bisnis mainan serba seribu
bisnis mainan serba seribu

Tips Bisnis Mainan Serba Seribu

Posted on

Caramenjadi.com  – Bisnis mainan serba seribu merupakan salah satu bisnis yang saat ini sedang banyak dicari. Karena dunia anak-anak identik dengan mainan. Walaupun sekarang teknologi sudah sangat maju dan para anak kecil mampu mengoperasikan gadget, tetap saja mereka lebih tertarik dengan mainan yang bisa mereka mainkan secara langsung ketimbang hanya interaksi dengan layar.

Para orang tua yang sayang dengan buah hati mereka pun tentunya tak akan ragu untuk membelikan mainan yang anak-anak mereka inginkan. Harga mainan-mainan tersebut pun bervariasi, mulai dari mainan yang bisa didapatkan dengan uang saku sekolah, hingga harus merogoh saku sang orang tua.

Tak jarang ini menjadi salah satu masalah di keluarga, yaitu anak yang kerap kali merengek meminta mainan kepada orang tuanya membuat finansial keluarga jadi terganggu. Solusi dari permasalahan ini adalah memberikan mainan kepada sang anak dengan harga yang murah.

Mainan dengan harga yang murah bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan dekat sekolah atau perumahan warga. Biasanya para penjual mainan ini mendorong gerobak yang dipajangi berbagai mainan maupun aksesoris.

Harga yang dipatok untuk mainan-mainan tersebut pun sangat murah, mulai dari 500 atau 1000 rupiah, anak sudah bisa mendapatkan mainan yang diharapkan dapat membuat mereka anteng.

Harganya yang murah dan jenis mainan yang beragam membuat usaha mainan seperti ini bisa dijadikan sebagai usaha yang cukup menjanjikan, karena dengan modal yang relatif kecil para penjual bisa menjual barang mereka berkali-kali lipat dari harga beli.

Berikut beberapa langkah menjalankan bisnis mainan serba seribu yang sudah dirangkum oleh penulis cara menjadi.

Memulai Bisnis Mainan Serba Seribu

Memulai Bisnis Mainan Serba Seribu
Memulai Bisnis Mainan Serba Seribu

Cari Tempat Yang Strategis

Tips yang pertama jika kamu berminat untuk menjalankan bisnis mainan serba seribu adalah carilah tempat yang strategis. Tempat yang strategis menentukan laku engganya usaha kamu. Usahakanlah cari tempat dimana tempat tersebut ditengah keramaian kota atau di tempat yang memungkinkan banyak orang yang berlalu lalang.

Baca juga Cara Membuka Bisnis Mainan Anak Serba 2000

Dan juga usahakan tempat yang kamu tempati untuk menjalankan bisnis itu lega dan mudah untuk diakses oleh calon pembeli.

Jenis Mainan yang Cocok

Tips jika kamu ingin menjalankan bisnis mainan serba seribu adalah memilah dan memilih jenis mainan yang cocok di lingkungan anda. Sebelum mulai berjualan, ada baiknya kita menentukan jenis mainan seperti apa yang akan dijual nantinya. Tentu mainan yang dijual ini harus menarik bagi pembeli dan punya harga jual yang rendah.

Baca juga Ide Usaha Mainan Anak Pasar Malam Yang Menjanjikan

Caranya adalah dengan anda kunjungi pasar atau toko mainan anak, untuk kamu riset jenis mainan apa saja yang paling banyak dicari oleh anak-anak. Adapun ada beberapa contoh mainan-mainannya adalah:

  • Uang mainan
  • Slime
  • Bubuk Glitter
  • Kelereng
  • Stiker
  • Balon Sedotan

Mencari Supplier yang Tepat

Tips menjalankan bisnis mainan serba seribu adalah dengan cara anda mencari supplier yang tepat. Sebagai usaha yang menjajakan barang dengan banyak jenis, tentu kita sebagai pelaku bisnis harus mampu mencari supplier yang tepat untuk barang yang akan dijual.

Baca juga Cara Menjadi Distributor Resmi Nasa

Jika anda sudha mendapatkan supplier yang tepat, maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan yang bisa meningkatkan omset penjualan anda. Keuntungan membeli dari supplier salah satunya adalah kita bisa mendapat harga jauh dibawah pasaran, sehingga kita bisa mendapat keuntungan yang maksimal sebab barang yang kita dapatkan dari supplier bisa kita jual dengan harga pasar atau bahkan di atas pasar.

Tentukan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran mainan anak-anak umumnya ada dua, yaitu offline atau secara online. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika anda merasa berkeliling itu melelahkan, anda bisa menjual mainan-mainan tersebut secara online di berbagai marketplace.

Baca juga Peluang dan Cara Memulai Bisnis Kemitraan Minyak Goreng

Hanya dengan bermodal foto mainan dan juga deskripsi yang menarik, anda berkemungkinan untuk bertemu dengan para pembeli tanpa harus membuka lapak. Sebaliknya, jika anda merasa ada spot atau titik bagus untuk berjualan mainan seperti area dekat sekolah atau perumahan warga maka anda bisa berjualan secara offline.

Gelar lapak anda di titik yang berpotensi tersebut dan anak-anak kecil biasanya akan tertarik dan membeli mainan dari anda.

Berikan Promo Yang Menarik

Jika anda sudah menjalankan bisnis mainan seribu ini, cobalah untuk memberikan promo yang menarik. Anda bisa gunakan beberapa copywriting yang bisa membuat orang tertarik untuk membeli mainan ini.

Anda bisa menggunakan promo seperti beli 2 dapat 1, lalu bisa menggunakan promo khusus hari ini, dan sebagainya.

Keuntungan Usaha Mainan Seribuan

Keuntungan Usaha Mainan Seribuan
Keuntungan Usaha Mainan Seribuan

Fokus utama berjualan mainan dengan modal yang terbilang murah ini tentunya adalah untuk meraup keuntungan yang banyak. Berjualan mainan murah ini punya berbagai keuntungan, beberapanya adalah:

Memiliki Target Pasar

Keuntungan yang pertama tentunya target pasar. Karena mainan ini dicari-cari dan wajib di miliki oleh setiap anak-anak, artinya bisnis ini sudah memiliki target pasar dan memiliki banyak permintaan. Sehingga ini bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Modal yang Dibutuhkan Terbilang Kecil

Ya, ini sudah sangat jelas. Modal yang dikeluarkan untuk membeli mainan ini dari supplier tergolong murah. Cukup 200-300 rupiah, anda sudah bisa mendapatkan satu mainan yang bisa anda jual dengan harga 500-1000 rupiah.

Baca juga Cara Menjadi Reseller Scarlett Whitening

Barang yang Cepat Rusak

Bukan bermaksud jahat, namun mainan murah cenderung punya kualitas barang yang tidak terlalu bagus. Hal ini membuat anak kecil akan datang kembali untuk membeli mainan tersebut saat mainan milik mereka rusak. Dengan seringnya anak kecil datang lagi dan lagi ke lapak anda, maka keuntungan yang didapat pun juga akan semakin besar.

Kira-kira seperti itulah cara memulai usaha mainan murah dan keuntungan yang dimilikinya. Jika anda memang berjiwa bisnis dan tertarik dengan usaha mainan, tak ada salahnya mencoba menjual mainan murah ini. Selain modal yang tidak besar, keuntungan yang didapat pun juga tidak sedikit.

Penutup

Mainan merupakan salah satu barang yang pastinya diburu oleh anak-anak, baik itu anak bayi maupun anak kecil. Nah banyak juga keuntungan jika kamu memang ingin benar-benar menjalankan bisnis ini. Salah satunya adalah karena mainan ini terbilang cepat rusak, sehingga anak-anak akan lebih sering repeat order atau beli lagi.

Dan kamu juga hanya perlu mengeluarkan modal sebesar 200 hingga 300 ribu rupiah untuk menjalankan bisnis mainan serba seribu.

Mungkin ini saja yang dapat penulis cara menjadi sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi bisnis.