Ide peluang usaha angkringan

Ide Peluang Usaha Angkringan Agar Untung Besar

Posted on

CARAMENJADI.COM –¬†Berikut ide peluang usaha angkringan agar untung besar. Angkringan merupakan salah satu peluang usaha yang kini sedang trend di kalangan masyarakat. Jenis usaha yang satu ini terbagi menjadi dua versi, yakni versi sederhana dan versi mewah. Pada umumnya, Angkringan dikenal dengan kesederhanaannya baik dari segi tempat, lokasi, ataupun faktor lainnya.

Akan tetapi, kini orang-orang mengembangkannya menjadi lebih modern. Banyak yang membuka Angkringan dengan tempat seperti cafe. Menu makanan sama seperti di Angkringan pada umumnya, namun untuk tempatnya lebih mewah. Sensasi dari keduanya pun berbeda-beda, biasanya kalangan menengah ke bawah lebih tertarik untuk datang ke tempat yang biasa.

Setiap orang memiliki kreasi yang berbeda-beda terkait tujuannya dalam menjalankan peluang usaha. Bagi yang tertarik untuk menjalankannya, kalian bisa mencoba membuka usaha Angkringan. Sebagai salah satu makanan favorit banyak orang, menu di Angkringan akan selalu menjadi selera masyarakat. Mereka tidak pernah bosan untuk mencicipinya.

Angkringan terkenal dengan jenis makananya yang beragam dan harganya terjangkau. Kalian tidak perlu membawa budget yang banyak untuk bisa menikmatinya. Setiap sate yang ada di angkringan kurang lebih harganya Rp2000 – RP3000. Terdapat beberapa menu minuman lainnya yang bisa pembeli pesan sesuai keinginan seperti kopi, jaesu, es, dan lain sebagainya.

Ide Peluang Usaha Angkringan Agar Untung Besar

Ide peluang usaha angkringan

Setiap orang memiliki alasan memilih usaha Angkringan baik itu karena keuntungannya yang besar, ikut orang tua, ataupun karena faktor lainnya. Bagi yang tertarik menjalankan bisnis Angkringan, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui. Jangan asal-asalan dalam membangun usaha karena bisa berakibat buruk kedepannya. Seperti halnya, usaha tanpa menerapkan strategi yang baik. Ini akan sangat beresiko untuk kedepannya dan bisa membuat usaha Anda tidak maju.

Tips usaha Angkringan agar untung besar:

Persiapan Modal

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mempersiapkan modal. Angkringan merupakan salah satu usaha yang tidak perlu modal besar untuk menjalankannya. Hanya dengan budget di bawah Rp5 juta sudah bisa memulainya. Apalagi jika kalian sudah memiliki perlengkapannya dan hanya menyiapkan bahannya saja, budget Rp1 juta saja sudah cukup.

Modal paling utama yang harus kalian siapkan adalah uang. Untuk mendapatkannya, kalian bisa bekerja terlebih dahulu di suatu perusahaan atau manapun. Gaji yang diperoleh kumpulkan terlebih dahulu sampai mendapatkan modal sesuai kebutuhan. Setelah mencukupi, mulailah untuk mencicil membeli sesuatu yang kalian butuhkan untuk membangun usaha angkringan.

Selain melalui gaji perusahaan, kalian bisa mendapatkan modal melalui pinjaman. Bank menjadi salah satu pilihan yang tepat jika ingin meminjam uang. Namun ada bunga yang harus kalian bayarkan bilamana memilih pinjam uang di Bank. Sebaiknya cari pinjaman ke kerabat, teman atau siapapun terlebih dahulu yang tidak ada bunganya. Dengan begitu, pengeluaran modal tidak terlalu besar.

Apabila modal sudah terkumpul, persiapkan alat-alat yang kalian butuhkan. Untuk usaha Angkringan membutuhkan gerobak yang bisa kalian beli dengan harga Rp2-Rp3 jutaan. Sementara perlengkapan lainnya seperti bakaran, piring, sendok, dan lain sebagainya bisa kalian gunakan yang ada di rumah sendiri atau membelinya. Setelah itu, baru kalian mempersiapkan bahan-bahan menu Angkringan yang akan di jual.

Tentukan Tempat yang Strategis

Jualan angkringan pada umumnya berada di tepi jalan. Namun kalian harus bisa menentukannya secara efektif supaya ramai pembeli. Tempat yang strategis akan sangat berpengaruh terhadap nilai jual usaha Anda. Akan ada banyak orang yang membelinya bila memilih tempat secara efektif. Seperti halnya tempat yang selalu menjadi incaran banyak orang.

Tips memilih tempat usaha Angkringan yang efektif bisa kalian lakukan dengan mudah. Pada intinya, tempat yang kalian piliha harus bisa meraup banyak pelanggan. Banyak dari mereka yang gagal menjalankan bisnisnya akibat salah memilih tempat. Dalam memilih tempat juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menyewa lahan yang akan kalian gunakan.

Fasilitas Nyaman

Ide peluang usaha Angkringan supaya untung besar yaitu memberikan fasilitas senyaman mungkin. Pelanggan akan menilai tempat yang mereka kunjungi. Apabila membuatnya betah, maka mereka akan datang kembali untuk mencicipi menu makanan di tempat Anda. Oleh karena itu, kalian harus menyediakan fasilitas yang nyaman supaya pelanggan puas.

Fasilitas yang nyaman bisa kalian terapkan dari segi kebersihan. Pelanggan akan malas datang ke tempat yang kotor dan tidak rapi. Buat lingkungan sebersih mungkin tanpa adanya sampah yang berceceran. Mereka akan menikmati makanan, tentu tidak ingin ada yang menghalanginya supaya seleranya semakin bertambah. Dengan begitu, pelanggan akan puas.

Pastikan fasilitas yang kalian sediakan lengkap seperti halnya tempat duduk, meja makan, atau lainnya. Biasanya Angkringan terkenal dalam bentuk lesehan, maka siapkan tikar yang nyaman supaya mereka bisa menikmatinya. Jika perlu, tambahkan fasilitas lainnya yang bisa memberikan daya tarik seperti live musik, tv untuk menonton, karaoke, dan lain sebagainya.

Siapapun yang akan membeli di tempat angkringan tentu akan melihat fasilitasnya. Dari segi pandangan saja bisa membuat seseorang merasa nyaman. Apalagi jika sudah menikmatinya, tentu pelanggan akan merasa puas mencicipi makanan Angkringan di dalamnya.

Menu Lengkap

Angkringan terkenal dengan makanannya yang memiliki variasi menu beragam. Mulai dari sate-satean, minuman, mendoan, dan lain sebagainya. Sebab itulah mengapa banyak yang tertarik membeli makanan di Angkringan karena memiliki banyak sekali menu yang bisa kalian pilih sesuai selera. Seperti yang kalian ketahui, setiap orang memiliki daya tarik tersendiri terkait makanan yang ingin mereka konsumsi.

Ada banyak sekali jenis makanan angkringan yang bisa kalian pilih sesuai keinginan. Begitu juga dengan minuman yang bervariatif seperti jaesu, es teh, susu, kopi, dan masih banyak lainnya. Semakin banyak menu yang kalian sediakan, maka orang-orang akan semakin puas. Mereka bisa memilih makanannya sesuai keinginan tanpa harus pergi ke tempat lain.

Menu yang lengkap juga akan membuat pelanggan betah. Berbeda jika menu yang kalian sediakan sedikit, tentu orang yang tidak menemukannya akan lebih memilih pergi ke tempat lain. Biasanya, orang-orang memilih makanan berbagai macam pilihan yang dijadikan satu untuk mereka santap.

Perhatikan Kualitas dan Harga

Harga dan kualitas juga menjadi salah satu faktor penting dalam ide peluang usaha Angkringan. Dari segi harga, sebaiknya cantumkan sesuai dengan harga pada umumnya. Jangan terlalu mahal karena orang-orang bisa lebih memilih ke tempat lain yang harganya lebih terjangkau. Sesuaikan saja dengan penjual Angkringan lainnya untuk harga menu makanan yang ada di Angkringan Anda.

Selain itu, perhatikan juga kualitas dari segi makanan yang Anda jual. Orang-orang akan menilai bagaimana rasa makanan yang tersedia di tempat Angkringan Anda. Mereka akan membandingkan antara satu tempat dengan lainnya. Apabila memiliki rasa yang lezat dan khas, mereka akan tertarik untuk berkunjung ke tempat Anda bahkan akan menjadi langganan.

Terkadang seseorang tidak memperhatikan hal ini, padahal sangat berpengaruh terhadap penjualan. Harga yang mahal bisa kalian cantumkan bilamana memiliki kualitas rasa lezat yang melebihi pedagang lainnya. Biasanya harga yang terjangkau dengan kualitas rasa unggul akan menjadi incaran banyak orang untuk membelinya. Mereka akan tertarik untuk membeli ke tempat Anda.

Promosi

Jangan lupa promosi karena akan berpengaruh terhadap penjualan. Apalagi jika baru membuka usaha Angkringan, sangat penting untuk melakukan promosi. Terapkan promosi penjualan secara online dengan memanfaatkan media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook, WA, atau lainnya. Awali dengan share ke tempat atau saudara supaya mereka membeli makanan Angkringan ke tempat Anda.

Kemudian jangkau lebih luas dengan share ke grup-grup. Manfaatkan semua media sosial yang kalian miliki untuk mendapatkan pelanggan. Di jaman sekarang ini, kalian tidak perlu khawatir soal promosi karena bisa melakukannya dengan mudah. Bahkan cara promosi yang satu ini tidak perlu biaya sama sekali. Tergantung bagiamana konsistensi kalian menjalankannya.

Sudah banyak dari mereka yang membuktikan keberhasilannya dalam menarik pelanggan dengan cara promosi. Sebaiknya buat logo atau brosur yang menjadi ciri khas usaha angkringan Anda terlebih dahulu. Dengan begitu, mereka akan mudah dan mengenal usaha yang kalian jalankan. Minta mereka untuk mengikuti media sosial Anda.

Promo Menarik

Siapa sih yang tidak suka dengan promo? Pelanggan justru akan sering berburu promo demi mendapatkan harga yang terjangkau. Ini bisa kalian terapkan dalam usaha Angkringan agar menarik banyak pelanggan. Berbagai macam promo bisa kalian terapkan dalam usaha.

Seperti halnya beli di atas Rp20 ribu gratis satu menu. Dengan cara yang satu ini, mereka akan terpacu untuk membeli dalam jumlah yang banyak. Satu menu yang kalian berikan tidak akan membuat rugi karena bisa tertutup keuntungan lainnya yang lebih besar. Apalagi mereka membelinya dalam jumlah yang banyak, pastinya akan sangat menguntungkan.

Selain itu, ada juga cara promo lainnya yang bisa kalian terapkan. Beberapa di antaranya seperti diskon khusus di hari Jumat, free air putih, dan lain sebagainya. Buat sekreatif mungkin promosi yang akan kalian gunakan dalam membangun usaha agar lebih maju. Siapapun akan tertarik dengan promo karena bisa mendapatkan harga yang terjangkau.

Ide Peluang Usaha Angkringan Agar Untung Besar

Pelayanan yang Baik

Tips terakhir yang harus kalian terapkan dalam membangun usaha adalah memberikan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik akan memberikan dampak baik kepada mereka yang membeli ke tempat Anda ataupun usaha Anda sendiri. Mereka akan merasa betah dengan pelayanan yang kalian berikan, apalagi jika sudah akrab dengan pelanggan.

Terkadang pelanggan tidak hanya membutuhkan makanan saja, namun butuh hiburan. Kalian bisa memberikan pelayanan yang menarik supaya pelanggan terkesan. Seperti halnya dalam mengutarakan kata-kata, ucapkan sesuatu yang sopan dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Begitu jugadengan tindakan yang harus sesuai seperti ucapan yang kalian lakukan agar pelanggan tidak kesal.

Kesimpulan

Itulah ide peluang usaha Angkringan yang dapat memberikan untung besar bagi siapapun yang menjalankannya. Selama bisa menerapkannya dengan baik, maka untuk mendapatkan hasil bisa kalian peroleh secara maksimal. Banyak dari mereka yang sudah membuktikan keberhasilannya menjalankan peluang usaha tersebut. Ikuti beberapa tips di atas untuk menjalankan peluang usaha Angkringan yang maju dan berkembang.