COD lewat POS
COD lewat POS

Begini Cara Mengirim Paket COD Via Kantor POS!

Posted on

CARAMENJADI.COM – Paket COD dan belanja online rasanya sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini ya.

Cukup dengan “memijit” layar smartphone, masyarakat bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan tanpa harus belanja keluar rumah.

COD atau Cash On Delivery, dimana konsumen akan membayar barang tersebut dengan uang cash saat barang sudah sampai rumah.

Metode pembayaran COD ini terlepas dari kasus-kasus yang sudah ada, merupakan metode pembayaran yang banyak digunakan apalagi bila pembeli barang tidak mempunyai rekening ataupun uang virtual.

Salah satu ekspedisi yang menyediakan layanan mengirim paket COD adalah POS Indonesia.

POS Indonesia cukup banyak digunakan para penjual barang online karena dapat mengirim paket COD tersebut tanpa harus terhubung dengan marketplace. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di artikel ini.

 

COD lewat POS
COD lewat POS

Mengirim Paket COD Dengan Pos

Sebelum mulai mengirim, penjual harus menginstall dua macam aplikasi yang dipublish oleh Pos Indonesia, yaitu PosAja! dan POSPAY. Kegunaan dua aplikasi tersebut akan dijelaskan seraya kita melihat langkah mengirim paket COD.

1. Install aplikasi POSPAY kemudian lakukan pendaftaran. Aplikasi ini berfungsi seperti rekening yang akan digunakan untuk menampung uang yang penjual terima dari transaksi COD.

2. Aplikasi POSPAY biasanya tidak bisa digunakan apabila penjual belum meng-upgrade akun mereka ke akun reguler. Upgrade akun bisa dilakukan dengan mendatangi kantor Pos terdekat dengan membawa fotokopi KTP penjual.

3. Penjual akan menerima nomor rekening yang akan dihubungkan dengan aplikasi PosAja!. Di tahap ini, penjual baiknya juga mengisi saldo rekening PosAja! guna memudahkan proses pengiriman nantinya.

Jika akun sudah berhasil terhubung, saldo POSPAY akan muncul di dashboard. Jika sudah begitu, maka penjual sudah siap untuk mengirim paket dengan metode pembayaran COD.

4. Pengiriman kemudian dilanjutkan dengan melakukan input data paket melalui aplikasi PosAja! atau melalui situs web https://posaja.posindonesia.co.id/.

5. Jangan lupa untuk mencetak label pengiriman yang menyatakan bahwa paket yang akan dikirim oleh penjual merupakan paket yang dibayar dengan COD.

6. Penjual kemudian mendatangi kantor Pos untuk kemudian diproses lebih lanjut dan dikirim ke alamat penerima.

 

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Via JNE

 

Perhatian Sebelum Mengirim Melalui POS

1. Pastikan penjual mengisi data-data yang berkaitan dengan paket seperti nama dan alamat penerima dengan benar. Sebab jika barang tidak diterima oleh pembeli lalu dikembalikan lagi kepada pengirim paket, pengirim akan dikenakan biaya tambahan.

2. Pastikan juga bahwa Anda sebagai pengirim paket mempunyai saldo yang cukup di aplikasi POSPAY. Ini karena pengirim diharuskan untuk membayar biaya pengiriman terlebih dahulu sebelum paket bisa dikirim. Selain itu perhatikan juga bahwa akan ada biaya admin sebesar 1% dari harga barang yang dikirim.

3. Pada setiap pengiriman paket dengan metode pembayaran COD, pastikan bahwa kode pengirim dan penerima sudah sesuai dengan yang tertera di aplikasi PosAja!, karena kode tersebut akan digunakan untuk mentransfer uang ke rekening di aplikasi POSPAY.

4. Nominal uang yang dimasukkan saat proses input juga jangan sampai salah agar jumlah uang yang masuk ke rekening POSPAY tidak kurang.

5. Normalnya uang akan masuk ke rekening POSPAY dalam kurun waktu 1-2 hari setelah barang diterima dan dibayar pembeli.

 

Itulah dia cara mengirim paket COD melalui POS. Kegiatan kirim-mengirim paket apalagi yang menggunakan metode pembayaran COD memang harus dilakukan dengan teliti agar resiko kerugian seperti uang yang hangus dan barang tidak sampai bisa dikurangi.