Peluang Usaha Jualan Nasi Goreng

Peluang Usaha Jualan Nasi Goreng, Modal Kecil untung Besar

Posted on

CARAMENJADI.COM –¬†Peluang usaha jualan nasi goreng menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Kalian tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk bisa memulainya. Seperti yang kalian ketahui, nasi goreng menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Potensi besar mendapatkan keuntungan dari peluang usaha yang satu ini bisa kalian dapatkan.

Nasi goreng kini menjadi masakan nasional Indonesia yang sudah mendunia. Tidak hanya masyarakat Indonesia saja, melainkan banyak orang luar negeri yang tertarik untuk mencicipinya. Masakan yang satu ini bisa kalian konsumsi di waktu pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Biasanya, waktu pagi hari dan malam orang-orang kebanyakan mengkonsumsinya.

Tak heran jika banyak sekali penjual nasi goreng yang kalian temui di sekeliling. Melihat itu, peluang usaha yang satu ini berarti cukup menjanjikan. Makanan yang satu ini juga terbilang cukup praktis untuk penyajian dan pengolahannya. Bagi yang belum berani untuk membuka usaha bisa mencoba terlebih dahulu membuatnya di rumah sendiri.

Makanan yang satu ini menggunakan bahan-bahan bumbu yang khas, sehingga menghasilkan rasa yang unik. Cukup dengan menggunakan bahan utama nasi putih, kalian bisa mengolahnya menjadi nasi goreng. Setelah itu, buat selezat mungkin agar menarik perhatian banyak orang untuk membelinya. Beranikan diri untuk memulai membuka peluang usaha tersebut.

Peluang Usaha Jualan Nasi Goreng, Modal Kecil untung Besar

Peluang Usaha Jualan Nasi Goreng

Banyak dari mereka yang tertarik untuk menjadi penjual nasi goreng. Melihat keuntungannya yang bisa kalian dapatkan cukup besar, tak heran jika banyak dari mereka yang ingin menjalankan bisnis tersebut. Akan tetapi, kalian harus memperhatikan banyak hal supaya menjadi penjual nasi goreng yang sukses.

Adapun beberapa hal penting yang harus kalian ketahui untuk membuka peluang usaha nasi goreng di antaranya:

Tentukan Jenis Nasi Goreng

Ada banyak sekali jenis nasi goreng yang bisa kalian buat, masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri dari segi bahan ataupun rasanya. Oleh karena itu, kalian harus menentukan terlebih dahulu jenis nasi goreng yang akan di jual. Buatlah nasi goreng yang berbeda pada umumnya, seperti halnya nasi goreng biasa yang orang lain jual. Kalian bisa memvariasikannya menjadi lebih menarik.

Berbagai macam jenis nasi goreng yang sering dijumpai seperti nasi goreng rendang, nasi goreng petai, nasi goreng mawut, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga jenis nasi goreng dari berbagai negara di Asia yang mungkin bisa kalian buat agar lebih menarik. Dengan menentukan jenis nasi goreng yang lebih spesifika akan memberikan daya tarik tersendiri. Seperti halnya kalian spesial menjual nasi goreng mawut, maka para pecinta nasgor mawut akan datang langsung ke tempat Anda.

Persiapan Modal

Membuka peluang usaha nasi goreng terbilang cukup minim pengeluarannya. Kalian hanya perlu nasi putih sebagai bahan utamanya. Untuk beberapa tambahan bumbu lainnya, paling tidak hanya mengeluarkan biaya yang tidak terlalu besar. Melalui modal yang kecil, kalian sudah bisa memperoleh keuntungan lebih besar dari hasil penjualan nasi goreng.

Akan tetapi, modal yang harus kalian persiapkan bukan itu saja. Bagi yang belum memiliki tempat harus menyewa tempat terlebih dahulu. Beberapa perlengkapan lain seperti gerobak, wajan, gas, kompor, pisau, dan perlengkapan lainnya juga harus kalian siapkan. Dengan perlengkapan yang sudah matang, kalian sudah bisa memulai usaha yang satu ini.

Adapun beberapa perlengkapan usaha nasi goreng dan perkiraan harganya sebagai berikut:

  • Gerobak atau etalase Rp1,5 juta – Rp3 juta
  • Kompor gas Rp300 ribu – Rp500 ribu
  • Alat makan Rp150 ribu – Rp250 ribu
  • Alat masak Rp250 ribu – Rp450 ribu
  • Meja dan kursi Rp350 ribu – Rp450 ribu

Kurang lebih harga kisaran perlengkapan untuk jualan nasi goreng seperti harga di atas. Setiap merk produk berbeda-beda dan memiliki nilai harga jual yang berbeda. Kalian bisa memilih sesuai keinginan sendiri untuk perlengkapan yang dibutuhkan.

Tentukan Tempat Usaha

Peluang usaha jualan nasi goreng memang menguntungkan, namun kalian akan sulit mendapatkan pelanggan apabila tempatnya kurang strategis. Oleh karena itu, tempat yang strategis menjadi solusi yang efektif untuk kalian pilih dalam berjualan. Selain itu, tempat yang strategis juga akan memberikan kenyamanan bagi siapapun yang akan membeli nasi goreng di tempat Anda.

Ada banyak sekali rekomendasi tempat jualan nasi goreng yang bisa kalian pilih. Pada intinya, kalian harus memilih tempat yang sering dilalui oleh banyak orang. Dengan begitu, potensi besar akan mendapatkan banyak pembeli bisa kalian dapatkan. Pemilihan tempat harus kalian perhatikan dengan baik, karena untuk menyewa tempat juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga, kalian bisa mengembalikan modal apabila pemilihan tempat yang efektif dan strategis.

Teknik Pemasaran

Jualan tanpa mengetahui teknik pemasaran tentu akan sulit mendapatkan pelanggan. Mungkin bagi yang sudah stay di tempat ramai akan selalu mendapatkan pelanggan. Namun hasilnya akan kurang maksimal dan biasanya stok yang kalian miliki masih tersisa. Supaya laku habis semuanya, kalian harus menguasai teknik pemasaran agar orang-orang membelinya.

Manfaatkan teknologi yang kalian miliki untuk melakukan promosi. Di dalam smartphone terdapat banyak sekali media sosial yang bisa kalian gunakan untuk promo. Seperti halnya Whatsapp, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Kalian bisa mempromosikannya dengan cara membuat story, chat ke teman atau saudara, atau melalui iklan.

Selain itu, kalian bisa mendaftarkannya ke grab food atau gofood sebagai salah satu alternatif yang banyak orang gunakan saat ini. Kalian tidak perlu repot-repot untuk mendapatkan pelanggan dari jauh karena sudah ada layanan yang mengirim nasi goreng setelah proses pembayaran. Dengan begitu, keuntungan besar bisa kalian dapatkan karena bisa memaksimalkan promosi dengan baik.

Membuat Nasi Goreng yang Lezat dan Khas

Peluang Usaha Jualan Nasi Goreng

Percuma jika kalian sudah mendapatkan tempat yang strategis namun nasi goreng buatan Anda rasanya tidak enak. Mungkin yang baru pertama kali akan akan penasaran karena belum pernah mencicipinya. Namun ketika sudah mengetahui rasanya kurang enak, mereka tidak akan kembali untuk membelinya. Alhasil akan membuat kalian rugi pelanggan.

Berbeda jika kalian membuat nasi goreng yang memiliki kelezatan tinggi. Siapapun akan tertarik untuk membelinya meskipun lokasi tempat penjualan nasi goreng tidak ramai dilalui orang. Mereka akan mencarinya karena tertarik dengan rasanya. Apalagi jika terdapat ciri khas tersendiri yang bisa kalian buat untuk menarik pelanggan agar membelinya. Bagi yang belum mengetahui cara membuat nasi goreng yang lezat dan khas bisa mencobanya terlebih dahulu.

Untuk mengetahui apakah rasa nasi goreng buatan Anda memiliki rasa yang lezat atau tidak caranya cukup mudah. Kalian bisa melakukan survei kepada 3 orang yang berasal dari kalangan bawah, menengah, dan atas. Karena kebanyakan dari kalangan menengah, maka utamakan survei kepada kalangan menengah ke bawah. Apabila banyak yang berkomentar positif, maka kalian sudah bisa memulai untuk menjualnya.

Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik akan memberikan hasil yang baik untuk kalian sendiri. Terkadang ada pembeli yang merasa kurang nyaman saat pelayanannya tidak memuaskan. Seperti halnya sudah mengantri lebih awal, namun penjual mendahulukan orang lain yang mereka kenal. Tentu pelanggan akan merasa kecewa dan ini bisa memberikan rasa yang tidak nyaman bagi pembeli.

Ada banyak sekali cara yang bisa kalian lakukan untuk memberikan pelayanan yang baik. Mulailah dari kata-kata yang kalian utarakan, berikan kata-kata yang sopan kepada pembeli. Bila perlu menggunakan bahasa yang baik tanpa pandang bulu baik orang tua ataupun anak-anak. Setiap konsumen juga memiliki penilaian terhadap penjual nasi goreng.

Kalian harus bisa membagi waktu dalam melayani pelanggan. Apalagi jika menjual online sekaligus, pastikan kalian sudah menerapkan strateginya dengan matang. Seperti halnya mendahulukan yang membeli online atau yang datang langsung ke tempat. Buatlah pelayanan senyaman mungkin agar pembeli tidak kecewa dan tertarik untuk datang kembali.

Bertanggung Jawab

Kendala pastinya seringkali terjadi dalam jual beli. Beberapa kendala yang sering terjadi dalam jualan nasi goreng yaitu salah dalam melakukan pemesanan. Terdapat berbagai macam jenis nasi goreng yang kalian jual, terkadang pesanan pelanggan ada yang lupa. Ketika memesan nasi goreng mawut, kalian justru membuatnya nasi goreng biasa.

Apabila tidak memiliki rasa tanggung jawab, maka pelanggan akan kecewa. Mereka yang tidak memiliki kesabaran tinggi bisa saja marah. Jika kalian melakukan kesalahan, pastikan berani untuk bertanggung jawab atas apa yang sudah terjadi. Apabila salah melakukan pesanan, maka ganti sesuai dengan permintaan pelanggan. Dengan begitu, kalian akan belajar dari kesalahan dan membuatnya kembali menjadi lebih baik.

Karyawan

Peluang usaha jualan nasi goreng akan memberikan progres besar bilamana kalian sudah memiliki karyawan dan memperoleh keuntungan tinggi. Jangan memaksakan untuk melakukannya sendiri apabila kalian mendapatkan pelangan yang semakin banyak. Carilah karyawan yang dapat membantu Anda untuk melayani pembeli agar mereka tidak kecewa.

Pastikan kalian harus mencari karyawan sesuai kebutuhan. Seperti halnya kalian membutuhkan seseorang yang bertugas untuk memberikan pelayanan, maka cari yang benar-benar sesuai kriteria. Kalian juga harus menggaji karyawan sesuai dengan kinerjanya dan layak. Dengan begitu, ia akan setia dan dapat membantu pekerjaan Anda hingga berhasil.

Resiko Usaha

Setiap usaha pastinya ada resiko yang bisa kalian dapatkan. Berjualan nasi goreng memang tidak semudah yang kalian bayangkan. Biasanya ada kendala seperti tidak mendapatkan pelanggan sehingga bahan-bahan masih utuh dan membuat kalian rugi. Hal seperti ini sudah menjadi suatu kewajaran bagi penjual nasi goreng.

Oleh karena itu, kalian harus memperhatikannya dengan baik dan selalu berusaha mengubah kesalahan yang sudah terjadi. Seperti halnya mencari tahu mengapa tidak ada pelanggan yang datang, apakah karena salah pemilihan lokasi, rasa nasi goreng yang kurang lezat, atau karena faktor lainnya. Dengan terus belajar akan memberikan kepuasan bagi kalian pastinya.

Kesimpulan

Itulah peluang usaha jualan nasi goreng yang bisa kalian terapkan. Semua akan terasa mudah bila kalian berani untuk mencobanya. Hal penting yang harus kalian ketahui adalah berani untuk mengambil resiko dan bangkit dari kegagalan. Persiapkan dengan baik mulai dari modal, strategi penjualan, pelayanan, dan lain sebagainya. Menjadi penjual nasi goreng akan sangat menguntungkan apabila kalian sudah menemukan jalannya.