Bank Sumut
Bank Sumut

Pakai Bank Sumut? Ini Cara Ganti PIN yang Lama Ke PIN Baru!

Posted on

CARAMENJADI.COM – Bank Sumut mungkin belum terlalu sering Anda dengar, namun bagi para penduduk yang tinggal di daerah Sumatera Utara, bank ini termasuk salah satu bank pilihan bagi mereka.

Bank Sumut
Bank Sumut

Bahasan sekilas, bank ini dibentuk dan berdiri dengan status Perseroan Terbatas dan pertama kali muncul pada 4 November 1961.

Meski sempat dialihkan statusnya menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pada tahun 1965, di tahun 1999 bank yang satu ini dikembalikan lagi statusnya menjadi PT.

Saat ini, bank Sumut termasuk dalam jajaran Bank Pembangunan Daerah dengan aset yang terbesar yang telah mencapai 27 triliun. Kemudian ditambah dengan dukungan 200 unit kantor cabang yang tersebar hingga Batam dan DKI Jakarta.

Selain itu, bank ini sudah masuk dalam jaringan ATM Bersama dan Prima, BANKCARD Malaysia, pembelian pulsa, listrik, air. Tentunya ini merupakan gerakan dalam rangka mendukung layanan jasa perbankan kepada masyarakat.

Salah satu hal yang sering dihimbau oleh pihak bank kepada para nasabah mereka, adalah untuk senantiasa mengganti PIN secara berkala.

Bukan tanpa alasan, maraknya jenis kejahatan yang menyerang rekening ATM dan menimbulkan kerugian bagi sang pemilik rekening menjadi faktor utama adanya himbauan ini.

Apakah Anda masih bingung bagaimana cara mengganti PIN ATM bank Sumut? Tak perlu khawatir lagi, dalam artikel ini Kami akan membahasnya secara tuntas.

 

Mengenai PIN ATM Bank Sumut

Sebelum Anda mengganti PIN, ada satu hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Bank Sumut memberlakukan dua macam PIN pada rekening masing-masing nasabahnya, yaitu PIN ATM biasa dan PIN New SMS MBanking.

Kedua PIN ini digunakan dalam transaksi yang berbeda. PIN ATM biasa akan Anda gunakan untuk transaksi pada mesin ATM dan EDC seperti cek saldo, setor, dan tarik tunai. Sedangkan PIN MBanking akan lebih banyak Anda gunakan pada saat melakukan transaksi online melalui SMS atau aplikasi Sumut Mobile di smartphone.

Kedua PIN ini akan dikirimkan kepada Anda melalui SMS pada saat Anda pertama kali membuka rekening. Ada baiknya segera Anda catat dan simpan di tempat yang aman.

 

Mengganti PIN ATM

Kalau begitu, langsung saja Kita lanjut ke cara ganti PIN ATM bank Sumut. Perlu diperhatikan bahwa pergantian PIN ATM ini harus dilakukan pada mesin ATM dan tidak bisa melalui HP. Begini caranya:

 

– Datangi mesin ATM bank Sumut terdekat dengan Anda.

– Masukkan kartu pada mesin ATM, tunggu hingga diproses oleh mesin.

– Setelah itu, masukkan PIN ATM lama Anda. Bila Anda lupa, silahkan cek SMS berisi PIN atau cek catatan Anda.

– Pilih menu Transaksi Lainnya.

– Pilih menu Ubah PIN, kemudian pilih PIN ATM.

– Setelah layar berganti, silahkan Anda masukkan 6 digit PIN ATM yang baru kemudian pilih Lanjutkan.

– Masukkan PIN baru Anda sekali lagi untuk konfirmasi.

– Penggantian PIN ATM berhasil. Anda bisa mengeceknya dengan melakukan cek saldo.

 

Artikel serupa: Cara Ganti PIN ATM Mandiri

 

Mengganti PIN SMS Banking

Karena penulis sendiri belum pernah memakai bank Sumut, penggantian PIN M-Banking kali ini akan dilakukan pada mesin ATM. Caranya tidak jauh berbeda dengan penggantian PIN ATM biasa. Berikut caranya:

 

– Datangi mesin ATM bank Sumut.

– Masukkan kartu dan PIN. Kemudian pilih menu Transaksi Lainnya.

– Pilih menu Ubah PIN, lalu pilih PIN New SMS MBanking.

– Masukkan PIN SMS banking yang lama. Bisa di cek pada SMS dari pihak bank Sumut.

– Setelah itu ketikkan 6 digit PIN Sumut Mobile yang baru dan pilih Lanjutkan.

– Penggantian PIN sudah selesai.

 

Bagaimana, mudah saja bukan mengganti PIN ATM dan M-Banking bank Sumut? Dengan rutin mengganti PIN ATM, Anda bisa mengurangi jumlah tindak kriminal yang menyerang rekening. Tetap berhati-hati dan simpan PIN ATM Anda di tempat yang aman, ya.