Keuntungan Bisnis Lapangan Badminton, Serta Tips Suksesnya

Keuntungan Bisnis Lapangan Badminton, Serta Tips Suksesnya

Posted on

Keuntungan bisnis lapangan badminton ternyata cukup menggiurkan. Tingginya ketertarikan masyarakat dengan permainan bulutangkis, bisa Anda jadikan ladang cuan.

Berdasarkan hasil survey dari Skala Survey Indonesia pada Januari 2022, bulutangkis menempati posisi kedua sebagai olahraga paling diminati masyarakat.

Prestasi bulutangkis Indonesia yang terkenal hingga kancah internasional, jadi salah satu alasan olahraga menggunakan raket ini populer.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuka sewa lapangan badminton, cek dulu kenapa harus memulai usahanya, di sini.

Cara Memulai Bisnis Lapangan Badminton

Cara Memulai Bisnis Lapangan Badminton
Cara Memulai Bisnis Lapangan Badminton

Jika kamu tertarik dengan usaha ini, ada beberapa cara yang paling awal yang perlu kamu persiapkan.

Tempat yang Strategis

Cara yang pertama adalah tentukan terlebih dahulu tempat yang strategis untuk dijadikan bisnis lapangan badminton.

Sebagai referensi saja dari penulis, kamu bisa memilih lokasi lapangan yang dekat dengan jalan raya, mudah diakses oleh motor dan mobil, dan juga mudah dicari oleh pelanggan yang ingin bermain badminton.

Siapkan Berbagai Kebutuhan

Sebelum kamu memulai bisnis lapangan badminton, ada beberapa yang perlu kamu persiapkan. Seperti buat rincian yang kemungkinan dibutuhkan, kemudian dari perlengkapan, dan sampai dengan sarana yang ingin kamu berikan kepada pelanggan.

Siapkan perlengkapan dengan kualitas yang terbaik seperti net yang pastinya digunakan setiap saat, lalu shuttlecock, dan lain-lain.

Buat Perizinan

Cara yang terakhir adalah dengan cara membuat perizinan. Mungkin cara ini merupakan cara yang wajib harus kamu lakukan sebelum kamu memulai bisnis lapangan badminton.

Seperti perizinan di lingkungan setempat agar menghindari masalah-masalah yang kemungkinan akan terjadi, lalu perizinan membuka usaha.

Nah kalau bisa, tempat bisnis ini jauh dari pemukiman warga. Karena dikhawatirkan suara dari para pemain mengganggu warga sekitar.

Keuntungan bisnis lapangan badminton

Keuntungan bisnis lapangan badminton
Keuntungan bisnis lapangan badminton

Pengaruh nama besar seperti Greysia Polii, Apriani Rahayu dan senior bulu tangkis Taufik Hidayat turut meningkatkan minat masyarakat terhadap bulutangkis.

Di samping karena pemain, olahraga ini juga terbilang santai dan pas dijadikan olahraga hiburan. Walaupun diminati, nyatanya peminat bulutangkis kerap mengalami kendala.

Paling sering dijumpai adalah tidak adanya lahan luas untuk bermain. Apalagi, jika tinggal di tengah perkotaan dengan bangunan tinggi.

Berangkat dari permasalahan ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Agar tak ragu, berikut 5 alasan mengapa usaha penyewaan lahan sangat menguntungkan.

  1. Jangkauan pasar luas

Menurut hasil dari survey SSI, badminton berada di urutan kedua setelah sepakbola sebagai olahraga populer.

Jelas saja, ini karena olahraga dengan peralatan raket dan cock, bisa dimainkan oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Badminton juga sering dijadikan sebagai kegiatan untuk meningkatkan keakraban mahasiswa baru dengan kakak tingkat di kampus atau atasan dengan bawahan di perusahaan.

Jadi, dengan menyewakan lahan Anda tak perlu pusing menambah pendapatan pasif bulanan. Jangkauan pasar juga luas, orang yang membutuhkan lapangan badminton diantaranya,

  • pencinta olahraga bulutangkis,
  • orang yang gemar berolahraga bersama kerabat,
  • orang yang harus beraktivitas fisik, dan
  • bukan penggemar bulutangkis, tetapi berpeluang menyewa tempat, contohnya orang hajatan.
  1. Bisa dijadikan usaha sampingan

Sewa lapangan badminton dapat dijadikan usaha sampingan karena Anda tak perlu repot mengurus banyak hal dan hanya perlu menunggu permainan selesai untuk closing.

Bandingkan dengan usaha kuliner yang menuntut Anda memproduksi menu setiap hari. Lalu melayani pelanggan yang datang dan merapikan peralatan sesudah restoran tutup.

Tentunya, jika tak punya management waktu yang baik, maka pekerjaan utama bisa terganggu.

Anda bisa membuka usaha sewa tempat bulutangkis di malam hari setelah pulang bekerja atau hanya pada hari tertentu saja, misalnya di Weekend. Sementara, Weekdays bisa digunakan untuk fokus bekerja.

  1. Biaya perawatan cenderung rendah

Budget untuk perawatan lapangan cenderung rendah karena minim risiko kerusakan yang fatal. Peralatan utama yang dibutuhkan pun hanya jaring pembatas, material lantai, dan jala. Sedangkan untuk raket dan cock sendiri biasanya dibawa oleh konsumen.

  1. Peluang membuka usaha lainnya terbuka lebar

Peribahasa sekali merengkuh dayung, tiga dua pulau terlampaui cocok untuk menggambarkan Anda jika membuka usaha sewa tempat olahraga.

Selain menyewakan tempat, Anda juga bisa membuka usaha kuliner. Misalnya mendirikan stand minuman dan makanan di sekitar area untuk penonton yang menunggu.

Baca juga Ide Usaha Cemilan Kekinian Untuk Jualan

Keuntungan makin bertambah jika tempat dipakai untuk turnamen antar sekolah.

  1. Cara mendapatkan income jangka panjang

Modal awal usaha lapangan badminton memang cukup besar seperti membeli lahan permanen lalu membangun hingga memperindah lapangan agar sesuai. Namun, usaha sewa tempat mampu mendatangkan pendapatan pasif jangka panjang.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Lapangan Badminton

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Lapangan Badminton
Tips Sukses Menjalankan Bisnis Lapangan Badminton

Bisnis lapangan badminton memang bisa dikatakan cukup mudah untuk dijalankan, namun ada beberapa tips agar kamu bisa sukses ketika menjalankan usaha ini.

Baca juga Ide Jualan Makanan Pinggir Jalan

Selalu Menjaga Kualitas Layanan

Tips yang pertama adalah usahakan jaga kualitas layanan yang diberikan kepada pengunjung secar alangsung. Seperti memastikan kondisi lapangan badminton, pastikan bahwa lapangan dalam keadaan baik, kemudian fasilitas toilet yang usahakan selalu bersih, lalu memberikan fasilitas ruangan ganti, dan juga tempat parkir yang luas.

Harga Terjangkau

Tips yang kedua adalah berikan tarif sewa lapangan badminton dengan hraga yang masih terjangkau tetapi tidak yang membuat kamu rugi.

Caranya adalah kamu bisa memberikan harga yang berbeda, misalkan ketika siang hari, harganya lebih murah jika dibandingkan dengan harga sewa ketika sore hari dan malam hari.

Berikan Program Membership

Tips yang selanjutnya adala cobalah untuk memberikan program membership. Program ini merupakan salah satu cara agar pelanggan selalu datang kembali untuk bermain di lapangan kamu.

Kemudian kamu bisa memberikan layanan khusus bagi para membership, seperti mendapatkan harga sewa yang lebih murah jika dibandingkan yang tidak membership, lalu layanan bebas parkir, dan juga fasilitas-fasilitas khusus lainnya.

Coba Buatlah Mini Kompetisi

Tips yang selanjutnya adalah cobalah untuk membuat mini kompetisi secara berkala. Tidak ada salahnya jika kamu membuat mini kompetisi. Justru ini termasuk ke dalam salah satu teknik strategi marketing agar bisnis sewa lapangan kamu dikenal banyak orang.

Jalin Kerjasama

Setelah kamu buat mini kompetisi, selanjutnya adalah coba jalin kerjasama dengan berbagai pihak. Mungkin kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan air mineral, atau dengan perusahaan yang memproduksi alat-alat olah raga badminton.

Menyediakan Alat-Alat Badminton

Tips yang terakhir adalah bisa dengan cara menyediakan perlengkapan untuk olah raga badminton. Seperti sepatu, jersey olahraga, shuttlecock, dan yang lainnya.

Penutup

Keuntungan bisnis lapangan badminton cukup menggiurkan, bukan? Anda tak perlu resign dari pekerjaan utama untuk menjalankan usaha sewa tempat olahraga.

Nah itu dia artikel mengenai keuntungan bisnis lapangan badminton yang bisa kamu jadikan referensi. Terima kasih sudah berkunjung di website cara menjadi, semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menentukan bisnis.