Cara Menjadi Dropship Tanpa Modal Di Shopee

Posted on

Jika kamu ingin sukses berjualan online, penting untuk mengetahui cara menjadi dropship tanpa modal di Shopee. Ada berbagai keuntungan jika kamu menggunakan Shopee sebagai supplier produk yang akan kamu pasarkan. Untuk melakukan dropship, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Dan hal ini sudah banyak yang menjalankan dengan hasil yang menguntungkan.

Sebelum memulai dropship, kamu harus mencari toko yang menerima dropship di Shopee. Jika beruntung, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih mudah dari toko tersebut. Kita akan mengulasnya dalam artikel ini mulai dari cara mencari supplier di Shopee, promosi hingga bagaimana cara melakukan pembelian ke supplier.  Sebelum membahas detailnya, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu dropship Shopee.

Cara Menjadi Dropship Shopee Tanpa Modal

Apa Itu Dropship Shopee ?

Dropship Shopee merupakan salah satu metode dropship yang memanfaatkan marketplace Shopee sebagai suppliernya. Kita tentu paham, bahwa di Shopee ada ribuan penjual dengan produk yang beragam. Mereka menawarkan produk dengan harga yang cenderung murah. Harga yang murah inilah yang bisa kita manfaatkan untuk dropship dan menghasilkan keuntungan dari selisih penjualan.

Cara Kerja Dropship Shopee

Untuk cara kerja dropship Shopee sebenarnya sangat simpel. Karena Shopee sendiri memang mendukung metode dropship. Jadi setelah kamu mendapatkan penjualan, kamu bisa langsung membeli produk di Shopee sesuai dengan produk yang terjual. Nantinya, alamat yang digunakan sesuai dengan alamat pembeli.

Keuntungan Dropship di Shopee

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan dropship dari Shopee. Keuntungan ini mungkin tidak akan didapatkan jika memilih marketplace lain. Berikut ini beberapa keuntungannya.

Produk Beragam dan Murah

Seperti yang kita tahu, Shopee merupakan salah satu marketplace yang terkenal dengan produk murahnya. Selain itu, ada banyak pilihan produk yang tersedia. Mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, elektronik, gadget dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya pilihan produk ini, kamu akan lebih fleksibel ketika mencari produk yang akan dipromosikan. Pastikan kamu memilih produk yang termurah agar keuntungan semakin besar.

Banyak Penjual Untuk Dijadikan Supplier

Perlu kamu ketahui, saat ini di Shopee terdapat jutaan penjual dengan beragam produk. Kamu akan lebih mudah menemukan penjual untuk dijadikan supplier. Akan tetapi, pastikan kamu memilih supplier yang memiliki rating bagus dan memang menerima dropship. Kamu mungkin akan diberikan harga yang lebih murah jika sering melakukan pembelian.

Bisa Memanfaatkan Gratis Ongkir

Gratis ongkir sangat identik dengan Shopee, banyak orang belanja di Shopee salah satunya karena gratis ongkir ini. Fasilitas ini bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Karena nantinya, pembeli produk dropship kamu tetap akan membayar produk serta ongkirnya. Sementara jika kamu menggunakan gratis ongkir, maka biaya ongkir dari pembeli akan masuk ke kantong kamu.

Tersedia Foto Produk

Untuk keperluan promosi, foto produk sangat penting untuk kamu miliki. Foto ini bisa kamu dapatkan di aplikasi Shopee sesuai dengan produknya. Agar lebih realistis, kamu juga bisa mengambil foto dari review-review pembeli. Dengan ini, kamu tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan promosi.

Tidak Perlu Modal

Keuntungan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk melakukan dropship di Shopee. Kamu tidak perlu modal sama sekali untuk dropship di Shopee. Kenapa bisa begitu ?

Jadi ketika ada pesanan dari produk dropship, kamu tentu akan mendapatkan uang dari pembeli. Baru kemudian, kamu pembelian produk sesuai dengan pesanan pembeli. Pastikan harga yang ditawarkan ke pembeli lebih tinggi dibandingkan harga produk di Shopee, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Cara Menjadi Dropship Tanpa Modal Di Shopee

Panduan lengkap dropship diShopee tanpa modal, dijadmin untuk besar.

Pastikan Punya Akun Shopee

Sebelum melakukan dropship, pastikan kamu memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan akun yang biasa digunakan untuk belanja. Akun yang sudah sering untuk belanja biasanya sering mendapatkan promo baik diskon maupun gratis ongkir. Kelebihan itu bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan lebih nantinya.

Cari Supplier di Shopee

Sebelum memilih supplier, pastikan kamu sudah menentukan produk apa saja yang bakal dijual. Ada beberapa kriteria yang bisa jadi acuan dalam pemilihan supplier.

Pertama, pilih supplier yang memiliki rating bagus, kamu bisa baca-baca rating dari pembeli. Pastikan supplier memiliki rating yang positif dan penjualan yang banyak.

Kedua, kamu bisa memilih supplier yang memberikan respon cepat. Kamu bisa mencoba menghubungi secara langsung atau melihat fitur perfoma chat yang disediakan oleh Shopee.

Selain itu, pastikan supplier yang kamu pilih memiliki pilihan produk yang banyak. Tujuannya agar kamu tidak perlu mencari supplier lain jika kekurangan produk.

Kriteria lainnya, ini sebenarnya hanya optional saja. Kamu bisa memilih supplier yang memiliki foto produk yang bagus. Pembeli cenderung akan melihat foto produk yang kalian promosikan terlebih dahulu sebelum deskripsinya. Maka dari itu, pastikan gunakan foto yang bagus ketika melakukan promosi.

Lakukan Promosi Produk Dropship kamu

Untuk promosi sendiri, kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, Tiktok maupun Whatsapp. Sebelumnya, kamu harus menyiapkan beberapa informasi berkaitan dengan produk. Seperti foto, deskripsi dan juga harganya.

Untuk promosi di Facebook, kamu bisa memanfaatkan fitur Facebook Marketplace. Disini, kamu bisa melakukan promosi tidak hanya di kota kamu saja, melainkan di kota lain. Selain itu, kamu juga bisa promosi di grup-grup yang relevan dengan produk yang dipromosikan.

Jika menggunakan Instagram, cara yang paling mudah yakni kamu membuat akun Instagram khusus untuk jualan. Di akun tersebut kamu bisa mengunggah banyak produk sekaligus. Setelah itu, agar profil kamu dikunjungi banyak orang bisa dengan sering berkomentar di akun orang lain. Kemudian jika memiliki modal, bisa melakukan endorsment.

Hal yang sama juga bisa kamu lakukan di Tiktok, kamu bisa membuat video review produk untuk diunggah ke akun TikTok kamu. Cara-cara tersebut juga bisa kamu aplikasikan untuk promosi di Whatsapp.

Cara Memesan Produk Dropship

Setelah kamu mendapatkan pesanan, langkah selanjutnya kamu perlu memesan produk ke supplier untuk dikirim ke pembeli. Tapi sebelum itu, pastikan kamu sudah menerima pembayaran dari pembeli sesuai dengan harga produk dan juga ongkirnya. Berikut ini alur pembelian produk dropship di Shopee.

Cari produk terkait

Langkah pertama, kamu perlu mencari produk yang dibeli oleh pembeli. Kamu bisa langsung mencarinya di toko supplier agar lebih cepat. Setelah menemukan produk, segera lakukan Checkout.

Isi alamat pengiriman dengan alamat pembeli

Setelah melakukan Checkout, kamu perlu mengisi alamat pengiriman dengan alamat yang diberikan oleh pembeli. Jika sudah, nantinya kamu akan mendapatkan informasi mengenai ongkirnya. Cara ini bisa kamu terapkan juga untuk mengecek ongkir sebelum pembeli melakukan pembayaran.

Kirim sebagai dropshipper

Jika alamat sudah benar, kamu bisa memilih Kirim sebagai Dropship yang ada di aplikasi Shopee. Kemudian masukkan informasi nama kamu atau nama toko kamu beserta nomor teleponnya. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang di tampilkan.

Itulah cara menjadi dropship tanpa modal di Shopee khususnya untuk pemula. Cara ini masih efektif sampai saat ini, banyak orang berhasil melakukan dropship dan mendapatkan keuntungan.