tips memulai bisnis rongsokan

Tips Memulai Bisnis Rongsokan Khusus Untuk Pemula

Posted on

Tips Memulai Bisnis Rongsokan Khusus Untuk Pemula – Mungkin banyak yang meremehkan bisnis rongsokan karena dianggap kotor bahkan menjijikan. Akan tetapi, dibalik itu semua terselip potensi keuntungan yang begitu besar. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa bisnis rongsokan ini mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Mereka bisa menghasilkan keuntungan mencapai jutaan rupiah setiap bulannya.

Bisnis rongsokan memang memiliki tantangannya tersendiri. Mulai dari mencari penyetor rongsok, izin usaha rongsokan dan sebagainya. Namun hal itu bukan berarti sulit untuk dilakukan, Anda bisa memulai bisnis rongsokan mudah. Tentunya, Anda harus belajar usaha rongsokan tanpa modal terlebih dahulu. Sehingga bisa memahami seluk beluknya.

tips memulai bisnis rongsokan

Tips Memulai Bisnis Rongsok Khusus Untuk Pemula

Jika Anda tertarik utuk memulai bisnis rongsokan, beberapa tips ini akan membantu untuk melancarkan bisnis.

Pilih Lokasi Strategis

Setelah Anda menyiapkan modal yang cukup, Anda bisa memilih lokasi untuk penampungan barang rongsokan. Sangat disarankan untuk memilih lokasi yang aksesnya mudah baik untuk motor, mobil maupun truk. Biasanya, banyak pemulung yang menyetorkan barang rongsokannya menggunakan sepeda motor maupun mobil. Sementara untuk truk, biasanya digunakan pada saat pengiriman ke pemesan rongsok.

Selain aksesnya yang mudah, lokasinya juga harus luas. Sehingga bisa menampung lebih banyak barang rongsokan. Jadi Anda tidak kebingungan ketika banyak pemulung yang menyetor secara bersamaan.

Lakukan Sortir Dengan Baik

Terkadang, barang rongsokan dari pemulung tidak tersortir dengan baik. Ini menjadi tugas karyawan Anda untuk melakukan sortir sesuai dengan ketentuan yang ada. Dengan melakukan sortir, maka akan lebih mudah dalam pengelompokan barang. Mitra juga akan lebih senang ketika barang rongsokannya sudah tersortir dengan baik. Harga jualnya juga akan meningkat nantinya.

Cari Mitra

Mitra sangat berpengaruh terhadap bisnis rongsokan Anda. Untuk mitra ini terdiri dari dua jenis yakni mitra yang menyetor barang rongsokan dan mitra yang membeli barang rongsokan Anda. Mitra yang menyetor contohnya pemulung, sementara mitra yang membeli contohnya seperti perusahaan daur ulang dan sebagainya. Untuk mitra yang menyetor barang ini, Anda bisa menentukan harga barang rongsokannya. Pastikan harganya lebih murah dibandingkan ketika Anda menjual ke mitra yang membeli.

Pekerjaan Karyawan yang Mau Bekerja Keras

Dalam menjalankan bisnis barang rongsokan ini, Anda tidak bisa bekerja sendiri. Sangat disarankan untuk mempekerjakan kayawan. Tapi pastikan bahwa mereka mau untuk bekerja keras, karena nantinya pasti harus mengangkat barang-barang yang berat. Agar mereka semangat, Anda harus membuat karyawan nyaman dengan memberikan gaji yang cukup, dan tentunya fasilitas lain seperti makan siang dan sebagainya.

Pahami Harga Produknya

Sebagai pemilik bisnis barang rongsokan, Anda harus paham dengan harga beli maupun jualnya. Anda harus bisa menentukan sendiri berapa harga ketika membeli barang ke pemulung dan harga jual ke mitra. Ada berbagai jenis barang rongsokan, seperti besi, aluminium, baja, kaca, botol plastik dan masih banyak lagi. Setiap produknya memiliki beli dan jual yang berbeda-beda. Dan Anda harus paham dengan harganya, sehingga tidak mengalami kerugian nantinya.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha rongsokan ini, Anda harus belajar terlebih dahulu. Bisa dengan mengunjungi usaha barang rongsokan orang lain, untuk belajar dan sebagainya.

Demikian informasi mengenai tips memulai usaha barang rongsokan untuk pemula. Anda bisa menerapkan tips ini jika ingin membuka usaha barang rongsokan. Potensinya masih sangat bagus, sehingga Anda harus mencobanya.