Logo Laz
Lazada

Seller Lazada Jangan Lupa Aktifkan COD! Begini Caranya

Posted on

CARAMENJADI.COM – COD pada Lazada menjadi salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh para penggunanya. Kemudahan membayar belanjaan online saat sudah sampai dirumah dengan tunai tanpa harus repot transfer, menjadi salah satu alasan metode pembayaran ini sangatlah populer.

Meski tak bebas dari yang namanya masalah, fitur Cash On Delivery atau Bayar di Tempat ini tidak pernah dihilangkan dari Lazada maupun e-commerce lainnya. Malah, Lazada berbaik hati memihak para pemilik toko dan meningkatkan ‘awareness’ tentang tata cara belanja secara COD.

Logo Lazada
Lazada

Supaya para pembeli bisa melakukan pembelian barang dengan metode pembayaran bayar di tempat, pemilik toko haruslah melakukan aktivasi terlebih dahulu pada toko mereka. Pada artikel kali ini, Kami akan bahas segala hal yang harus Anda ketahui perihal aktivasi Cash On Delivery di Lazada. Silahkan disimak!

 

Mengaktifkan COD Pada Toko Di Lazada

1. Kunjungi Seller Center milik Lazada. Bisa Anda kunjungi melalui browser baik menggunakan HP atau PC di link berikut. sellercenter.lazada.co.id
2. Setelah itu masuk ke akun Lazada Anda. Pastikan akun ini sudah merupakan akun toko ya.
3. Kemudian di halaman Seller Lazada, pilih menu Akun Saya lalu pilih lagi Profil.
4. Setelahnya Anda pilih menu Pengaturan Logistik. Letaknya ada di barisan atas.
5. Nantinya akan tampil layar baru. Disini perhatikan menu Layanan Logistik per Gudang, dibawahnya akan ada pilihan Bayar ditempat. Silahkan Anda centang saja kotak disamping tulisan tersebut.
6. Setelahnya fitur COD sudah aktif pada toko Anda!

 

Simak juga: Aktivasi Cash On Delivery Di Tokopedia Untuk Penjual

 

Nonaktifkan Cash On Delivery

Jika Anda tidak ingin menerima pesanan dengan metode pembayaran bayar di tempat, Anda bisa menonaktifkannya dengan menghilangkan centang pada pilihan ‘Bayar ditempat’. Langkah yang harus dilakukan sama seperti diatas.

 

Pertanyaan Perihal Cash On Delivery di Lazada

1. Syarat Menggunakan COD
Tidak ada syarat tertentu untuk mengaktifkan layanan COD pada toko. Selama toko berada di kawasan yang mendukung layanan COD, semua penjual bisa mengaktifkannya.
2. Jasa Pengiriman Barang COD
Layanan COD tersedia untuk segala pengiriman standar yang meliputi: LEX, Ninja Van, Sicepat, JNE Cashless. COD tidak tersedia untuk pengiriman instan seperti Gojek atau pengiriman mandiri oleh seller/Delivered by Seller/Seller Own Fleet.
3. Batas Harga Barang COD
Barang yang bisa dibeli menggunakan layanan bayar di tempat tidak memiliki batas harga minimum, namun memiliki batas maksimum yaitu harga barang tidak boleh melebihi 5 juta rupiah.
4. Cash On Delivery Aktif Walaupun Tidak Pernah Melakukan Aktivasi
Pernah mendapat pesanan COD meskipun merasa belum pernah melakukan aktivasi layanan bayar di tempat? Tenang saja, yang mengaktifkan layanan COD tersebut adalah Lazada sendiri.
Lazada mengatakan bahwa ini adalah gerakan mereka untuk meningkatkan pendapatan dari penjual.
5. Takut Dengan Pembeli ‘Nakal’
Metode pembayaran Cash On Delivery tidak lepas dari masalah, misalnya adalah pembeli yang tidak mau membayar. Untuk masalah ini, Lazada sudah berusaha mengatasinya dengan senantiasa memantau kegiatan pembeli. Jika terdeteksi ada masalah, maka Lazada akan menghilangkan metode pembayaran Cash On Delivery dari akun pembeli tersebut.
Selain itu, pembeli yang menolak membayar pesanan COD juga tidak akan mempengaruhi tingkat pembatalan pada toko penjual. Jadi penjual tidak perlu khawatir tentang performa toko mereka.
6. Kapan Bayaran Cash On Delivery Sampai Pada Penjual?
Uang dari pembayaran pesanan dengan metode pembayaran bayar di tempat akan diberikan kepada penjual setelah pembeli membayar dan mengkonfirmasi bahwa barang sudah sampai di alamat yang sesuai.

 

Baik itulah dia bahasan tentang pengaktifan fitur COD pada Lazada untuk para penjual serta beberapa pertanyaan tentang metode pembayaran yang satu ini. Setelah mengetahui ini, konfirmasi bahwa lokasi Anda cocok dan segera aktifkan layanan COD agar pendapatan toko Anda semakin meningkat!