan sebanyak itu, setiap minggunya Anda mendapatkan komisi Rp. 875000 dan Rp. 3500000 perbulannya.

Jika dalam satu bulan untuk biaya operasioalnya Rp. 500 ribu, maka keuntungan bersihnya adalah Rp. 3000000. Keuntungan sebanyak itu bisa Anda dapatkan jika setiap harinya ada banyak paket.

Syarat Menjadi Agen Droppoint Shopee Express ?

Sebelum mendaftar, pastikan beberapa persyaratan ini bisa terpenuhi sehingga memudahkan proses pendaftaran. Berikut beberapa persyaratannya.

  1. Memiliki lokasi yang strategis, tujuannya agar memudahkan penjual maupun penerima menjangkau lokasi droppoint.
  2. Lokasinya mudah di jangkau baik oleh motor maupun mobil, karena nantinya jika paketnya barang pengiriman akan menggunakan mobil.
  3. Untuk gudang penyimpanan berkuran besar, ini akan membuat paket yang bisa Anda terima lebih banyak. Sehingkali Shopee mengadakan event, yang membuat pengiriman paket membludak.
  4. Fasilitas operasional tercukupi, seperti komputer atau laptop, kemudian scanner, printer, alat tulis hingga timbangan.
  5. Sebagai agen, harus ada orang yang stanby di lokasi droppoint untuk menjalankan operasional.
  6. Anda juga harus mudah dihubungi baik oleh penjual, penerima maupun pihak Shopee.

Setelah beberapa syarat di atas bisa Anda penuhi, pendaftaran bisa dimulai. Untuk pendaftarannya, bisa mengikuti panduan cara menjadi agen droppoint Shopee Express di bawah ini.

Cara Menjadi Agen Droppoint Shopee Express

Kesempatan untuk menjadi agen droppoint Shopee Express memang terbatas. Apalagi jika di daerah Anda sudah tersedia droppoint sebelumnya. Namun jika Anda ingin mencoba untuk mendaftar, bisa langsung menghubungi pihak Shopee. Sebelumnya, lengkapi dahulu berapa data untuk formulir seperti di bawah ini.

  1. nama lengkap.
  2. Nomor Induk Kependudukan (KTP).
  3. Nomor ponsel (HP) Anda terhubung ke WhatsApp.
  4. Alamat email aktif.
  5. Alamat lengkap.
  6. Alamat lokasi drop off point.
  7. Titik koordinat lokasi titik drop-off.
  8. Foto tampak depan lokasi drop-off point.
  9. Gambar jalan dan tempat parkir di lokasi titik drop-off.

Setelah itu, Anda bisa mengirimkan formulir ke pihak Shopee secara langsung. Bisa melalui email layanan Shopee [email protected], atau ke alamat Kantor Pusat Shopee.

Pacific Century Place Tower Lt.26 SCBD (Sudirman Central Business District) Lot 10, Jl. Jenderal Sudirman No.52-53, RT.5 / RW.3, Senayan, Kec. Kby. Bar, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190.

Berapa Modal Untuk Menjadi Agen Droppoint Shopee Express ?

Untuk modal sebenarnya relatif, karena ini menyangkut kebutuhan opersional. Ada beberapa fasilitas yang harus tersedia di lokasi droppoint. Seperti komputer atau laptop, printer, scanner dan sebagainya. Untuk harga komputer atau laptopnya berkisar Rp. 2 jutaan, kemudian printer dan scanner Rp. 1,5 jutaan, listrik, Rp. 500 ribu, peralatan lainnya Rp. 1 jutaan.

Modal tersebut belum termasuk sewa bangunan jika memang Anda tidak memiliki. Dan juga gaji karyawan jika Anda ingin memiliki karyawan. Namun ini bisa sebagai opsional saja, karena jika keuntungan masih sedikit, tentu tidak perlu membayar karyawan. Anda bisa mengerjakan berbagai operasionalnya sendiri. Karena menjadi agen droppoint Shopee Express sebenarnya tidak terlalu sulit.Dan yang terpenting, Anda harus bisa menjaga kepercayaan dengan baik karena menyangkut barang milik orang lain.