Ide Peluang Usaha Jualan Nasi Kuning yang Menguntungkan

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut ide peluang usaha jualan Nasi Kuning yang menguntungkan. Nasi Kuning merupakan salah satu makanan favorit banyak orang karena memiliki rasa yang lezat. Mulai dari kalangan anak-anak, dewasa, hingga orang tua, banyak yang tertarik mengkonsumsinya. Makanan yang satu ini memiliki ciri khas dari warna nasinya, yakni kuning.

Melihat banyaknya orang yang tertarik makan Nasi Kuning, peluang usaha yang satu ini cukup menjanjikan. Banyak dari mereka yang sudah membuktikan keberhasilannya dengan bisnis jualan Nasi Kuning. Selama mampu menerapkan strateginya dengan baik, maka usahanya akan berjalan lancar. Begitu juga sebaliknya, kerugian bisa didapatkan apabila gagal menjalankannya.

Apa Itu Nasi Kuning?

Nasi Kuning adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras, kunyit, santan, dan rempah-rempah. Sesuai dengan namanya, jenis nasi yang satu ini berwarn kuning. Tidak seperti nasi pada umumnya, Nasi Kuning memiliki rasa yang gurih. Salah satunya karena faktor tambahan santan dan rempah-rempah yang menjadikan makanan tersebut memiliki rasa yang lezat.

Disebut Nasi Kuning menurut kepercayaan Jawa yaitu seperti emas yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Barang siapa yang memakan Nasi Kuning maka seperti mendapatkan sesuatu yang baik untuk kedepannya. Nasi Kuning juga sering dijadikan sebagai makanan khas saat acara ulang tahun seseorang.

Mengkonsumsi Nasi Kuning tidak akan membuat Anda kecewa. Selain rasanya yang lezat, banyak kandungan yang terdapat pada makanan tersebut. Salah satunya mengandung 150 kalori, karbohidrat, hingga protein. Sangat baik untuk kebutuhan tubuh supaya lebih sehat. Cukup rekomended bagi siapapun untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Akan tetapi, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan karena bisa menyebabkan bertambahnya lemak pada tubuh. Kalian bisa membatasinya baik seminggu sekali, atau beberapa hari sekali agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik.

Ide Peluang Usaha Jualan Nasi Kuning yang Menguntungkan

Bagi yang tertarik menjalankan peluang usaha yang satu ini. Sebaiknya siapkan strategi yang matang agar tidak gagal nantinya. Berjualan tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Dimana kalian membutuhkan modal, pikiran, dan beberapa faktor lainnya yang harus dijalankan dengan serius. Dengan begitu, usaha Anda akan berjalan dengan lancar.

Tips jualan Nasi Kuning yang menguntungkan:

Persiapan Modal

Persiapan modal sangat penting dalam membangun sebuah usaha. Hal yang harus kalian lakukan ialah mencari informasi terlebih dahulu terkait modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha Nasi Kuning. Cari informasi melalui penjual Nasi Kuning yang sudah berpengalaman. Atau bisa juga melalui internet, kalian harus bisa memanfaatkannya dengan baik.

Setelah mengetahui nominalnya, mulailah mengumpulkan modal. Caranya bisa kalian terapkan dengan menyisihkan gaji bulanan. Seperti halnya dalam satu bulan mendapatkan gaji Rp2 juta, maka bisa sisihkan kisaran Rp500 ribu – Rp1 juta. Pastikan uang yang Anda sisihkan memiliki sisa untuk kebutuhan sehari-hari dalam satu bulan.

Selain itu, kalian bisa mendapatkan modal melalui pinjaman bank. Hal ini berlaku jika membutuhkan modal dalam waktu cepat, maka meminjam di bank menjadi solusi yang efektif. Cukup dengan membawa syarat dan ketentuan yang berlaku, maka sudah mendapatkan pinjamandari bank. Akan tetapi, ada resiko bila meminjam di bank, yakni ada bunga yang harus kalian bayar.

Sebaiknya coba pinjam ke saudara, tetangga, ataupun teman terlebih dahulu. Biasanya mereka akan meminjamkan uang tanpa ada tambahan bunga. Setelah itu, mulailah membeli perlengkapan yang dibutuhkan seperti gerobak, meja, kursi, mejikom, dan lain sebagainya. Untuk bahan-bahan pembuatannya paling hanya membutuhkan modal di awal saja. Selebihnya bisa kalian gunakan dari hasil keuntungan yang didapatkan.

Pemilihan Lokasi yang Strategis

Ide peluang usaha jualan Nasi Kuning harus dibekali dengan pemilihan tempat yang strategis. Lokasi sangat berpengaruh terhadap jangkauan pelanggan. Apabila pemilihannya tepat, maka bisa mendatangkan banyak pelanggan. Selain itu, mereka akan lebih mudah mengakses perjalanan menuju ke lokasi jualan Nasi Kuning milik Anda.

Tips memilih tempat jualan Nasi Kuning bisa dilakukan dengan mudah. Pada intinya, lokasinya harus menarik perhatian orang-orang untuk berhenti dan membelinya. Supaya lebih efektif, pastikan cari tempat yang memiliki lahan memadai agar orang-orang yang mau berhenti mendapatkan parkiran yang layak. Sehingga, mereka tidak akan mengganggu perjalanan orang lain.

Apabila pemilihan tempat benar, maka tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pelanggan. Meski tidak promosi, kalian akan tetap mendapatkan pelanggan. Dengan begitu, keuntungan besar bisa diperoleh dengan banyaknya orang yang tertarik membeli Nasi Kuning Anda.

Buat Nasi Kuning yang Lezat

Kelezatan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat pelanggan. Mereka yang sudah mengetahui rasanya bisa menilai antara penjual satu dengan lainnya. Seperti halnya rasa Nasi Kuning buatan Anda lezat dan khas, mereka akan kembali datang ke tempat Anda suatu saat. Namun berbeda jika sebaliknya, orang-orang akan lebih memilih ke tempat lain yang menawarkan Nasi Kuning lebih lezat rasanya.

Untuk mengetahui lezat tidaknya Nasi Kuning buatan Anda, jangan menilai sendiri. Minta penilaian terhadap orang lain supaya mengetahui hasilnya. Apabila kebanyakan menilai lezat rasanya, maka sudah bisa memulai untuk berjualan. Jika masih ada yang kurang, perbaiki sampai benar-benar lezat rasanya supaya pelanggan tidak kecewa saat membelinya.

Cara membuat Nasi Kuning yang lezat bisa dilakukan dengan mudah. Ada berbagai macam jenis Nasi Kuning yang bisa kalian buat sesuai keinginan. Masing-masing memiliki resep yang berbeda, biasanya terdapat pada tambahan bumbu yang digunakan. Untuk bahan utamanya sama, yakni nasi dan kunyit untuk menghasilkan warna kuning pada makanan tersebut.

Kelezatan Nasi Kuning yang kalian buat akan memberikan daya tarik bagi orang-orang untuk membelinya. Mereka nantinya akan merekomendasikan ke orang lain apabila ada yang mencarinya. Rasa yang lezat menjadi salah satu cara promosi secara tidak langsung. Otomatis orang-orang akan memberitahukan Nasi Kuning buatan Anda karena kelezatannya.

Berikan Pelayanan Terbaik

Ide peluang usaha jualan Nasi Kuning yang satu ini wajib kalian terapkan. Jangan sesekali membuat pelanggan kesal karena mereka bisa merekomendasikan tempat Anda kurang nyaman dalam pelayanan. Pelayanan yang baik akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan bisnis Anda. Salah satunya akan mendapatkan pelanggan tetap karena mereka puas dengan pelayanannya.

Seperti halnya dari segi tindakan dan ucapan. Persilahkan pelanggan yang akan membeli untuk duduk sambil menunggu proses penyiapan. Pastikan berikan kata-kata yang sopan dan jangan sampai menyinggung siapapun. Setiap pelanggan memiliki karakter yang berbeda-beda, kalian harus bisa memahaminya supaya bisa mendapatkan hatinya agar puas dengan pelayanan Anda.

Berbagai macam bentuk pelayanan bisa kalian terapkan, akan lebih baik jika menambahkan daya kreatif supaya pelanggan tertarik. Bagi mereka yang pesan online, jangan lupa untuk mengatarnya tepat waktu. Seperti halnya pesan untuk jam 3 sore, kalian harus sampai sebelumnya. Pelayanan seperti ini pastinya akan membuat siapapun senang.

Dengan pelayanan yang baik, orang yang sudah berlangganan di tempat Anda nantinya akan memberitahukan bagaimana kesannya setelah membeli kepada orang lain. Seperti halnya ketika ada orang yang mencari Nasi Kuning, orang yang sudah pernah membelinya akan merekomendasikan tempat Anda. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kalian untuk menerapkan strategi yang satu ini.

Promosi

Melihat jaman sekarang yang semakin canggih, rasanya akan kurang efektif bila tidak memanfaatkannya. Kalian bisa melakukan promosi secara online. Cara ini cukup ampuh untuk menarik perhatian banyak orang agar mau membelinya. Promosi secara online memiliki manfaat yang luar biasa, yakni bisa menjangkau pelanggan lebih luas dalam waktu cepat.

Berbeda dengan promosi secara langsung seperti sebelumnya saat teknologi belum ada. Selain membuang tenaga banyak, kalian bisa rugi karena kehabisan biaya untuk membuat brosur. Saat ini dimudahkan dengan adanya teknologi yang bisa melakukan promosi tanpa harus bertatap muka antara satu sama lain. Namun kalian bisa memperoleh pelanggan banyak.

Bagi yang masih bingung, tips promosi jualan Nasi Kuning agar banyak pembeli bisa dilakukan dengan mudah. Pada intinya, bagaimana caranya supaya usaha Anda bisa diketahui oleh banyak orang. Sehingga, mereka akan tertarik untuk membelinya. Sangat ampuh sekali teknik promosi untuk kalian terapkan di jaman sekarang. Mulailah promosi ke teman, saudara, ataupun kerabat, hingga meluas ke banyak orang.

Alasan Memilih Ide Peluang Usaha Jualan Nasi Kuning

blank

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda keterkaitan mereka dalam menjalankan peluang usaha yang satu ini. Padahal, jualan Nasi Kuning bukan menjadi salah satu bisnis favorit banyak orang. Mereka sudah memiliki rencana sendiri mengapa memilihnya.

Berikut beberapa alasan memilih jualan Nasi Kuning:

  • Meneruskan Usaha Orang Tua

Orang tua siapapun yang berjualan Nasi Kuning biasanya akan diteruskan anaknya. Apalagi jika usahanya sudah maju dan berkembang. Rasanya akan rugi apabila tidak ada yang meneruskannya. Mau tidak mau, anaknya harus menjalankannya.

  • Tidak Perlu Modal Besar

Modal utama dalam berjualan Nasi Kuning yaitu beras dan beberapa bahan lainnya. Cukup dengan budget Rp100 ribu, kalian sudah bisa memulainya. Kecuali bila belum membeli perlengkapan yang dibutuhkan seperti gerobak jualan, mejokom, dan lain sebagainya. Pastinya membutuhkan biaya yang lebih besar untuk membeli perlengkapan.

  • Waktu Fleksibel

Kebanyakan orang-orang berjualan Nasi Kuning di pagi hari. Tanpa membutuhkan waktu yang lama, kalian akan mendapatkan pelanggan dan keuntungan besar. Paling tidak sampai kisaran jam 10.00 WIB usaha Anda sudah selesai dalam berjualan Nasi Kuning.

  • Banyak Peminat

Nasi Kuning merupakan salah satu makanan yang banyak peminatnya. Sebab itulah mengapa orang-orang tertarik menjalankan peluang usaha yang satu ini. Banyaknya orang yang suka makan Nasi Kuning, kalian tidak perlu khawatir keterkaitan pelanggan yang akan datang.

  • Untung Besar

Salah satu alasan yang paling utama yaitu dari segi keuntungan. Jualan Nasi Kuning mampu memberikan keuntungan besar apabila menerapkan strateginya dengan baik. Tanpa adanya keuntungan, orang-orang tidak akan memilih jualan Nasi Kuning.

Itulah ide peluang usaha jualan Nasi Kuning yang menguntungkan. Terapkan dengan benar strateginya mulai dari persiapan modal hingga promosi yang tepat. Setelah berhasil, jangan lupa untuk mengembangkannya agar usaha Anda semakin besar. Sehingga, keuntungan yang didapat akan lebih banyak dari sebelumnya. Pastinya kalian akan sukses sebagai penjual Nasi Kuning.