PIN ATM

Lakukan sekarang! cara ubah PIN ATM pakai Mesinnya

Posted on

CARAMENJADI.COM – PIN ATM (Personal  Identification Number; Automatic Teller Machine) sudah menjadi bagian tak terpisahkan satu sama lain.

PIN ATM
PIN ATM

PIN dalam ATM merupakan sistem pengamanan dari bank yang berfungsi untuk mengamankan pengguna saat melakukan transaksi menggunakan mesin ATM. Nomor keamanan ini umumnya terdiri dari enam (6) digit angka atau nomor yang mudah diingat oleh sang nasabah.

Biasanya para nasabah menggunakan tanggal lahir, nomor telepon atau bahkan nomor-nomor random. Ya, selama mudah diingat tidak ada batasan kok dalam menentukan nomor PIN.

Walau merupakan bagian dari keamanan rekening, para Bank tetap menghimbau nasabah mereka untuk mengganti PIN ATMnya secara berkala seperti beberapa bulan sekali, untuk menjamin terjaganya keamanan dari rekening yang dimiliki nasabah. Tentu semua demi kenyamanan nasabah dalam bertransaksi menggunakan jasa perbankan tersebut .

 

Tujuan mengganti PIN ATM:

– Untuk menghindari penipuan, seperti skimming atau pencurian informasi data kartu ATM.

– Untuk menghindari penipuan phishing yang kerap terjadi. Phishing adalah kejahatan yang biasanya dilakukan secara online dengan tujuan mengambil data-data pribadi seseorang. Contoh data pribadi yang penting seperti username, password, PIN, nomor rekening dan CVV kartu kredit, hingga kode OTP.

Lalu bagaimana cara mengganti nomor PIN menggunakan Mesin ATM? Yuk simak bahasan selengkapnya di artikel ini. Cara ini berlaku secara universal alias tidak beda jauh antara ATM satu dengan yang lainnya

 

Simak juga: Ganti PIN ATM Bank BCA

 

Cara Mengganti Menggunakan Mesin ATM

1. Pergi menuju mesin ATM bank yang Kamu pakai terdekat dari tempatmu.

2. Masukkan kartu ATM yang Kamu punya.

3. Pilih bahasa yang ingin Kamu pakai untuk transaksi.

4. Masukan PIN ATM-mu yang lama.

5. Tekan menu transaksi lain.

6. Tekan menu ubah PIN atau ganti PIN.

7. Masukan 6 digit angka yang Kamu inginkan sebagai PIN yang baru.

8. Masukan PIN yang baru sekali lagi untuk mengkonfirmasi bahwa Kamu benar-benar mengganti PIN.

9. Tunggu beberapa saat hingga status ubah PIN menunjukkan sukses.

Harap berhati-hati dalam memasukkan PIN yang lama. Sebab jika salah sebanyak 3 kali, beberapa Bank akan langsung membekukan rekening tersebut karena mendeteksi adanya kegiatan yang tidak normal.

Simpan struk yang berfungsi sebagai bukti bahwa kamu mengganti PIN ATM untuk berjaga-jaga jika Kamu lupa dengan yang baru.

 

Tips-Tips Menjaga Keamanan PIN

Tentu nomor PIN ini tidak bisa menjaga keamanan rekening Kamu kalau Kamu juga tidak ikut menjaganya. Beberapa hal dibawah ini merupakan cara untuk menjaga keamanan nomor PIN:

– Jangan menempelkan atau menuliskan PIN ATM milik Kamu di kartu debit ataupun kredit. Ditakutkan kartu tersebut jatuh tanpa kamu sadari dan di salah gunakan oleh orang lain.

– Hindari kebiasaan menyimpan PIN atau Password lainnya di notes atau kontak dengan judul yang mencolok atau menjelaskan bahwa kamu menyimpan PIN dan Password milik kamu disana.

– Selalu perhatikan sekitar dan pastikan kamu menutupi bagian keypad ATM dengan tanganmu saat kamu melakukan transaksi.

– Abaikan panggilan atau pesan dari nomor tidak dikenal  yang memberikan informasi tentang kamu yang menang undian atau mendapat hadiah dari bank dengan syarat menyebutkan informasi – informasi dengan perbankan milikmu.

– Jangan merasa malas untuk mengganti PIN ATM milikmu secara berkala. ini demi kenyamanan dan keamanan dirimu saat menggunakan jasa perbankan tersebut untuk bertransaksi.

Kurang lebih itulah informasi yang bisa Kami berikan mengenai cara mengganti PIN ATM dengan menggunakan mesin. Pastikan untuk menjaga kerahasiaan dan merubah PIN secara berkala. Selalu berhati–hati dan waspada.