cara menjadi supplier udang
cara menjadi supplier udang

5+ Tips Cara Menjadi Supplier Udang Yang Sukses

Posted on

CARAMENJADI.COM – Bagaimana cara menjadi supplier udang yang sukses? Udang merupakan salah satu biota air yang sering sekali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Udang banyak dijumpai di masakan seafood, ataupun sebagai ternak yang dibudidayakan dalam tambak.

Berbicara tentang ternak udang, ternyata ternak yang satu ini tidak kalah pamornya dengan ternak sapi ataupun ternak lele.

Sebagai seekor binatang air, udang sendiri bisa hidup baik di air asin maupun air tawar. Meski berbeda habitat dan bentuk, kandungan gizi dan harga dari kedua jenis udang ini tidak beda jauh kok.

Sekedar informasi, bibit udang baik air asin maupun tawar bisa didapat dari kisarsn harga 1000 rupiah. Dari bibit ini, peternak udang bisa menghasilkan banyak udang yang bisa dijual hingga ratusan ribu harganya. Wah, untung sekali ya.

Kebutuhan udang di pasar pun juga meningkat yang membuat beberapa toko akhirnya lebih memilih berlangganan dengan peternak yang mampu memberi supply udang sesuai permintaan. Alhasil, untung peternak udang makin banyak deh.

Atas dasar itulah, ternak udang makin banyak dilakukan dan masyarakat juga berlomba-lomba untuk menjadi supplier udang ke berbagai sektor yang membutuhkan.

Nah, jika Anda tertarik untuk menjadi supplier udang, simak dulu cara-cara menjadi supplier udang dibawah ini sebelum anda memulai!

Cara Menjadi Supplier Udang

cara menjadi supplier udang
cara menjadi supplier udang

Bagi anda yang berminat untuk menjalankan usaha menjadi supplier udang. Anda bisa ikuti beberapa tips di bawah ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Apa saja tips nya? Simak artikel di bawah ini.

Siapkan Modal

Modal menjadi bekal yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum memulai usaha. Persiapkan segala sesuatu jauh-jauh hari sebelum usaha dijalankan agar saat usaha sudah berjalan, Anda tidak akan kewalahan karena kekurangan satu atau dua hal.

Modal yang dibutuhkan bukan hanya modal uang seperti untuk membeli stok dari peternak, namun juga modal ilmu misalnya tentang bagaimana cara pengelolaan udang yang baik agar tetap fresh dalam kurun waktu yang tidak sebentar.

Buat dan Tentukan Rencana Bisnis

Persiapan selanjutnya untuk menjadi seorang supplier udang adalah dengan merancang dan menentukan kemana arah bisnis berjalan.

Anda bisa mulai membuat rencana bisnis dengan cara menganalisa pasar terlebih dahulu dan periksa kira-kira prospek usahanya bagus atau kurang.

Setelah itu, Anda bisa mulai mencatat ide bisnis supply udang yang ingin dijalankan. Buat rencana jangka pendek serta jangka panjangnya dan susun secara sederhana namun tetap profesional agar lebih mudah untuk dimengerti dan dijalankan.

Rencana bisnis bisa meliputi hal seperti cara pengelolaan produk, pemasaran dan distributsi, harga jual, serta promosi yang harus dijalankan.

Pahami Persaingan

Supplier udang tentunya bukan hanya Anda saja, ada banyak saingan lain yang menjalankan usaha yang sama seperti ini.

Baca juga Cara Menjalankan Usaha Jual Bibit Tanaman Buah

Jika kompetitor untung lebih banyak dari Anda, Anda bisa memperhatikan gerak gerik mereka dalam berbisnis dan kemudian perbaiki cara berbisnis Anda atau mencontoh startegi mereka pun juga sangat dibolehkan.

Adanya kompetitor janganlah Anda jadikan sebagai lawan apalagi sebagai pematah semangat. Justru jadikanlah lawan bisnis Anda sebagai motivasi agar usaha Anda menjadi lebih baik.

Tentukan Kerja Sama

Cara menjadi supplier udang yang selanjutnya adalah dengan menentukan menjalin kerja sama dengan pihak tambak udang yang terpercaya.

Untuk hal ini, ada baiknya Anda mengunjungi langsung lokasi tambak udang guna mengetahui kualitas dan harga grosir yang dipatok.

Baca juga Resep Udang Goreng Mentega

Selain memastikan bahwa tambak mampu memberikan udang dalam jumlah besar dengan harga yang miring, pastikan juga tambak selalu siap untuk menyediakan stok udang untuk Anda. Jangan sampai ketika Anda sedang membutuhkan, tambak juga sedang habis stok.

Tentukan Cara Jual

Startegi pemasaran yang tepat tentunya akan mendatangkan keuntungan yang berlipat. Supplier udang sendiri bisa melakukan beberapa metode jual untuk menjajakan barang dagangan mereka.

Baca juga Tips Cara Memulai Usaha Bensin Eceran

Pertama, supplier bisa menjajakan udang-udang tersebut di kios sendiri. Cara pemasaran ini akan sangat efektif untuk menggaet konsumen apalagi bila digabung dengan promosi melalui mulut ke mulut atau media sosial.

Selanjutnya, supplier udang juga bisa menawarkan udang mereka ke berbagai usaha yang membutuhkan seperti warung makan atau restoran. Biasanya, pemilik warung makan akan menjadi pelanggan tetap karena mereka akan selalu membutuhkan pasokan stok udang.

Kelola Produk Dengan Tepat

Sebagai supplier, Anda tentunya tidak bisa sembarangan dalam menjual barang. Kualitas barang merupakan prioritas bagi pemilik usaha termasuk usaha supply udang.

Udang termasuk makanan laut yang cepat rusak kualitasnya, maka dari itu pengelolaan dan penyimpanan stok udang harus dilakukan secara tepat.

Setidaknya, supplier udang harus menyediakan mesin pendingin untuk menyimpan stok udang yang masih segar. Stok udang yang mulai busuk sebaiknya langsung dibuang agar kualitas prima stok udang yang masih segar tetap terjaga.

Tentukan Target Penjualan dan Hitung Pendapatan

Melakukan usaha tidak lepas dari yang namanya meraih pendapatan. Nah, pembuatan target penjualan bisa membantu Anda untuk meraih pendapatan sesuai dengan keinginan.

Tentunya target penjualan akan dipengaruhi juga oleh animo konsumen. Pasanglah harga yang kompetitif dan setara dengan kualitas guna menarik perhatian konsumen.

Baca juga Ide Usaha Makanan Khas Daerah Yang Menguntungkan

Dalam periode tertentu, hitung juga pendapatan yang didapat kemudian bandingkan dengan modal yang telah dikeluarkan. Hal ini selain berguna untuk melihat apakah ada kekurangan atau kelebihan dana, juga memacu semangat untuk berusaha lebih baik guna mencapai penghasilan yang lebih tinggi.

Penutup

Seperti itulah cara menjadi seorang supplier udang. Semoga bisa membantu Anda yang berniat melakukan usaha ini. Terus cari dan terapkan berbagai metode dan cara pemasaran guna menaikkan angka penjualan dan meraih untung yang lebih besar. Semoga bermanfaat!