Tips Membuka Usaha Vape

Tips Membuka Usaha Vape Store Untung Besar

Posted on

Tips Membuka Usaha Vape Store Untung Besar РDalam beberapa waktu terakhir, trend vape terus mengalami peningkatan. Tak sedikit yang awalnya perokok, kini beralih menggunakan vape. Hal ini berdampak langsung ke penjualan dari peralatan vape hingga liquidnya.  Peminat vape yang terus meningkat membuka peluang usaha vape store semakin terbuka.

Terbukti dengan munculnya store-store vape yang tersebar di berbagai daerah. Pengguna vape dikenal cukup loyal, sehingga tidak sulit untuk membuat mereka melakukan pembelian kembali di store kita. Salah satu hal yang terpenting adalah bagaimana membuat mereka nyaman saat berbelanja. Ini akan sangat mempengaruhi loyalitas mereka dalam menggunakan produk-prodik yang ada di store kita.

Tips Membuka Usaha Vape

Tips Membuka Usaha Vape Store Untung Besar

Sebelum membuka usaha ini, ketahui terlebih dahulu beberapa tips usaha vape store agar menghasilkan keuntungan yang besar.

Melakukan Analisa Kompetitor

Salah satu hal yang harus dilakukan sebelum membuka usaha vape store adalah melakukan analisa kompetitor. Tujuan dari analisa ini untuk mengetahui seberapa kuat kompetitor dalam menguasai pasar. Caranya bisa dengan mencoba membeli produk di store kompetitor, dan mencari tahu bagaimana mereka menjual produk. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui apa saja kelemahan dari kompetitor sehingga bisa memperbaiki sektor tersebut di store kita.

Melakukan Analisa Pasar

Analisa pasar ini bisa dilakukan bebarengan dengan analisa kompetitor. Tujuannya jelas untuk mengetahui minat dari produk vape di masyarakat sekitar. Proses ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menentukan lokasi untuk membuka store vape. Jika  minat masyarakat tinggi terhadap produk vape, maka sudah sangat cocok untuk berjualan. Dengan melakukan analisa pasar, akan membantu Anda dalam menentukan harga, cara promosi hingga bagaimana melayani pembeli.

Menyiapkan Modal yang Cukup

Modal untuk membuka store vape bisa dibilang tidak sedikit. Nantinya, Anda perlu menyewa kios dan membeli berbagai peralatan penunjang penjualan seperti mesin kasir, etalase kaca dan sebagainya. Modal tersebut juga digunakan untuk membeli stok kebutuhan vape seperti liquid, mod, coil, baterai, vape pod dan yang lainnya. Usaha ini memang membutuhkan modal yang banyak, namun akan sebanding dengan keuntungannya. Apalagi dengan loyalitas pembeli vape, mereka mungkin akan sering mengunjungi store Anda untuk membeli produk kembali.

Memilih Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi yang akan menjadi tempat berjualan sangat mempengaruhi penjualan. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan area yang sering dilalui anak muda. Karena target pasar utama dari produk vape ini tentunya mereka-mereka yang masih berusia muda. Tapi yang harus menjadi perhatian yakni, hindari memilih lokasi yang berdekatan dengan vape store terdekat. Hal itu akan membuat persaingan yang cukup berat, apalagi store Anda yang masih tergolong baru.

Menyeleksi Calon Karyawan

Apakah karyawan berpengaruh terhadap perkembangan store vape Anda ? Tentu saja berpengaruh. Mereka adalah ujung tombak dalam penjualan produk vape nantinya. Jika mereka mampu menjalankan perannya dengan baik, ini akan membantu untuk meningkatkan penjualan. Akan lebih baik jika memilih karyawan yang memang juga pengguna vape. Sehingga koneksi antara karyawan dan calon pembeli dapat terbangun.

Jika memilih karyawan yang juga pengguna vape, tentunya mereka juga akan menjadi pembeli di store Anda. Akan tetapi bukan ini yang menjadi target utama. Karyawan tetap harus bisa menjual produk kepada pembeli dengan jumlah yang banyak.

Menyediakan Produk yang Beragam

Untuk keperluan vape, ada beberapa produk yang dibutuhkan. Mulai dari liquid, mod, rda, coil, kapas, baterai, vape pod dan sebagainya. Agar pembeli mudah dalam memenuhi kebutuhan vape mereka, sediakan produk yang beragam. Jika memungkinkan, sediakan produk-produk yang berasal dari brand terkenal. Meski harganya lebih tinggi, namun Anda bisa mematok keuntungan yang lumayan dari produk ini.

Pastikan karyawan yang bekerja memiliki pengetahuan yang baik mengenai produk yang dijual. Sehingga mereka mampu menjelaskan dengan baik kepada pembeli. Hal ini akan membuat pembeli merasa lebih nyaman dan tentunya betah berbelanja di store Anda.

Buat Manajemen Inventory yang Baik

Saat ini untuk melakukan manajemen inventory sudah sangat mudah. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi khusus inventory yang juga bisa difungsikan sebagai mesin kasir. Tujuan dari penggunaan sistem ini yakni untuk memudahkan Anda dalam mengelola stok produk. Dengan begitu akan diketahui produk apa saja yang laris di pasaran dan produk yang kurang laku. Dari data tersebut bisa dibuat evaluasi agar penjualan mengalami peningkatan.

Dengan adanya sistem inventory juga bisa untuk mengantisipasi karyawan yang tidak bertanggung jawab. Sistem ini akan membantu Anda dalam mengetahui penjualan, stok dengan data yang akurat. Sehingga tidak akan timbul kerugian yang terjadi karena kesalahan karyawan.

Buat Sosial Media

Sosial media sangat penting karena begitu dekat dengan Anak muda. Dengan sosial media ini juga akan membantu Anda dalam mengenalkan produk terbaru yang dijual di store. Anda bisa menggunakan beberapa sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok hingga YouTube. Manfaatkan karyawan untuk membuat konten video promosi nantinya.

Dengan adanya sosial media ini juga akan membantu dalam melakukan penjualan. Tak sedikit pembeli yang memilih untuk transaksi online. Adanya sosial media akan membantu Anda dalam menjangkau pembeli dari berbagai daerah.

Promosi Setiap Hari

Untuk promosi bisa juga dilakukan melalui sosial media. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan karyawan untuk membuat konten setiap hari. Konten bisa berupa video ataupun desain grafis yang kemudian diunggah ke media sosial. Penting untuk memilih karyawan yang memiliki jiwa kreatif. Karena nantinya Anda tidak perlu memberikan pelatihan khusus bagaimana membuat konten yang baik.

Lakukan promosi secara masif, seperti di grup-grup Facebook, forum dan sebagainya. Semakin sering melakukan promosi, store Anda akan semakin terkenal. Jika memungkinkan, Anda bisa menyediakan tim khusus yang menangani bagian promosi.

Berikan Bonus Kepada Pembeli

Bonus merupakan salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pembeli. Disisi lain Anda harus mendapatkan keuntungan, loyalitas dari pembeli juga harus diperhatikan. Anda bisa memberikan opsi bonus untuk pembelian tertentu kepada pembeli. Namun yang terpenting, Anda tetap mendapatkan keuntungan meskipun harus memberikan bonus. Hal ini membutuhkan perhitungan yang baik agar nantinya Anda tidak mengalami kerugian.

Biasanya, pembeli akan menargetkan bonus tertentu meskipun mereka harus membeli produk dengan jumlah yang banyak. Anda juga bisa memberikan bonus untuk pembelian di hari-hari tertentu saja.

Bagaimana, menarik banget kan usaha vape store ? Anda bisa menjadikan usaha ini sebagai bisnis utama atau sampingan. Jika sebagai bisnis utama, Anda bisa terjun langsung dalam penjualan. Namun jika dijadikan sampingan, Anda bisa merekrut karyawan yang kompeten untuk mengurus store Anda. Kedepannya, usaha vape store memiliki potensi yang bagus. Hal ini karena pengguna vape yang semakin banyak dan terus bertambah.