Cara Menjadi Agen Pakan Ternak

Posted on

Cara menjadi agen pakan ternak – Bisnis pakan ternak merupakan salah satu usaha yang bisa menguntungkan bagi anda yang terjun di dunia bisnis pertenakan ini. Hal ini tentunya bisa menjadi sebuah peluang yang cukup bagus bagi anda yang memang ingin terjun ke dunia agen pakan ternak untuk memenuhi kebutuhan para peternak.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwasannya usaha pakan ternak ini bisa kamu termui di berbagai daerah bai itu di desa maupun di kota-kota besar.

Alasan utama yang paling mendasari dari banyaknya pelaku yasng sudah terjun ke bisnis pakan ini yaitu karena boomingnya kembali usaha peternakan, seperti misalnya burung, kambing, sapi, dan lain-lain.

Jika anda ingin membuka usaha pakan untuk hewan ternak, terlebih lagi jika ingin menjadi seorang agen pakan ternak maka kamu harus bisa menyediakan berbagai jenis pakan hewan ternak. Semakin banyak jenis pakan yang kamu sediakan, maka akan makin laris juga pembeli.

Hal yang paling utama yang harus kamu perhatikan dalam menjalankan usaha pakan untuk hewan ternak adalah dari pemilihan lokasi yang tepat serta mudah diakses oleh calon customer anda. Nah selanjutnya hal yang perlu kamu perhatikan lainnya adalah jika anda memang ingin menjalankan usaha menjadi seorang agen pakan ternak, maka kamu harus bisa memilih distributor yang memang bisa diajak saling bekerja sama, sehingga bisa memberikan harga yang terbaik.

Untuk itu, sebelum kamu memang ingin menjalankan usaha pakan bagi hewan ternak, maka ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Berikut cara menjadi agen pakan ternak yang sudah dirangkum oleh cara menjadi.

Cara Menjadi Agen Pakan Ternak

cara menjadi agen pakan ternak
cara menjadi agen pakan ternak

Ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membuka usaha ini.

Riset pasar

Cara menjadi agen yang pertama adalah anda harus melakukan riset pasar dulu. Tujuannya adalah agar anda mengetahui kira-kira yang sedang dibutuhkan di masyarakat apa aja.

Sehingga anda belanja kepada distributor pakan-pakan yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

Jalin kerjasama dengan distributor

Cara yang selanjutnya adalah mulai jalin kerjasama dengan distributor. Tujuannya adalah agar anda bisa mendapatkan stok barang kepada distributor dan mendapatkan harga yang lebih murah.

Jika anda mendapatkan harga yang lebih murah dari seorang distributor, maka anda akan mendapatkan laba yang lebih besar.

Baca juga Cara Menjadi Agen Belfoods

Rencanakan lokasi penjualan

Seperti yang sudah di singgung di awal artikel, bahwa lokasi penjualan merupakan salah satu faktor utama. Semakin strategis maka semakin banyak calon customer yang datang pula.

Sehingga sebelum anda menjalankan usaha ini, anda perhatikan terlebih dahulu dari segi lokasi. Kalau bisa, cari lokasi dimana masyarakat sekitar banyak yang menjadi seorang peternak serta mudah di akses.

Riset harga kompetitor

Cara yang terakhir adalah kamu perlu melakukan riset harga kompetitor. Maksudnya adalah selain anda mendapatkan untung, namun anda juga harus bisa bersaing dengan kompetitor termasuk masalah harga.

Sehingga harga yang anda berikan tidak lebih murah atau lebih mahal dari kompetitor anda. Sehingga tidak merusak harga yang ada. Maka dari itu riset harga juga salah satu hal yang perlu anda perhatikan.

Tips Menjalankan Agen Pakan Ternak

Tips Menjalankan Agen Pakan Ternak
Tips Menjalankan Agen Pakan Ternak

Seperti yang kita ketahui, bahwasannya satu orang peternak pasti memelihara hingga ratusan ekor. Sehingga dari situ, maka permintaan pakan akan sangat dibutuhkan. Ditambah lagi jika peliharaannya seperti bebek, ikan, dan sejenisnya yang pasti membutuhkan pakan yang begitu banyak dalam seharinya.

Berikut beberapa tips menjalankan agen pakan ternak yang bisa menjadi referensi anda.

Baca juga Cara Menjadi Agen Jilbab

Lakukan Promosi

Tips yang pertama adalah kamu harus melakukan yang namanya promosi. Di era yang serba digital ini, melakukan promosi sudah sangat mudah. Ada banyak media-media yang bisa anda gunakan untuk melakukan promosi agar bisa menjaring hingga ribuan pelanggan dengan mudah dan cepat.

Contoh medianya adalah seperti facebook, website olx, instagram, dan sebagainya.

Service / Pelayanan

Tips yang kedua yang tidak kalah penting adalah soal service / pelayanan terhadap calon pembeli. Karena pelayanan ini menyangkut langsung dengan kenyamanan si calon pembeli.

Anda harus membuat calon pembeli merasa puas ketika berbelanja di agen pakan ternak anda dan anda harus ramah tentunya.

Berani

Tips yang selanjutnya adalah persoalan berani. Berani disini dalam arti jika anda sudah yakin dengan usaha agen pakan ternak ini, maka anda harus berani dalam mengambil setiap resiko yang ada.

Karena yang namanya usaha atau bisnis pasti ada yang namanya resiko. Entah itu kekurangan stok, naik turunnya harga pakan, dan yang lainnya.

Baca juga Cara Menjadi Agen SiCepat

Yang kemudian, anda harus bisa melakukan survive atas resiko yang ada.

Menjadi agen offline maupun online

Di era yang serba digital ini, membuka usaha apapun itu bisa dilakukan secara online. Termasuk menjadi agen pakan ternak ini. Dengan anda membuka toko secara online, anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak dan justru ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk memulai bisnis agen pakan dari awal.

Sehingga jika anda menjual secara online, maka anda hanya membutuhkan etalase kecil saja untuk memajang pakan yang ada.

Perhatikan kualitas pakan

Tips selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah dari segi kualitas pakan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan poin-poin yang sudah disebutkan di atas.

Setelah anda memberikan pelayanan yang baik, harga yang terjangkau, maka selanjutnya adalah kualitas pakan tersebut. Jika anda sudah menerapkan point-point tersebut, maka siap-siap anda akan kebanjiran calon pembeli.

Pantang menyerah

Tips yang terakhir adalah pantang menyerah. Yang namanya usaha atau bisnis tentu pasti ada yang namanya resiko atau kendala. Namun semua itu harus anda lewati dan anda pelajari jika anda ingin menjadi agen pakan ternak yang sukses.

Baca juga Cara Menjadi Reseller Ms Glow

Karena ada pepatah Semakin tinggi pohonsemakin lebat buahnya dan semakin kencang angin menerpanya artinya semakin anda sukses dalam usaha ini, maka resiko pun akan semakin banyak.

Ringkasan

Usaha agen pakan ternak merupakan salah satu usaha dengan omzet yang menggiurkan. Alasan terjun ke usaha pakan ini karena banyaknya lagi seorang yang terjun ke usaha peternak. Sehingga banyak peternak yang mencari dan membutuhkan pakan ini.

Hal itu tentunya menjadi suatu peluang yang bisa anda jalankan. Tentunya untuk menjalankan usaha, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan nantinya.

Jika anda terggiur dengan usaha ini, anda bisa ikuti beberapa tips dan cara menjadi agen pakan ternak yang sudah di rangkum dari berbagai sumber.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen semua, dan terima kasih sudah berkenan membaca artikel di website cara menjadi.