ide peluang usaha jualan cilor maklor

Ide Peluang Usaha Jualan Cilor Maklor yang Menguntungkan

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut ide peluang usaha jualan cilor maklor yang menguntungkan. Berjualan menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Hal ini karena Anda sendiri yang menjadi bos sekaligus karyawan dalam mengatur usahanya. Dengan begitu, keuntungan besar bisa kalian dapatkan apabila mampu menerapkan strateginya dengan baik.

Jualan cilor maklor menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan di jaman sekarang. Apalagi dengan banyaknya orang yang tertarik mengkonsumsinya, khususnya bagi kalangan anak-anak. Mereka tertarik karena rasanya yang khas dan lezat. Sangat potensial apabila kalian mampu menjalankan peluang usaha yang satu ini dengan baik.

Apa Itu Cilor Maklor?

Cilor adalah makanan khas dari Sunda yang terbuat dari tepung tapioka atau aci dan perpaduan dengan telur. Keduanya digabungkan dan di olah menjadi cemilan favorit dengan rasa yang khas. Selain terkenal di Bandung, kini cilor sudah terkenal di berbagai wilayah khususnya Jawa. Kalian bisa membuatnya dengan mudah dan menambahkan bumbu khas seperti pedas, asin, manis atau lainnya supaya rasanya lebih lezat.

Maklor hampir serupa dengan cilor, yakni perpaduan antara makaroni dan telur. Makaroni yang digunakan basah kemudian di campurkan dengan telur. Setelah itu, goreng dengan menggunakan wajan khusus dan sajikan dengan beberapa bumbu khas supaya nikmat.

Cilor maupun maklor biasanya di jual bersamaan. Pembeli bisa memilih sesuai keingin ataupun menggabungkan keduanya karena rasanya tidak jauh berbeda. Hanya saja, bahan yang di gunakan berbeda satu sama lain. Tergantung selera masing-masing yang ingin mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Ide Peluang Usaha Jualan Cilor Maklor yang Menguntungkan

Bagi yang tertarik menjalankan peluang usaha jualan cilor maklor, kalian harus mempersiapkan strateginya dengan baik. Jangan asal-asalan menjalankannya karena bisa beresiko terhadap kerugian. Meski peluang usaha yang satu ini kecil-kecilan, potensi mendapatkan keuntungan terus menerus bisa kalian peroleh. Semua tergantung dari diri sendiri dalam menjalankan usahanya sampai benar-benar berhasil.

ide peluang usaha jualan cilor maklor

Siapkan Modal

Siapapun yang akan menjalankan bisnis pastinya membutuhkan moda. Untuk mendapatkannya, kalian bisa mengumpulkan terlebih dahulu dari pekerjaan yang di jalankan. Sisihkan uang bulanan yang kalian dapatkan sampai terkumpul sesuai target untuk membangun usaha jualan cilor. Seperti halnya gaji bulanan Rp3 juta, kalian bisa menyisihkannya minimal Rp1 juta per bulan. Tanpa menunggu waktu lama, modal akan terkumpul.

Jika malas menunggu, sebaiknya gunakan modal dengan cara meminjam. Kalian bisa meminjam ke bank dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang ada, tanpa menunggu waktu lama akan mendapatkan uang yang di butuhkan. Setelah itu, kalian bisa memulai usaha jualan cilor maklor.

Akan tetapi, meminjam di bank memiliki kekurangan dari segi bunga yang harus kalian bayar. Sebaiknya coba dulu pinjam ke kerabat atau saudara sebelum pinjam ke bank. Biasanya mereka mau meminjamkannya dengan ikhlas tanpa ada tambahan bunga yang harus kalian bayarkan.

Apabila modal sudah terkumpul, mulailah untuk membangun peluang usaha jualan cilor maklor. Beli perlengkapan yang di butuhkan seperti gerobak, alat masak, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membeli bahan-bahan pembuatan cilor maklor. Modal yang sudah kalian keluarkan nantinya akan tertutup kembali setelah berhasil menjalankannya. Setelah ini, kalian harus bisa mencari pelanggan supaya mendapatkan keuntungan.

Tentukan Tempat Jualan yang Strategis

Tempat menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk kalian tentukan dalam berjualan. Hal ini karena tempat bisa berpengaruh terhadap banyaknya penjualan yang kalian terima. Bilamana tempatnya strategis, orang-orang akan menemukannya dengan mudah. Jualan Anda akan semakin laris dengan banyaknya pembeli dan bisa memberikan keuntungan besar.

Tips memilih tempat jualan cilor maklor dapat kalian lakukan dengan mudah. Namun sebelum itu, kalian harus menentukan terlebih dahulu untuk berjualan menetap di tempat atau berkeliling. Biasanya yang jualan berkeliling mengharuskan Anda berpindah-pindah tempat untuk mencari pelanggan di berbagai lokasi.

Berbeda jika stay di tempat, maka kalian harus menyewa terlebih dahulu. Atau bisa menggunakan tempat sendiri bila sudah memilikinya. Biasanya orang-orang mencari tempat yang strategis dan seringkali lokasi tersebut mengharuskan Anda untuk membayar sewa. Meski harus membayar, kalian tidak akan perlu khawatir karena berpotensi mendapatkan keuntungan.

Buat Tempat Senyaman Mungkin

Ide peluang usaha jualan cilor maklor harus memperhatikan kenyamanan tempat. Pastikan kondisi lingkungan benar-benar bersih agar pelanggan merasa nyaman. Terkadang ada pembeli yang enggan datang karena lokasinya yang kotor. Melihatnya saja enggan mendekatinya apalagi datang langsung ke lokasi untuk membeli cilor maklor yang kalian jual.

Sediakan tempat duduk supaya orang-orang tidak malas untuk mengantri. Setidaknya kalian berjualan di tempat yang memiliki lahan parkiran supaya tidak mengganggu jalanan. Apabila ramai pembeli yang menggunakan motor atau mobil, akan sulit untuk parkir di tempat akibat tidak ada lahan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kalian untuk memperhatikan faktor tempat supaya nyaman.

Buat Cilor Maklor yang Lezat

Kelezatan menjadi salah satu faktor penting yang dapat menarik perhatian pelanggan. Apabila rasanya lezat, maka orang yang sudah pernah membeli bisa datang kembali. Begitu juga sebaliknya, mereka akan lebih memilih membeli ke tempat lain yang rasanya lebih lezat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk membuat cilor maklor yang lezat dan khas.

Selain kelezatan, buatlah ciri khas tersendiri pada cilor maklor buatan Anda. Seperti halnya menambahkan bumbu yang berbeda dari lainnya. Atau bisa menggunakan bungkus yang berbeda supaya menarik perhatian orang-orang untuk membelinya. Berbagai macam cara kreatif bisa kalian terapkan untuk membuat cilor maklor disukai oleh banyak orang.

Orang-orang biasanya akan menilai setiap penjual yang sama. Seperti yang kalian ketahui, ada banyak sekali penjual cilor maklor yang bisa kalian jumpai di sekitar daerah. Siapa yang memiliki nilai tinggi dari segi kelezatan akan menjadi minat banyak orang. Bahkan mereka bisa merekomendasikan tempat Anda apabila ada orang lain yang ingin membelinya.

Untuk mengetahui cilor maklor buatan Anda lezat atau tidak, sebaiknya survei terlebih dahulu. Berikan kepada anak-anak, remaja, atau orang dewasa secara gratis. Minta penilaian kepada mereka secara jujur apakah rasanya sudah lezat atau belum. Apabila ada yang kurang, kalian bisa memperbaikinya sampai benar-benar lezat dan disukai oleh banyak orang.

Cara membuat cilor maklor yang lezat bisa kalian lakukan dengan mudah. Terapkan dengan baik dan benar supaya berhasil. Cilor maklor yang memiliki rasa lezat akan menarik perhatian banyak orang untuk mencicipinya. Sehingga, kalian tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pembeli.

Berikan Pelayanan Terbaik

Bagi yang ingin menjalankan bisnis jualan cilor maklor, sangat penting bagi Anda untuk mengutamakan pelayanan. Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar mereka puas dan mau datang kembali membeli cilor maklor buatan Anda.

Pelayanan dapat kalian lakukan dengan berbagai cara, khususnya dari segi ucarapan dan tindakan yang bisa membuat pelanggan nyaman. Seperti yang kalian ketahui, setiap orang memiliki karakter berbeda-beda, kalian harus bisa mengontrolnya dengan baik. Jangan membeda-bedakan satu sama lain agar tidak menimbulkan kendala yang terjadi di dalamnya.

Tanpa pelayanan yang baik, ini akan beresiko terhadap usaha Anda. Orang-orang bisa saja menyebarkan informasi untuk tidak membeli di tempat Anda karena pelayanannya yang tidak ramah. Dengan begitu, orang lain akan membeli di tempat lain yang mungkin pelayanannya lebih baik daripada Anda. Siapapun pastinya tidak menginginkan hal ini terjadi. Oleh sebab itu, berikan pelayanan sebaik mungkin kepada pelanggan supaya mendapatkan hasil memuaskan.

Promosi

Berjualan tanpa adanya promosi di jaman sekarang rasanya kurang efektif. Apalagi sekarang sudah jamannya teknologi canggih, manfaatkan sebaik mungkin untuk promosi. Dengan begitu, kalian akan menjangkau pelanggan lebih luas dengan informasi usaha Anda yang sudah beredar.

Tips promosi jualan cilor maklor dapat kalian lakukan dengan mudah. Terapkan dengan baik dan benar supaya usaha Anda berjalan dengan lancar. Promosi sangat penting untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dan membuat dagangan laris manis.

Terdapat dua macam tipe promosi yang bisa kalian lakukan, yakni promosi secara langsung dan tidak langsung. Biasanya promosi langsung dilakukan melalui mulut ke mulut atau berhadapan dengan target. Sementara promosi tidak langsung merupakan sebaliknya, yakni dapat kalian lakukan dengan menggunakan media online seperti smartphone atau lainnya tanpa bertatap muka.

Mengapa Memilih Jualan Cilor Maklor?

Ide peluang usaha jualan cilor maklor cukup menjanjikan bilamana kalian menjalankannya dengan serius. Orang-orang juga sudah banyak yang membuktikan keberhasilannya. Terdapat daya tarik tersendiri yang mampu membuat orang-orang ingin berjualan cilor maklor.

Alasan jualan cilor maklor:

  • Ikut Orang Tua

Salah satu alasan orang-orang tertarik memilih usaha yang satu ini yaitu karena faktor orang tua. Biasanya kalian diminta untuk meneruskannya daripada berhenti. Apalagi jika usahanya sudah laris manis, kalian hanya perlu mengembangkannya saja.

  • Mudah

Jualan cilor maklor terbilang sangat mudah. Dari segi pengolahannya saja tidak terlalu ribet. Kalian hanya perlu mengolah bahan aci atau makaroni basah kemudian dicampur menggunakan telur dan tambahan bumbu lainnya. Setelah itu, kalian bisa menjualnya sesuai kebutuhan pelanggan.

  • Modal Terjangkau

Modal yang terjangkau pastinya menjadi salah satu alasan utama dari seseorang yang ingin membangun usaha. Kalian bisa memulainya kecil-kecilan terlebih dahulu dengan modal yang ada. Setelah itu, kalian bisa mengembangkannya menjadi lebih besar.

  • Untung Besar

Tanpa adanya keuntungan tidak akan membuat orang-orang tertarik jualan cilor maklor. Namun keuntungan bisa kalian dapatkan bilamana dagangan laris melebihi modal yang sudah kalian keluarkan. Jika tidak bisa menjalankannya dengan baik, maka usaha yang satu ini tidak akan membuahkan keuntungan. Justru kerugian yang bisa kalian peroleh apabila asal-asalan menjalankannya.

ide peluang usaha jualan cilor maklor

Kesimpulan

Itulah ide peluang usaha jualan cilor maklor yang bisa kalian terapkan. Peluang usaha yang satu ini bisa mendatangkan omset besar apabila berhasil menerapkannya dengan baik. Mulai dari persiapan modal, pemilihan tempat, hingga promosi harus kalian lakukan dengan benar.

Lakukan secara konsisten agar membuahkan hasil. Apalagi untuk awal-awal, rasanya akan sulit untuk membangun usaha Anda jika tidak sabar. Banyak dari mereka yang diuji dengan kendala seperti tidak laku dalam sehari, tersaingi pedagang lain, dan masih banyak lainnya.