Perhitungan Usaha Laundry
Perhitungan Usaha Laundry

Perhitungan Usaha Laundry Yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut ini perhitungan usaha laundry yang perlu kamu ketahui untuk menjadi pembelajaran sebelum terjaun langsung.

Laundry bisa dibilang sebagai usaha yang naik daun ditengah hiruk pikuk masyarakat masa kini. Dengan gaya hidup yang makin sibuk, orang-orang tentu lebih memilih laundry ketimbang mencuci baju mereka sendiri. Pasalnya dengan biaya yang cukup murah, pelanggan laundry bisa mendapatkan baju mereka lagi dengan kondisi sudah dicuci bersih, wangi, dan rapi.

Naiknya jumlah konsumen ini juga membuat jumlah pelaku usaha laundry naik juga apalagi di tengah-tengah kota. Apakah Anda salah satu yang tertarik untuk membuka usaha laundry juga? Yuk, ketahui terlebih dahulu perhitungan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry!

Perhitungan Usaha Laundry

Perhitungan Usaha Laundry
Perhitungan Usaha Laundry

Mesin Cuci

Perhitungan usaha laundry yang pertama adalah untuk keperluan sebuah mesin cuci. Karena usaha laundry sangat identik dengan mesin cuci. Ya jelas, karena demand konsumen yang tinggi, tentu pelaku usaha laundry juga harus bisa mencuci baju mereka yang jumlahnya banyak dengan cepat. Penggunaan mesin cuci tentu akan lebih efisien daripada mencuci manual menggunakan tangan.

Baca juga Analisa Modal Bisnis Warung Kopi Free Wifi

Untuk mesin cuci sendiri, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu mesin cuci tipe front load dan top load. Masing-masing punya kelebihan dan harganya tersendiri, dengan tipe top load biasanya lebih murah. Usaha laundry ini bisa Anda mulai cukup dengan satu mesin cuci saja.

Untuk harga sendiri, mesin cuci biasanya mulai pada harga 3,000,000 rupiah. Pilihlah sekiranya mesin cuci yang daya tampungnya besar agar bisa mencuci lebih banyak baju sekaligus.

Setrika

Yang kedua, Anda juga membutuhkan setrika untuk menggosok baju konsumen yang sudah kering supaya terlihat rapi. Anda bisa menggunakan setrikaan milik pribadi apabila Anda baru memulai. Jika Anda ingin membeli baru, pastikan setrika memiliki mode yang bisa disesuaikan dengan berbagai bahan baju agar baju pelanggan tidak rusak. Setrika bisa Anda dapatkan mulai dari 100,000 kebawah.

Detergent dan Pewangi

Modal selanjutnya, Anda tentunya membutuhkan sabun untuk mencuci baju konsumen. Anda bebas menggunakan jenis detergent dan pewangi mana saja. Namun ada baiknya menggunakan detergent yang lembut dan tidak berpotensi merusak bahan baju pelanggan.

Jangan ragu dengan jumlah sabun yang Anda gunakan saat mencuci baju apalagi dalam jumlah banyak. Pastikan hasil cucian nantinya bersih dan juga wangi agar konsumen tidak kecewa.

Hanger

Setelah selesai dicuci, baju tentunya perlu dijemur. Untungnya, mesin cuci zaman kini biasanya sudah dilengkapi pengering, jadi waktu menjemur baju hingga kering akan lebih singkat. Hanger ini selain digunakan untuk menjemur baju, juga akan digunakan sebagai pemisah baju antar pelanggan. Hanger juga akan menjaga baju tetap rapi sebelum nantinya masuk ke plastik untuk diambil.

Plastik

Perhitungan usaha laundry yang sleanjutnya yaitu jangan lupa untuk memberikan budget untuk membeli sebuah plastik. Pastikan juga untuk melengkapi toko Anda dengan plastik guna membawa baju yang sudah selesai di laundry. Namun harap pastikan baju sudah benar-benar kering sebelum dimasukkan ke plastik agar jamur tidak tumbuh dan menimbulkan bau tidak sedap.

Baca juga Resiko Usaha Ayam Geprek

Selain plastik untuk mengantungi baju yang diambil, Anda juga bisa meng-upgrade inventory usaha laundry Anda dengan plastik pembungkus baju individual. Plastik ini tentu akan menjaga agar baju tetap kering dan tidak terkena debu yang ada di sekitar tempat usaha.

Biaya Listrik dan Air

Perhitungan usaha laundry yang terakhir adalah pastikan Anda juga memikirkan modal untuk biaya listrik dan air. Sebab tanpa dua utility ini, usaha laundry Anda akan susah untuk dijalankan. Biaya untuk keduanya akan bergantung pada penggunaan perbulannya. Siapkan setidaknya 1,000,000 perbulan untuk biaya listrik dan air.

Kelebihan Usaha Laundry

Kelebihan Usaha Laundry
Kelebihan Usaha Laundry

Selalu Diperlukan

Keuntungan yang pertama dari usaha laundry yaitu akan diperlukan oleh warga. Hal itu karena keperluan akan jasa laundry bukan satu hal yang karakternya angin-anginan.

Ditambah menyaksikan jaman yang sekarang secara cepat, warga makin repot dan memerlukan jalan keluar ringkas, cepat, dan gampang. Dengan demikian, usaha laundry bisa disebutkan akan mempunyai konsumen setia.

Bisa Dilaksanakan di Rumah

Umumnya usaha konservatif memerlukan lokasi vital untuk buka upayanya, hingga perlu penyeleksian lokasi yang sesuai sasaran pasar. Tetapi berlainan dengan usaha laundry, usaha ini dapat dibuka dimanapun, terhitung di dalam rumah.

Jika lokasi rumah lumayan strategis, misalkan berada di dekat kampus, karena itu hal tersebut jadi sebuah keuntungan. Tetapi tak perlu cemas, usaha laundry dapat digerakkan dimanapun ingat konsumen setia kemungkinan tiba dari tetangga paling dekat.

Gampang Digerakkan

Usaha laundry bisa disebutkan tidak membutuhkan ketrampilan khusus. Tak perlu tehnik yang susah, pada intinya Anda cukup hanya menjalankan mesin pencuci, melipat, dan menyetrika. Gampang digerakkan, kan?

Baca juga Analisa Modal Usaha Perabotan Rumah Tangga

Tidak Membutuhkan Banyak Tenaga Kerja

Jika Anda baru meniti usaha laundry, Anda dapat mengawali dari usaha rasio kecil. Dengan demikian, usaha dapat digerakkan oleh satu atau 2 orang tenaga kerja saja. Bahkan juga, usaha ini dapat Anda kerjakan sendiri hingga Anda tak perlu mengambil orang dengan ketrampilan khusus.

Modal Relatif Kecil

Kelebihan seterusnya dari usaha laundry ialah modal yang relatif kecil. Modal usaha ini benar-benar dapat disamakan dengan kekuatan Anda. Saat meniti, Anda tak perlu banyak memiliki mesin pencuci sekalian.

Cukup dengan 1 mesin pencuci dan setrika saja, Anda bisa buka usaha laundry. Anda dapat menambahkan alat pendukung usaha bersamaan dengan mengembangnya usaha Anda.

Management yang Simpel

Management usaha laundry cukuplah sederhana. Usaha ini tidak membutuhkan management rantai suplai, quality kontrol, dan beberapa hal tehnis yang lain. Dengan demikian, Anda tak perlu energi besar untuk managementnya.

Kekuatan Balik Modal yang Cepat

Bermodal usaha yang relatif kecil dan tenaga kerja yang sedikit, usaha laundry berpontensi untuk cepat balik modal. Tetapi yang harus diingat, ini benar-benar tergantung pada taktik usaha, servis yang memberikan kepuasan, lokasi yang pas, dan beberapa hal yang lain. Hingga, Anda harus dapat mengoptimalkan usaha Anda supaya cepat balik modal, ya!

Penutup

Usaha laundry benar-benar tergantung pada cuaca. Cuaca jelek, misalkan hujan yang tidak juga surut, pasti menghalangi operasional laundry karena membuat pakaian tidak cepat kering.

Ini harus Anda pikirkan saat sebelum memilih untuk buka usaha laundry. Kurang lebih, jalan keluar apa yang hendak Anda kerjakan pada kondisi ini?

Walaupun sekarang ini usaha laundry benar-benar tumbuh subur. Bagaimana tidak, ada kekuatan yang besar dan disertai dengan keringanan untuk menjalankannya membuat beberapa orang berminat untuk menjalankan bisnis laundry.

Anda harus memerhatikan lokasi disekitaran usaha Anda. Pesaing yang kebanyakan akan membuat kompetisi yang ketat, dan peluang akan menghalangi perubahan usaha.

Sekian pembahasan mengenai perhitungan usaha laundry. Perhitungan modal yang ada diatas bukanlah patokan tetap, jadi sesuaikan modal dengan kebutuhan usaha Anda. Semoga artikel ini bisa membantu!