Cara Menjadi Bassist Profesional

Cara Menjadi Bassist Profesional dan Terkenal

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara menjadi bassist profesional dan terkenal. Dalam sebuah band, bassist memiliki peran yang cukup penting. Memang dalam hal ini bassist kurang tersorot karena vokalis yang lebih mudah terlihat. Akan tetapi, tanpa adanya bassist musik menjadi kurang sempurna. Seperti ada yang terasa kurang lengkap apabila tidak ada bassist di dalamnya.

Banyak dari mereka juga yang menganggap bahwa bassist lebih gagah dai gitaris. Jika kalian mendengarkannya, nada pada bassist terkesan lebih unik, tak heran jika banyak dari mereka yang tertarik untuk memainkannya. Kalian tidak perlu khawatir karena bisa belajar dengan mudah supaya menjadi bassist profesional dan terkenal.

Cara Menjadi Bassist Profesional dan Terkenal

Cara Menjadi Bassist Profesional

  • Jangan Egois

Egois menjadi salah satu hal yang sering di lupakan oleh para bassist. Terkadang mereka bisa bermain seenaknya saja karena sudah merasa memiliki banyak skil. Aura ke-egoisan tersebut akan muncul dan serasa ingin menjadi pusat perhatian lebih kepada penonton.

Kalian harus ingat tugas bassist yaitu sebagai leader in the background, yakni pengiring dan pembentuk musik bersama drum di belakang. Jangan sesekali minder meskipun gitaris lebih jago dariapda kalian dengan memberikan banyak ruang di dalamnya. Tetap fokus dan jangan egois, maka kalian akan mudah memainkannya.

  • Kompak dengan Drummer

Partenr kalian dalam bermain bass adalah seorang drummer. Keselarasan permainan keduanya sangat di butuhkan supaya lagu tidak terasa hambar. Perbanyak komunikasi dengan drummer di band, dan kalian harus kompak untuk memainkannya. Apabila sudah terbiasa, maka ritem keduanya akan terlatih secara otomatis. Lama-kalamaan tanpa perlu latihan sudah mahir memainkannya.

  • Mendengarkan Berbagai Genre Musik

Seperti yang kalian ketahui, ada banyak sekali genre musik yang bisa kalian dengarkan. Cara menjadi bassist profesional yang satu ini cukup efektif untuk kalian terapkan. Jadi jangan hanya mendengarkan satu genre saja karena terkesan monoton. Mendengarkan genre lain akan bermanfaat untuk membuat improvisasi lebih banyak sesuai keinginan kalian.

Perbanyak dengarkan iringan musik yang permainan bass nya unik dan terdengar jelas. Beberapa musik yang bisa kalian dengarkan di antaranya musik Funk, Regge, Jazz, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kalian akan semakin mudah menguasainya.

Cara Menjadi Bassist Profesional

Cara Menjadi Bassist Profesional

  • Melatih Pendengaran

Pendengaran juga menjadi salah satu cara yang sangat penting untuk kalian terapkan. Dengan mleatih pendengaran, kalian bisa menebak nada dalam lagu dan mencari kunci ataupun permainan bass secara mandiri. Akan lebih efektif jika bernyanyi atau menjadi backing vokal supaya lebih paham dengan nada. Pendengaran yang baik akan menghasilkan nada yang lebih nyaman.

  • Mempelajari Pattern

Tips yang selanjutnya adalah mempelajari pattern. Akan sangat berguna untuk mengimprovisasi permainan bass. Hal ini sama halnya melodi di dalam gitar. Usahakan kemampuan fingering sudah kalian kuasai supaya tidak meleset dalam memencet senar Bass yang besar.

  • Konsistensi

Semua akan sulit untuk dipelajari bila tidak ada konsistensi yang tinggi. Dalam belajar bermain bassist, kalian harus melakukannya secara konsisten. Fokuskan pada permainan bass saja tanpa menggunakan alat musik lainnya supaya lebih cepat. Selain itu, kalian juga bisa mengatur jadwal latihan setiap harinya supaya selalu terisi dalam otak kalian terkait bassist yang ada di dalam pikiran.

Demikian cara menjadi bassist profesional dan terkenal. Ikuti beberapa tips di atas dengan baik supaya kalian bisa mencapai impiannya. Banyak dari mereka yang memiliki minat sama untuk menjadi bassist profesional, kalian harus bisa menguasainya dan bersaing.