Tips Bisnis Jualan Bakso yang Menguntungkan

Tips Bisnis Jualan Bakso yang Menguntungkan

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut tips bisnis jualan bakso yang menguntungkan. Bakso merupakan salah satu makanan favorit banyak orang, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Terdapat rasa yang khas dari bakso, sehingga orang-orang ingin sekali menyantapnya. Apalagi saat dalam keadaan lapar, maka perut kalian akan kenyang bilamana sudah menyantap makanan yang satu ini.

Pada umumnya, terdapat dua macam jenis bakso yaitu bakso ayam dan bakso sapi. Kedua bahan tersebut menjadi bahan utama untuk membuat bakso. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri untuk rasa yang dihasilkan. Setiap orang juga memiliki selera tersendiri terkait bakso yang ingin mereka makan. Untuk harganya, bakso sapi lebih mahal daripada bakso ayam.

Sebagai salah satu makanan favorit banyak orang, akan sangat efektif bilamana kalian memanfaatkannya dengan baik. Cobalah untuk membuka peluang usaha sebagai penjual bakso, keuntungan besar bisa kalian peroleh apabila bisa memanfaatkannya. Sudah banyak dari mereka yang tertarik untuk menjalankan bisnis yang satu ini, kalian bisa mencobanya.

Banyaknya masyarakat Indonesia yang suka makan bakso menjadikan kalian memiliki potensi besar bila membuka bisnis yang satu ini. Hampir seluruh usia dan kalangan menyukai makanan tersebut. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan penghasilan melalui usaha yang satu ini. Namun ada beberapa hal penting yang harus kalian ketahui sebelum menjalankannya.

Tips Bisnis Jualan Bakso yang Menguntungkan

Bisnis jualan bakso juga membutuhkan strategi yang matang. Tidak asal menjualnya saja, nantinya kalian akan mendapatkan banyak pelanggan. Untuk yang ingin mencoba bisnis jualan bakso, berikut beberapa tips yang bisa kalian terapkan:

Tips Bisnis Jualan Bakso yang Menguntungkan

Persiapan Modal

Langka pertama yang harus kalian persiapkan adalah modal. Berbeda jika kalian jualan bakso milik usaha orang lain, kalian tidak perlu modal sama sekali. Namun jika ingin membuka usaha sendiri, modal sangat diperlukan untuk bisa membangun usaha tersebut. Mulailah dari usaha kecil terlebih dahulu jika belum memiliki modal yang mencukupi.

Kalian bisa mempersiapkan budget untuk membeli gerobak, panci, tempat bakso, dan perlengkapan lainnya. Untuk bahan-bahan membuat bakso paling tidak membutuhkan budget di bawah Rp1 juta. Dari sini kalian juga harus memperhitungkan apakah dengan modal tersebut bisa mendapatkan keuntungan lebih atau tidak. Kalian harus bisa menentukan berapa harga bakso yang akan di jual.

Jika belum memiliki modal yang cukup, cobalah untuk bergabung dengan agen jualan bakso terlebih dahulu. Kumpulkan hasilnya dan cari tahu mengenai resep ataupun cara membuatnya. Pada intinya, kalian tidak hanya mencari keuntungan saja, namun juga ilmu dari jualan bakso supaya kalian bisa menirunya. Suatu saat akan terinspirasi dan kalian bisa membuka usaha sendiri bilamana modal sudah terkumpul.

Tempat Strategis

Percuma jika kalian membuka peluang usaha yang satu ini tanpa memikirkan tempat. Lokasi yang strategis akan berpengaruh terhadap penjualan Anda. Semakin efektif tempatnya, maka untuk mendapatkan pelanggan sangatlah mudah. Dari segi tempat, kalian bisa menentukannya sesuai keinginan, baik membuat tempat yang sudah stay ataupun datang ke suatu tempat jika berjualan menggunakan gerobak.

Adapun cara memilih tempat yang strategis untuk jualan bakso. Dengan memilih tempat yang strategis, pastinya bisnis kalian akan berjalan dengan lancar. Baik pelanggan baru ataupun yang sudah lama akan membuat daganganmu semakin laris bilamana memilih tempat yang efektif. Lokasi yang strategis pastinya harus ramai dan sering dilalui oleh orang-orang.

Tempat yang strategis juga memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Kalian juga harus bisa mendesain tempat semenarik mungkin agar orang-orang betah untuk membeli di tempat Anda. Semakin nyaman orang yang datang ke tempat kalian, maka mereka tidak akan sungkan bilamana suatu saat datang kembali untuk membelinya. Ini menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Memasang Harga yang Kompetitif

Tips bisnis jualan bakso yang menguntungkan selanjutnya adalah memasang harga yang kompetitif. Dalam hal ini, harga yang harus kalian patok bukan berarti terlalu mahal ataupun murah. Namun menyesuaikan dengan kondisi tempat kalian menjualnya.

Seperti halnya jika berjualan di sekitar sekolahan, pastinya kalangan pelajar kebanyakan tidak membawa uang yang banyak. Oleh sebab itu, kalian harus menjualnya dengan harga yang standar sesuai keuangan siswa. Namun kalian juga harus memperhitungkan keuntungannya bilamana menjual dengan harga tersebut. Seperti halnya Rp5000 untuk per porsinya dengan takaran umum sesuai harga.

Hal ini sangat penting untuk kalian perhatikan karena akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan. Seringkali orang-orang beranggapan dan membandingkan antara penjual satu dengan lainnya. Buatlah harga yang kiranya tidak jauh berbeda. Pastikan kalian memperoleh keuntungan dari harga yang sudah kalian pasang. Sesuai dengan tujuannya, penjual pastinya mendapatkan keuntungan.

Tentukan Target Pelanggan

Sebagai penjual bakso, jangan asal-asalan dalam menjualnya. Kalian juga harus memperhatikan berapa jumlah bakso yang terjual hari ini, esok dan seterusnya. Kedepannya harus semakin bertambah jika ingin mendapatkan banyak keuntungan. Seperti halnya hari ini habis 100 porsi, maka kalian harus memiliki target untuk melebihinya di kemudian hari.

Cara mendapatkan banyak pelanggan dari jualan bakso bisa kalian lakukan dengan mudah. Mereka yang sudah tertarik dengan bakso yang kalian buat tentu akan datang kembali suatu saat. Dari sini kalian akan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak kedepannya. Dan yang paling penting untuk kalian lakukan adalah konsistensi supaya pelanggan tidak pergi.

Membuat Bakso yang Lezat dan Khas

Bagaimana cara membuat bakso yang lezat untuk dijual? Ada kelebihan tersendiri yang bisa kalian dapatkan apabila mampu membuat bakso yang lezat dan khas. Kelezatan mungkin sudah umum dari makanan yang satu ini, hampir kebanyakan bakso memiliki cita rasa yang lezat di setiap penjual. Baik yang ukurannya kecil ataupun besar, kalian harus membuatnya selezat mungkin.

Akan tetapi, hal menarik lainnya yang harus kalian perhatikan adalah cita rasanya yang khas. Buatlah bakso yang menjadi ciri khas tersendiri dari bisnis yang kalian jual. Dengan begitu, orang-orang akan penasaran dan ingin membelinya.

Ada banyak sekali jenis bakso yang memiliki ciri khas seperti bakso mercon, bakso urat, bakso tetelan, dan lain sebagainya. Dengan adanya ciri khas tersebut, orang-orang biasanya akan mencari bakso yang lebih spesifik seperti bakso mercon. Seperti yang kalian ketahui, bakso mercon memiliki ciri khas dari sambalnya yang pedas dan rasanya yang lezat. Maka dari itu, kalian harus memikirkan hal ini agar bisa menarik perhatian banyak orang untuk membelinya.

Pelayanan yang Unik dan Menarik

Gaya khas dari seorang penjual juga berpengaruh terhadap pembeli. Terkadang ada yang merasa malas untuk membelinya karena penjualnya tidak menyenangkan. Namun ada juga yang tertarik dengan penjual yang suka berbicara dengan pelanggannya. Mereka tahu apa yang di inginkan oleh pelanggan dan ini menjadi salah satu nilai tambahan untuk menarik perhatian pelanggan.

Akan lebih efektif jika kalian berkenalan dengan mereka yang membeli. Semakin akrab biasanya akan membuat pembeli menjadi langganan setia. Mereka pastinya tidak sungkan-sungkan untuk membeli kembali ke tempat Anda entah karena ingin baksonya ataupun ingin mengobrol. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan paket kumplit bila membeli bakso ke tempat Anda.

Membuka Cabang

Apabila keuntungan yang sudah kalian dapatkan banyak, maka mulailah untuk membuka cabang. Pastinya orang-orang tidak ingin mengantri bilamana di tempat utama sudah banyak pembelinya. Kalian bisa memudahkannya dengan cara membuka cabang baru. Sehingga, mereka yang ingin membeli bakso Anda bisa datang ke cabang lain yang tidak perlu menunggu lama untuk membelinya.

Untuk membuka cabang juga membutuhkan modal yang besar. Pastikan kalian sudah mendapatkan keuntungan yang lebih agar bisa membuka tempat baru. Dengan membuka cabang, kalian juga harus menggaji karyawan yang akan memberikan pelayanan. Kalian harus bisa mengatur strateginya sendiri agar bisa menjalankan usahanya secara efektif.

Mengapa Memilih Jualan Bakso?

Tips Bisnis Jualan Bakso yang Menguntungkan

Tips jualan bakso yang menguntungkan bisa kalian ikuti agar bisa menerapkannya. Siapapun bisa mencobanya untuk menjalankan bisnis yang satu ini agar memperoleh keuntungan besar. Banyak dari mereka yang sudah membuktikan keberhasilannya dengan berjualan bakso. Selama kalian bisa menerapkannya dengan baik, maka untuk mendapatkan keuntungan sangatlah mudah.

Orang-orang yang memilih jualan bakso juga memiliki alasan tersendiri di antaranya:

  • Ikut Keluarga

Mereka yang berasal dari keluarga penjual bakso tidak menutup kemungkinan ingin menyambungnya. Dalam hal ini berarti kalian tinggal meneruskan bisnis orang tua dalam berjualan bakso. Daripada menjalankan bisnis yang belum pasti, mereka tentu akan lebih memilih mengembangkan bisnis keluarganya. Dengan begitu, mereka sudah pasti mendapatkan penghasilan dari jualan bakso.

  • Hobi

Ada yang hobi di bidang masakan, salah satunya bakso. Mungkin kalian yang suka hobi makan bakso juga terinspirasi untuk membuat usaha sendiri dengan berjualan bakso. Dari sinilah orang-orang yang berhasil di luar sana tidak menutup kemungkinan bisa menjalankan peluang usaha yang satu ini karena hobinya. Berawal dari suka makan bakso, lama kelamaan bisa membuka bisnis tersebut.

  • Terinspirasi dari Orang Lain

Orang yang sudah sukses dari jualan bakso bisa menjadi salah satu inspirasi bagi siapapun. Apalagi jika orang tersebut kalian kenal dan mau berbagi ilmu. Pastinya kalian akan mendapatkan ilmu untuk menjalankan bisnis jualan bakso sampai berhasil. Dengan begitu, tidak akan ragu untuk memulainya karena sudah ada mentor yang bisa membantu kalian untuk menjalankan bisnis tersebut.

KESIMPULAN

Setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka tertarik untuk jualan bakso. Padahal ada banyak sekali peluang usaha di luar sana yang bisa kalian jalankan. Bisnis apapun yang bisa kalian jalankan, maka jangan ragu untuk memulainya.

Jika masih bingung, ada banyak sekali tips bisnis jualan bakso yang menguntungkan untuk bisa kalian terapkan. Kalian bisa belajar melalui internet, YouTube, orang lain, dan lain sebagainya. Yang terpenting kalian harus berani untuk memulainya dan mengambil resiko apapun yang terjadi terhadap bisnis yang kalian jalankan.

Mulai dari persiapan modal, pembuatan bakso, hingga membuka cabang bisa kalian terapkan. Keuntungan besar bisa kalian peroleh apabila mampu menjalankannya dengan baik. Terapkan strategi yang efektif dengan konsistensi yang tinggi. Tidak menutup kemungkinan apa yang kalian usahakan akan berbuah manis di masa mendatang.