Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel. Berbagai macam aktivitas bisa kalian lakukan menggunakan MS Excel. Salah satunya menggunakan kapitalisasi huruf ketika mengoperasikan software yang satu ini. Mengubah kapitalisasi huruf memiliki peran yang sangat penting guna membantu pekerjaan menjadi lebih cepat dan efektif.

Kalian harus menguasai keterampilan yang satu ini supaya bisa mengerjakan di Excel dengan cepat. MS Excel tidak memiliki menu yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan Change Case seperti yang ada pada Microsoft Word. Meski begitu, bukan berarti kalian tidak bisa mengubah huruf di Excel, ada cara tersendiri yang bisa kalian terapkan dengan baik.

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Berbagai macam pengubahan huruf di Excell bisa kalian lakukan dengan beberapa metode di antaranya sebagai berikut:

Menggunakan Fungsi Huruf

Fungsi huruf yang sering digunakan seperti upper dan lower. Masing-masing memiliki cara tersendiri untuk menjalankannya.

  • Fungsi Upper

Melalui fungsi upper akan membuat huruf Excel menjadi kapital. Untuk mengubah menjadi kecil menggunakan fungsi upper yaitu memasukan ke dalam sintaks fungsi =UPPER (teks). Teks pada sintaks ini berisi teks atau referensi sel yang akan kalian ubah ke kapital.

  • Fungsi Lower

Fungsi Lower berguna sebaliknya karena akan membuat semua huruf kapital di Excel menajdi kecil. Untuk menggunakan fungsi Lower, kalian perlu memasukan teks yang akan kalian ubah ke dalam sintaks fungsi =LOWER (teks).

Menggunakan Fungsi Proper

Proper memiliki fungsi untuk mengubah huruf kapital yang ada pada awal saja. Untuk aktivitas yang satu ini, kalian bisa menggunakan fungsi Proper. Fungsi Proper akan mengubah huruf pertama di setiap kata dalam teks menjadi huruf kapital dan huruf selanjutnya pada kata tersebut menjadi huruf kecil. Untuk menggunakan fungsi yang satu ini, kalian perlu memasukan teks ke dalam sintaks fungsi =PROPER (teks).

Seperti halnya kalian ingin mengubah kalimat “saya belajar menari di kelas” dengan huruf kapital di setiap katanya. Maka cukup masukan teks tersebut ke dalam sintaks fungsi =PROPER (“saya belajar menari di kelas”). Selain itu, kalian juga bisa memasukan sel di mana teks tersebut berada di dalam sintaks fungsi untuk merubah setiap huruf di awal menjadi kapital, seperti halnya menuliskan =PROPER(B9).

Menggunakan Falsh Fill

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel yang selanjutnya adalah menggunakan flash fill. Fitur yang satu ini mampu mengisi suatu range sel sesuai dengan pola yang terdeteksi dan input yang telah ada sebelumnya. Untuk mengubahnya bisa ikuti cara berikut:

  • Ubah teks yang kalian tulis dalam huruf kapital semua dan pindah kursor ke sel di sebelahnya
  • Tekan ctrl + E pada keyboard bersamaan
  • Excel nantinya akan mendeteksi pola input yang akan kalian berikan secara otomatis dan mengaplikasikannya pada sisa sel yang dapat kalian buat ke dalam tabel
  • Teks secara otomatis akan berubah hurufnya menjadi kaputal semua sesuai entri yang kalian tulis.
  • Untuk mengubah teks secara langsung pada selnya, kalian hanya perlu menyalin hasil tersebut dan memindahkannya pada entri

Dalam penggunakan fitu Flash Fill, orang biasanya mengubah teks paling atas terlebih dahulu. Kemudian tinggal pindahkan saja kursor di sel bawahnya dengan mengimplementasikan fitur tersebut. Hasil teks pada sisa sel akan mengikuti secara otomatis.

Itulah cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel. Semoga bermanfaat, terima kasih.