cara menjadi reseller sepatu original

Cara Menjadi Reseller Sepatu Original

Posted on

Cara menjadi reseller sepatu original – Di zaman yang serba digital ini, sepatu menjadi salah satu fashion yang sangat disukai oleh berbagai macam kalangan, terlebih lagi sekarang ini sedang hits-hitsnya sepatu sneakers.

Bahkan sudah banyak merk yang menjual sepatu original sneakers ini dengan harga mencapai puluhan  juta dan kerennya sangat dicari oleh penggemar sneaker di seluruh Negara.

Dari contoh kasus tersebut, dapat disimpulkan bahwa sepatu menjadi salah satu produk fashion yang memiliki banyak penggemarnya walaupun dengan harga yang fantastik, bahkan oleh sebagian orang sepatu original menjadi salah satu barang yang dapat dikoleksi.

Akibat dari banyaknya permintaan sepatu original sneakers ini, maka penjualan sepatupun engga pernah sepi pembeli di pasaran, baik itu offline maupun online. Bahkan sering kita jumpai penjual sepatu original di berbagai media sosial seperti instagram, facebook, twitter, dan sebagainya.

Sehingga, anda harus bisa memanfaatkan peluang usaha ini untuk menjadi agen sepatu original, karena memang sudah ada pasarnya dan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan para pecinta fashion sepatu.

Namun yang perlu anda perhatikan, bahwa anda harus benar-benar memperhatikan kualitas dari sepatu tersebut. Karena seperti yang kita ketahui, selain ada sepatu original, namun ada juga sepatu KW atau bajakan.

Perbedaan kedua jenis tersebut tentunya dari kualitas produk. Biasanya sepatu-sepatu original pastinya memiliki kualitas sangat bagus, beda halnya dengan yang KW. Selain dari segi kualitas, tentunya dari segi harga pun berbeda sangat jauh.

Nah untuk anda yang berminat untuk menjalankan usaha bisnis reseller sepatu original, maka ada beberapa tips yang sudah admin rangkum dari berbagai sumber. Simak artikel yang satu ini.

Cara Menjadi Reseller Sepatu Original

cara menjadi reseller sepatu original
cara menjadi reseller sepatu original

1. Jalin kerjasama dengan distributor

Cara menjadi reseller sepatu original yang pertama adalah anda harus menjalin kerjasama dengan distributor. Distributor adalah seorang perantara dari produsen sebuah produk yang kemudian disalurkan ke berbagai seller.

Tetapi, distributor biasanya jarang menjual barang produsen langsung kepada calon pembeli. Karena distributor akan mengirim langsung ke seorang reseller dalam jumlah yang banyak.

Karenanya, anda harus jalin kerjasama dengan seorang distributor. Ada banyak distributor sepatu orginal yang ada di internet. Kemudian anda bicarakan dengan meraka, sehingga anda bisa mendapatkan harga termurah jika anda membeli dalam jumlah yang sangat besar.

Pastikan kembali jika distributor tersebut hanya menjual produk sepatu original saja bukan sepatu KW.

2. Tentukan keuntungan yang anda dapat dari tiap produk

Selanjutnya adalah mulai ke analisa, kira-kira berapa keuntungan yang anda dapatkan dari tiap produk yang terjual.

Sehingga anda diharuskan untuk menentukan keuntungan yang akan anda dapat, agar anda bisa menargetkan dalam berjualan sepatu original.

Namun jangan juga terlalu banyak mengambil keuntungan karena hal itu bisa menyebabkan calon pembeli akan beralih. Sebagai seorang pebisnis harus mengutamakan yang namanya perkembangan bisnis yang anda jalani. Sehingga anda dituntut untuk memanfaatkan keuntungan anda untuk mengembangkan usaha anda selanjutnya.

3. Tentunkan jenis dan merk sepatu

Cara selanjutnya adalah anda harus menentukan jenis dan merk sepatu apa saja yang sering dicari oleh calon pembeli. Artinya disini adalah anda perlu yang namanya riset pasar.

Karena seperti yang kita ketahui, bahwa banyak sekali jenis dan bermacam-macam merk sepatu hingga saat ini. Nah biasanya sepatu-sepatu ini digunakan dengan beberapa keperluan. Ada sepatu casual yang biasanya digunakan untuk berpergian ke mall, atau ada sepatu olahraga yang digunakan untuk berolah raga.

Setiap keperluan tentunya berbeda-beda konsep sepatunya. Sehingga ada perlu yang namanya menentukan jenis dan merk sepatu yang banyak dicari oleh calon pembeli.

Ada beberapa brand sepatu yang sudah sangat terkenal, seperti :

  • Converse
  • Adidas
  • Nike
  • Vans
  • Reebok
  • Compass, dan lain-lain.

4. Pisahkan antara keuntungan dan uang modal

Cara ini merupakan cara yang bisa dibilang cukup penting. Karena dengan cara kamu memisahkan keuntungan dengan uang modal sehingga anda bisa memantau pengeluaran serta pemasukan uang dengan jelas.

Sehingga anda bisa melakukan pembukuan keuangan dengan lebih efektif serta efisien. Bisa dengan cara meletakkan uang di rekening bank yang berbeda tempat serta mencatat semua keuangan masuk dan keuangan keluar.

Dengan ini, anda bisa mengetahui berapa pendapatan usaha anda yang anda jalankan.

5. Lakukan promosi

Langkah selanjutnya adalah jika anda sudah mendapatkan distributor, dan sudah menentukan jenis atau merk sepatu. Kemudian yang perlu anda kerjakan adalah lakukan promosi.

Coba anda promosikan produk sepatu original yang anda jual, dengan tujuan agar oragn lain dapat mengetahui sepatu apa saja yang anda tawarkan.

Strategi promosi yang bisa kamu jalankan adalah posting di berbagai macam marketplace serta media sosial anda. Namun jika ingin menjangkau ribuan orang, anda bisa melakukan fitur ads. Fitur ads yang paling sering digunakan biasanya itu ada dari instagram, facebook, youtube, dan lain-lain.

6. Tentukan target pasar penjualan

Cara yang terakhir adalah kamu harus menentukan target pasar. Maksud target pasar disini adalah anda harus menganalisa kira-kira jenis kelamin apa yang bakal beli produk anda, dan usia berapa yang bakal membeli produk yang anda jual.

Sehingga dari analisa tersebut, anda sesuaikan dari seleranya, dari warnanya, dan dari konsepnya.

Karena biasanya beda jenis kelamin, beda usia, akan beda juga minat terhadap sepatunya.

Keuntungan Menjadi Reseller Sepatu Original

keuntungan menjadi reseller sepatu original
keuntungan menjadi reseller sepatu original

Mendapatkan harga termurah

Keuntungan jika anda menjadi seorang reseller agen sepatu original, pastinya mendapatkan harga yang termurah dari seorang distributor. Sehingga dengan harga tersebut bisa anda tentukan keuntungan dari tiap penjualan.

Tidak ada target penjualan

Keuntungan yang selanjutnya adalah jika anda menjadi seorang reseller sepatu, maka anda tidak akan ada target penjualan layaknya bisnis MLM. Sehingga anda bisa dengan tenang dan selalu melakukan analisis strategi untuk meningkatkan penjualan.

Tidak membutuhkan modal besar

Keuntungan yang selanjutnya adalah jika anda menjadi seorang reseller sepatu original, maka anda tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Karena anda cukup mempromosikan produk kemudian pesanan pembeli di teruskan kepada distributor. Sehingga distributor yang akan mengirim langsung ke seorang pembeli.

Jadiusaha ini sangat cocok dijalankan di masa sekarang dimana ekonomi sedang turun-turunnya.

Penutup

Di zaman sekarang ini, banyak orang yang tertarik dengan fashion khususnya pada bagian sepatu. Sepatu ini memiliki beragam jenis tipe dan juga beragam jenis merk. Semua tergantung dari kegunaan yang akan digunakan. Contoh misalnya jika anda ingin berpergian ke mall maka sepatu yang cocok yaitu sepatu casual atau sneakers.

Untuk menjalankan usaha ini, tidak membutuhkan banyak modal, beda cerita jika anda ingin menjadi seorang distributor sepatu original. Dimana jika distributor harus berbelanja sepatu dengan jumlah yang banyak. Terima kasih sudah berkunjung di website cara menjadi, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.