Cara Menjadi Musisi Hebat dan Terkenal

Cara Menjadi Musisi Hebat dan Terkenal

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut cara menjadi musisi hebat dan terkenal. Berbicara soal musisi mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Musisi menjadi salah satu profesi yang banyak peminatnya, mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Bahkan mereka yang sudah lanjut usia masih memainkan alat musik karena sudah menjadi hobi yang melekat dalam dirinya.

Untuk menjadi musisi hebat dan terkenal, tentu harus ada perjuangan yang kalian lakukan. Tidak hanya memainkan alat musik saja, lalu tiba-tiba sukses. Perlu perjuangan yang cukup tinggi untuk kalian lakukan agar bisa menguasainya dengan baik. Banyak dari mereka juga yang sudah membuktikan keberhasilannya menjadi musisi profesional di luar sana.

Akan lebih baik jika kalian memilih salah satu peran dalam dunia musisi supaya lebih fokus. Dalam musik terdiri dari vokalis, gitaris, drummer, hingga pianis. Masing-masing memiliki peran tersendiri yang dapat bersatu untuk membentuk irama yang nyaman di dengar. Di dalamnya juga terdapat teknik yang harus kalian kuasai supaya bisa memainkannya.

Seperti halnya kalian terjun ke dunia musik sebagai gitaris, maka pelajari tentang gitar. Dalam hal ini, terdapat banyak hal yang harus kalian bongkar semuanya. Mulai dari pemahaman nada, cara memainkan, dan berbagai macam teknik lainnya. Begitu juga dengan peran lainnya, nantinya kalian bisa membentuk sebuah band antara satu dengan lainnya untuk menghasilkan musik hebat.

Cara Menjadi Musisi Hebat dan Terkenal

Cara Menjadi Musisi Hebat dan Terkenal

Menjadi musisi yang hebat memang tidak semudah yang kalian bayangkan, namun ada beberapa hal yang harus kalian pelajari supaya bisa mencapai impian tersebut. Selama kalian mau berusaha, akan ada banyak kesempatan untuk mencapai impian. Berikut tips menjadi musisi hebat dan terkenal:

Menentukan Alat Musik yang Dimainkan

Langkah pertama adalah menentukan alat musik yang ingin kalian mainkan. Jika kalian tidak ingin menjadi vokalis, maka pilih salah satu alat musik. Fokuskan pada satu alat musik supaya bisa menguasainya dengan cepat. Seperti halnya kalian akan pro dalam bermain drum ataupun alat musik lainnya. Dengan begitu, berbagai macam teknik yang ada di dalamnya bisa kalian kuasai dengan mudah.

Beberapa jenis alat musik yang bisa kalian mainkan di antaranya:

  • Gitar

Gitar menjadi salah satu alat musik yang wajib ada dalam sebuah band. Rasanya akan kurang menarik bilamana tidak ada suara gitar. Melalui gitar, akan ada sentuhan nada yang mampu membuat orang mudah terbawa suasan alagu di dalamnya.

Cara menjadi gitaris profesional terbilang sangat mudah. Kalian hanya perlu konsisten secara terus menerus dalam berlatih, maka akan cepat menguasainya. Kalian juga harus bisa memahami nada atau kunci gitar sebagai dasar pembelajaran awal.

  • Drum

Apakah kalian ingin menjadi seorang drummer? Profesi yang satu ini sangat cocok untuk kalian pilih. Cara menjadi drummer terbilang cukup mudah selama kalian mau berusaha. Drummer memiliki peran penting untuk sebuah band agar hasilnya lebih maksimal.

Untuk memainkannya, terdapat beberapa teknik yang harus kalian kuasai. Lakukan secara perlahan supaya bisa mempelajarinya dengan baik. Setelah mahir, kalian bisa mencoba genre yang lebih kuat untuk memainkan drum tersebut.

  • Bass

Bass juga menjadi salah satu alat musik yang memiliki peran penting. Kalian bisa memilih bass jika tertarik untuk memainkannya. Ada keunikan tersendiri yang terdapat di dalam bass, yakni suaranya yang terkesan lantang dan berwibawa.

Cara menjadi bassist bisa kalian pelajari dengan mudah baik otodidak atau melalui orang lain. Banyak dari mereka yang sudah mahir memainkan bass. Lakukan secara konsisten agar penguasaan terhadap alat musik yang satu ini lebih cepat.

  • Piano

Dari sekian banyaknya alat musik yang ada, piano menjadi salah satu alat musik yang membutuhkan daya tangkap pikiran tinggi. Pasalnya ada banyak sekali not-not yang harus kalian pahami, sehingga membutuhkan proses untuk bisa menguasainya.

Banyak dari mereka yang tertarik untuk memainkan alat musik yang satu ini. Cara menjadi pianis terbilang cukup mudah, kalian bisa mempelajarinya dengan mudah. Sudah banyak dari mereka yang membuktikan keberhasilannya sebagai pianist profesional. Untuk kalian yang tertarik ingin belajar bisa mencobanya, tanpa membutuhkan waktu yang lama akan mahir dengan sendirinya.

Belajar ke Orang Lain

Orang lain yang dimaksud meliputi banyak hal, baik itu teman sendiri, guru, ataupun lainnya. Akan lebih efektif jika kalian belajar langsung ke guru musik yang sudah kalian pilih. Hal ini karena akan lebih spesifik dan mampu mencapai target dengan cepat. Mereka yang latihan kursus akan lebih cepat bisa daripada latihan sendiri ataupun dengan teman. Hal tersebut karena terpacu dengan apa yang sudah menjadi perintah dari pelatih untuk menguasainya.

Akan tetapi, banyak juga yang berlatih secara otodidak atau latihan sendiri. Cara ini terbilang cukup mudah untuk kalian lakukan selama tidak memiliki rasa malas. Seringkali orang-orang ingin melakukannya, namun hanya niat saja. Rasa malas masih terdapat dalam dirinya dan sulit untuk mengembangkannya. Sehingga akan sulit untuk mempelajarinya.

Belajar otodidak bisa kalian lakukan dengan cara melihat YouTube atau mengira-ngira sendiri. Manfaatkan teknologi yang ada supaya bisa belajar dengan mudah. Jika perlu, kalian belajar ke teman sendiri yang mungkin sehobi dengan kalian. Seperti halnya ingin belajar gitar, dari sekian banyaknya teman kalian mungkin ada yang jago main gitar. Minta saja untuk di ajari langsung, selain mempererat tali persaudaraan, kalian juga akan mendapatkan banyak hal.

Memilih Jenis Musik

Cara menjadi musisi hebat dan terkenal yang selanjutnya adalah memilih jenis musik yang tepat. Setelah memilih alat musik, kalian harus memilih jenis musik yang kamu suka. Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda terkait musik yang mereka sukai. Apabila memulainya dari apa yang kalian sukai, maka untuk mempelajarinya lebih mudah. Kalian juga tidak akan merasa bosan apabila mau mempelajari musik yang disukai.

Akan lebih efektif jika tidak pilih-pilih jenis musik ketika memutuskan untuk belajar musik. Ada banyak sekali jenis musik yang bisa kalian mainkan dan nantinya akan menambah kedewasaan beserta wawasan dalam permainan musik kalian. Bila perlu bergabung dengan band yang membawakan suatu genre musik tertentu untuk prosi latihan yang lebih efektif.

Ada banyak sekali jenis musik yang bisa kalian pilih mulai dari pop, rock, dangdut, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki selera tersendiri terkait musik yang mereka sukai. Seperti halnya baru memulai latihan menjadi seorang drummer, kalian bisa memilih musik yang santai terlebih dahulu agar lebih mudah. Setelah itu, cobalah jenis musik yang lebih ngebeatz. Alhasil, kalian akan semakin mudah mempelajarinya dengan baik.

Kerja Keras dan Disiplin

Disiplin menjadi salah satu kunci kesuksesan yang sangat berarti untuk siapapun dalam berlatih musik. Percuma jika kalian sudah mahir, namun tidak menerapkan disiplin. Orang-orang akan lebih tertarik mengundang mereka yang rajin perform. Meskipun kalian bisa namun tidak disiplin, namanya akan kurang terkenal dan redup. Orang lain akan memilih mereka yang konsisten kedisiplinannya.

Dalam berlatih pun harus diselingi kerja keras yang tinggi. Tidak ada musisi yang hebat tanpa kerja keras, mereka semua memiliki kerja keras yang tinggi dalam berlatih. Mungkin orang lain melakukannya setiap 20 menit sehari, kalian bisa berlatih 1 jam sehari. Hal itu menunjukan bahwa kerja keras kalian lebih tinggi daripada musisi lainnya dalam berlatih musik.

Jika memadukan antara disiplin dan kerja keras dalam berlatih musik, maka akan sangat bermanfaat untuk diri kalian kedepannya. Kalian harus berkorban untuk mendapatkan apa yang di inginkan dengan berlatih terus menerus. Buatlah jadwal supaya lebih efektif dalam latihan yang akan kalian lakukan untuk mencapai target. Seperti halnya latihan sendiri di rumah setiap malam di waktu tertentu. Kalian bisa menentukan sendiri sesuai keinginan.

Belajar Komposisi Musik Lainnya

Jika ingin menjadi musisi hebat, jangan cuma belajar solo. Khususnya bagi musisi yang menjadi solis di band miliknya seperti pianis atau gitaris. Kalian tidak perlu memainkan solo ala dewa dari awal hingga akhir dalam sebuah lagu. Cobalah untuk mengisi bagian ritem lainnya ketika vokalis bernyanyi atau pemain lainnya melakukan solo.

Selain itu, jangan hanya mempelajari scale dan mode saja. Belajar juga tentang harmoni, ritem, komposisi, dan ilmu musik lainnya. Mungkin agak cukup sulit untuk menerapkan tips yang satu ini, namun lama kelamaan kalian akan menguasainya dengan mudah. Banyak dari mereka yang sudah membuktikan keberhasilannya dengan menerapkan teknik yang satu ini.

Bagaimana Cara Menjadi Musisi Hebat dan Terkenal?

Cara Menjadi Musisi Hebat dan Terkenal

Menyesuaikan Band

Cara menjadi musisi hebat dan terkenal selanjutnya adalah sesuai dengan band. Langkah ini cukup penting sama halnya dengan teknik lainnya. Bermain sendiri dan berkolaborasi adalah dua hal yang sangat berbeda. Ketika bermain bersama teman, maka kalian bisa menjadi pelayan sekaligus seorang raja. Kalian juga harus mendengar pendapat dari semua personil.

Dukungan dari alat musik lainnya akan menambah daya gedor untuk tampil lebih baik. Selain itu, bermain sendiri juga tidak tabuh, namun kepuasan akan lebih besar kalian dapatkan apabila memainkannya bersama orang lain. Jika sudah membentuk sebuah band, maka lakukanlah bersama. Kolaborasikan menjadi nada yang sempurna supaya enak di dengar.

Kalian juga harus paham dari tugas sendiri dalam memainkan alat musik. Seperti halnya tugas kalian sebagai seorang drummer. Kalian harus memahami kapan masuk dan kapan melakukan improvisasi. Lakukan latihan terlebih dahulu dengan musisi lainnya supaya terjadi keselarasan nada yang lebih harmonis. Cara ini terbilang cukup efektif untuk kalian terapkan.

Memainkan Lagu Sendiri

Saat belajar musik, pertama kali yang orang lakukan adalah memainkan lagu orang lain. Banyak sekali lagu-lagu yang terkenal dan mungkin sudah tidak asing di telinga kalian. Sangat penting bagi kalian untuk memahami lagu-lagu yang ada. Khususnya lagu yang akan kalian mainkan supaya menghasilkan nada yang nyaman di dengar oleh banyak orang.

Sebagai pembelajaran, gunakan lagu-lagu yang terkenal terlebih dahulu. Pilih lagu yang menurut kalian paling mudah dan mencoba hingga yang paling sulit. Seperti halnya belajar drummer, mulailah dari lagu yang memiliki tempo pelan. Jika sudah terbiasa, coba dengan lagu bergenre cepat seperti rock atau lainnya. Alhasil, kalian akan terbiasa untuk memainkannya.

Jika sudah mahir, mainkan lagu sendiri. Seorang musisi yang hebat tentu mampu menciptakan lagu sendiri tanpa menggunakan karya orang lain. Seorang musisi harus dikenang pencapaiannya, mereka yang menjadi fans kalian tentu akan senang apabila memiliki lagu sendiri. Dengan begitu, akan ada banyak orang yang menyukainya dan kesempatan untuk mendapatkan label musik sangat besar.

Perbanyak Jam Terbang

Semakin tinggi jam terbang maka akan membuat kalian semakin terkenal. Cara menjadi musisi hebat yang satu ini tentu harus kalian terapkan setelah berhasil menguasai beberapa tips di atas. Apabila sudah mahir, tentu akan ada banyak orang yang tertarik ingin mengundangnya. Terima saja apabila ada yang mengundang band Anda supaya jam terbang semakin banyak.

Biasanya musisi band akan tampil di tempat-tempat tertentu seperti hajatan, ulang tahun daerah, dan lain sebagainya. Menyesuaikan dengan keperluan si pengundang tersebut, mau tidak mau kalian harus siap jika ingin menjadi musisi terkenal. Berawal dari kecil-kecilan, lama kelamaan akan semakin terkenal dan bisa tampil ke berbagai daerah.

Tampil di atas panggung merupakan ujian sesungguhnya dari seorang musisi. Semakin seirng manggung, maka mental kalian akan semakin terasah. Hal tersebut akan mendukung proses kedewasaan dalam bermusik. Saat daya jual album fisik menurun, manggung menjadi solusi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. Kalian harus bisa memanfaatkannya dengan baik.

Tidak Sombong dan Mudah Bergaul

Ada beberapa musisi yang sudah mahir setelah belajar kemudia sombong. Jangan meniru sikap seperti ini karena dapat menimbulkan dampak yang buruk. Orang yang sombong akan di kucilkan oleh orang lain, mereka yang mengetahui tentu tidak akan berteman. Bahkan kalian tidak akan di terima dengan mudah oleh mereka yang membutuhkan musisi untuk tampil.

Bergaulah dengan musisi lain baik yang masih pemula ataupun yang sudah profesional. Jika bergaul dengan pemula, berikan tips atau sharing-sharing supaya menjadi motivasi bagi pemula tersebut. Sementara dengan yang profesional, kalian bisa mendengarkan dan mempelajari. Bila perlu tanyakan tentang apa yang menjadi incaran kalian yang terdapat dalam diri musisi tersebut.

Sosok musisi superstar ketika berhadapan di depan media ataupun penggemar harus sopan. Boleh saja bertingkah agak sombong seperti halnya sebagai ciri khas dalam panggung. Ketika sudah berada di luar panggung, sebaiknya bersikap sewajarnya. Dengan menerapkan hal ini, barulah kalian di cap sebagai musisi hebat dan profesional. Musisi lainnya juga akan mengakui hal tersebut.

Selalu Bersyukur

Langkah terakhir yang harus kalian terapkan supaya jadi musisi hebat adalah selalu bersyukur. Meskipun sudah terkenal, jangan lupa untuk bersyukur kepada Tuhan atas apa yang telah kalian capai. Seringkali orang lupa ketika sudah berada di atas.

Oleh karena itu, bersyukurlah atas apa yang telah kalian capai. Ini merupakan hal yang penting namun sering dilupakan. Mulai dari kesehatan, bakat, usia, dan lain sebagainya merupakan anugerah dari Tuhan yang membuatmu mencapai impiannya.

Kesimpulan

Itulah cara menjadi musisi hebat dan terkenal. Perlu usaha yang harus kalian lakukan untuk mencapai semua itu. Siapapun bisa menjadi seorang musisi asal mau menjalankannya. Beberapa tips di atas bisa kalian jadikan patokan untuk mencapai impian.

Fokus pada tujuan dan jangan lupa untuk bersyukur atas pencapaian yang sudah kalian dapatkan. Banyak dari mereka yang ingin mencapai semua itu namun tidak bisa. Kalian bisa membuktikannya sendiri bahwasanya bisa melakukan hal tersebut.