tips bisnis rental motor

Tips Bisnis Rental Motor Beserta Modalnya Terbaru 2022

Posted on

Tips Bisnis Rental Motor Beserta Modalnya Terbaru 2022 – Bisnis sewa motor menjadi salah satu pilihan, khususnya untuk Anda yang memiliki hobi serupa. Layanan ini memang banyak dibutuhkan, apalagi jika lokasi bisnisnya berada di kota besar atau dekat dengan pariwisata. Namun, ada banyak hal yang harus Anda siapkan karena bisnis ini memiliki resiko yang besar.

Dibalik resikonya yang besar, ada potenti yang bisa Anda gali. Dibandingkan dengan bisnis makanan atau minuman, bisnis rental motor memang masih terbilang jarang. Karena mungkin modal yang harus dikeluarkan besar, sehingga tidak banyak orang yang tertarik. Anda bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk membuka bisnis rental motor.

tips bisnis rental motor

Tips Bisnis Rental Motor Agar Mengutungkan

Berikut ini beberapa tips bisnis rental motor yang bisa Anda aplikasikan saat menjalankan bisnis tersebut.

Menilai potensi risiko

Risiko fisik yang terlibat dalam bisnis sewa motor lebih tinggi daripada layanan persewaan lainnya. Kerusakan fisik yang dapat ditimbulkannya pada motor dan pengendara dalam situasi tak terduga tertentu membuatnya berisiko.

Penting bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk menyusun kontrak yang sesuai. Langkah ini akan membantu melindungi melindungi bisnis Anda jika terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Selain itu, risiko lain yang bakal ditimbulkan bisa berupa kehilangan motor. Banyak oknum penyewa yang justru tidak mengembalikan motor setelah masa sewa berakhir. Hal ini akan sangat merugikan nantinya.

Pemilihan Lokasi

Sangat penting dalam bisnis sewa motor mengenai pemilihan lokasi. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda. Jika memilih lokasi yang ramai, dekat area wisata, ini akan memberikan peluang untuk bisnis Anda. Pastikan lokasinya memang mudah dijangkau, sehingga pelanggan akan mudah ketika membutuhkan layanan ini.

Sesuaikan Jenis Motor

Saat ini, kebanyakan layanan sewa motor mengunakan motor jenis matic. Bukan tanpa alasan, jenis motor ini memang sangat mudah digunakan. Sehingga pelanggan akan lebih mudah dan nyaman saat menggunakan motor sewaannya. Namun Anda juga bisa membuat konsep bisnis sewa motor lain, dengan menyediakan jenis motor lainnya. Ini akan membuat pelanggan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Perhatikan Kesehatan Motor Dan Keamanan

Bagian penting dari kesuksesan bisnis adalah memastikan motor Anda terpelihara dengan baik. Anda harus rutin mengecek kondisi motor agar tidak mengalami kerusakan yang parah. Saat sedang disewa, Anda tidak tahu bagaimana kondisi motor, apa saja yang dialaminya dijalanan. Terkadang, penyewa juga tidak memberikan informasi jika terjadi masalah pada motor.

Untuk alasan keamanan, Anda bisa memberikan GPS untuk setiap motor yang disewa. Dengan begitu, Anda akan mengetahui lokasi terkini dari motor. Dengan begitu, tidak perlu khawatir lagi saat pelanggan menyewa motor dengan durasi yang lama.

Berikan Asuransi Motor

Asuransi ini penting untuk memberikan keamanan bagi motor. Terkadang, kejadian yang tidak diinginkan terjadi yang membuat motor mengalami kerusakan. Inilah pentingnya memiliki asuransi yang akan menanggung baiaya perawatannya. Namun Anda harus menyiapkan anggaran khusus untuk pembayaran asuransi.

Modal Bisnis Sewa Motor

Modal bisnis sewa motor bisa mencapai Rp. 200.000.000 an. Angkanya akan semakin besar jika Anda ingin memiliki motor yang lebih banyak. Modal tersebut nantinya bisa digunakan untuk menyewa tempat, melakukan promosi, membayar asuransi dan operasional bulanan.

Demikian informasi mengenai tips bisnis rental motor beserta modalnya. Anda bisa membuka bisnis ini sekarang juga karena memang potensinya sangat besar.