cara menjadi dokter spesialis

Cara Menjadi Dokter Spesialis, Ini Syaratnya

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara menjadi dokter spesialis beserta syaratnya. Menjadi dokter merupakan suatu keinginan banyak orang. Profesi yang satu ini cukup menjanjikan untuk masa depan yang lebih baik. Apalagi dokter merupakan profesi yang sudah memiliki gaji PNS. Tentu akan memberikan kepuasan bagi siapapun yang mendapatkan profesi tersebut.

Akan tetapi, menjadi dokter tidak semudah yang kalian bayangkan. Ada banyak sekali hal yang perlu kalian pelajari supaya berhasil. Apalagi dokter spesialis, kalian harus memahami di bidang tertentu supaya berhasil. Dokter spesialis berbeda dengan dokter umum. Khususnya dari segi pengobatan yang mereka lakukan, dokter spesialis mengobati penyakit yang lebih spesifik.

Cara Menjadi Dokter Spesialis dan Syaratnya

 

cara menjadi dokter spesialis

Supaya bisa menjadi dokter spesialis dan kemudian bergabung dengan rentetan dokter spesialis di Indonesia, kalian harus mengetahui proses dan persyaratannya. Bila kalian sudah menjadi dokter umum tidak perlu khawatir karena jalan menuju ke dokter spesialis akan lebih mudah. Berikut cara dan persyaratan menjadi dokter spesialis:

  • Lulus Tahap Pendidikan Akademik

Menjadi dokter spesialis harus menempuh pendidikan terlebih dahulu, setidaknya sudah mendapatkan gelar S2. Setelah lulus program studi pendidikan dokter, kalian akan menempuh tahap pendidikan akademik. Dalam tahap ini terbagi menjadi dua bagian yaitu tahap pendidikan dasar kedokteran selama 2 semester dan tahapan pendidikan kompetensi klinik selama 5 semester kelanjutannya.

Berbeda dengan jurusan lainnya, kurikulum pembelajaran yang kalian pelajari berupa sistem blok. Mahasiswa akan mengikuti beberapa blok dan banyaknya ujian yang mereka lalui. Apabila satu semester ada 3 blok, maka akan ada 3 ujiannya. Pada tahap akademik juga harus menyelesaikan tugas akhir atau skripsi sebagai syarat kelulusan. Apabila berhasil menyelesaikannya dan lulus, maka mahasiswa akan mendapatkan gelar S,Ked.

  • Pendidikan Profesi

Tips yang kedua adalah lulus tahap pendidikan profesi. Istilah ini seringkali dikenal dengan co-ass, yakni para dokter muda yang bisa berhadapan langsung dan belajar menangani pasien. Dokter muda harus berhasil lulus di stiap stase yang ada.

  • Lulus Ujian Sertifikasi

Tahap selanjutnya adalah lulus ujian sertifikasi. Apabila sudah selesai menjalankan co-ass bukan berarti kalian akan mendapatkan gelar dokter. Para dokter harus berhasil lulus di Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Kedokteran supaya bisa menyandang gelar dokter. Apabila berhasil lulus ujian tulis dan praktik, dokter akan mendapatkan gelar sumpahnya dan gelar S.Ked menjadi gelar dr di depan nama.

  • Mengikuti Internship dan Mendapatkan STR

Jika sudah menyandang gelar dokter, masih ada tahapan yang harus kalian lalui supaya bisa menjadi dokter spesialis. Tahapan ini yaitu melalui masa internship atau magang. Biasanya waktu magang kurang lebih selama 1 tahun. Jika berhasil melalui masa internship dengan baik, maka akan mendapatkan Surat Tanda Registrasi yang memungkinkan dokter bekerja di instansi kesehatan yang ada. Dengan begitu, kesempatan menjadi dokter spesialis semakin besar.

cara menjadi dokter spesialis

  • Lulus Pendidikan Dokter Spesialis

Tahap terakhir adalah berhasil lulus pendidikan dokter spesialis. Kalian harus lulus dengan durasi sekitar 4 hingga 6 tahun. Beda spesialisasi maka akan berbeda durasi pendidikannya. Beragam pilihan dokter spesialis seperti jantung, paru-paru, gigi, dan lain sebagainya. Akan ada ujian tulis hingga wawancara yang harus kalian lalui supaya menjadi dokter spesialis.

Itulah cara menjadi dokter spesialis sekaligus persyaratannya. Beberapa tips tersebut harus kalian lalui terlebih dahulu supaya berhasil. Menjadi dokter spesialis tidak semudah yang kalian bayangkan, perlu pendidikan yang tinggi beserta kemampuan yang unggul supaya berhasil.