Tips Budidaya Ikan Cupang dari Kecil Hingga Besar

Tips Budidaya Ikan Cupang dari Kecil Hingga Besar

Posted on

CARAMENJADI.COM – Tips budidaya ikan Cupang dari kecil hingga besar bisa kalian lakukan dengan mudah. Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari genus Betta, yakni terbagi menjadi tiga golong yaitu ikan Cupang hias, ikan Cupang aduan, dan ikan Cupang liar. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

Melihat banyaknya orang yang suka dengan ikan Cupang, banyak dari mereka yang memanfaatkannya sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Dengan berjualan ikan Cupang, kalian bisa mendapatkan keuntungan besar nantinya. Namun harus bisa menerapkan strateginya dengan baik, salah satunya dalam membudidayakan ikan Cupang dari kecil hingga besar.

Tips Budidaya Ikan Cupang dari Kecil Hingga Besar

Tips Budidaya Ikan Cupang dari Kecil Hingga Besar

Beberapa cara membudidayakan ikan Cupang bisa kalian ikuti sebagai berikut:

Siapkan Rumah untuk Ikan Cupang

Ikan Cupang membutuhkan rumah sebagai tempat menghuninya. Kalian bisa menggunakan aquarium, botol, ataupun material lainnya. Karena untuk budidaya, maka rumah yang harus kalian persiapkan sebaiknya berukuran besar.

Aquarium menjadi salah satu tempat yang paling rekomended untuk kalian gunakan. Untuk ukurannya, sesuaikan dengan jumlah ikan Cupang yang akan kalian pelihara. Dengan pemilihan tempat yang efektif akan memudahkan kalian untuk mengurusnya.

Siapkan Perlengkapan

Tidak hanya tempat untuk ikan Cupang saja, namun ada juga beberapa peralatan yang harus kalian siapkan. Beberapa perlengkapan yang bisa kalian gunakan seperti pembuat gelembung, daund almond india, plastik wrap lumut air, pompa, dan lain sebagainya. Setiap peralatan memiliki fungsinya masing-masing, gunakan perlengkapan tersebut sesuai kebutuhan.

Siapkan Indukan Ikan Cupang

Tips budidaya ikan Cupang dari kecil hingga besar harus memulainya dari indukan terlebih dahulu. Pastikan kalian memiliki sepasang ikan Cupang yang akan menetas. Nantinya ikan Cupang tersebut akan mengeluarkan telur hingga menjadi anakan ikan Cupang.

Untuk mendapatkan indukan Cupang, kalian bisa membelinya di tempat pemeliharaan Cupang. Pilih jenis ikan Cupang sesuai keinginan. Setiap indukan memiliki nilai harga yang berbeda-beda, jika baru memulainya, sebaiknya pilih ikan Cupang yang murahan terlebih dahulu. Apabila sudah mahir, kalian bisa mencoba berbagai macam jenis ikan Cupang yang akan dibudidayakan.

Pisah Ikan Cupang

Kalian harus memisahkan antara ikan cupang yang masih kecil hingga besar. Setiap ukuran ikan Cupang akan berpengaruh terhadap perkembangbiakan. Selain itu, pisah juga antara ikan Cupang betina dengan jantan untuk mengetahui perbedaannya. Jika ada orang yang mencarinya, kalian tidak akan bingung untuk mengecek jenis ikan Cupang tersebut.

Pantau Sarang Ikan Cupang

Sarang ikan Cupang akan kotor dalam kurun waktu yang lama. Oleh karena itu, kalian harus rutin memantaunya agar kondisi air tetap jernih. Apabila kondisi sudah kotor, maka kalian bisa memulai untuk membersihkannya supaya kesehatan ikan Cupang tetap terjaga.

Selain itu, apabila ada ikan Cupang yang mati, sebaiknya buang saja. Ganti air tersebut supaya tidak berpengaruh terhadap ikan lainnya. Seringkali ada satu saja ikan Cupang yang mati dapat menimbulkan terhadap ikan Cupang lainnya. Sehingga, hasil ikan Cupang yang kalian budidayakan memiliki kekurangan. Baik itu dari segi tampilan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Tips Budidaya Ikan Cupang dari Kecil Hingga Besar

Itulah tips budidaya ikan Cupang dari kecil hingga besar. Membudidayakan ikan Cupang tidak semudah yang kalian bayangkan. Akan tetapi, kalian bisa mencobanya untuk menghasilkan ikan Cupang berkualitas unggul. Setelah berhasil, jual ikan Cupang tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Banyak dari mereka yang sudah membuktikannya dengan berbisnis jualan ikan Cupang.