bisnis kemitraan minyak goreng

Peluang dan Cara Memulai Bisnis Kemitraan Minyak Goreng

Posted on

Caramenjadi.com – Siapa sih, yang tak suka bakwan dengan balutan tepung yang crispy? Atau kentang goreng berwarna cokelat keemasan yang lembut di dalam? Atau ayam goreng dengan kulit renyah dan daging juicy? Berikut cara memulai bisnis kemitraan minyak goreng.

Well, bisa dipastikan bahwa makanan yang diproses dengan cara digoreng cenderung lebih disukai masyarakat Indonesia. Pasalnya, dengan teknik yang gak susah-susah amat, mereka bisa menikmati makanan yang tak hanya matang sempurna, tetapi juga lezat.

Minyak goreng memegang kunci di balik kegemaran masyarakat terhadap makanan berminyak. Selain berfungsi mematangkan makanan, minyak goreng juga berperan dalam memunculkan rasa.

Tingginya pemanfaatan minyak goreng menciptakan permintaan tak habis-habisnya terhadap komoditas ini. Hal ini menciptakan peluang bisnis yang menggiurkan bagi beberapa pihak. Tak hanya perusahaan besar, badan usaha skala kecil pun memiliki kesempatan yang sama dalam mendulang keuntungan dari penjualan minyak goreng.

Tak salah lagi, kamu pun juga bisa mencoba peruntungan kamu dalam bisnis minyak goreng. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengikuti bisnis kemitraan minyak goreng.

Penasaran, bagaimana memulai bisnis kemitraan minyak goreng? Kami telah merangkum langkah-langkahnya untukmu. Yuk, simak pembahasannya!

Mengapa Kamu Harus Menjalankan Usaha Bisnis Minyak Goreng

Mengapa Kamu Harus Menjalankan Usaha Bisnis Minyak Goreng
Mengapa Kamu Harus Menjalankan Usaha Bisnis Minyak Goreng

Nah untuk meyakinkan kamu untuk menjalankan usaha ini. Maka penulis memberikan beberapa alasan kenapa kamu harus menjalankan usaha ini. Nah karena saat artikel ini di publish, harga minyak untuk 2 Liternya menyentuh harga sampai dengan 50 ribuan.

Dan usaha ini bisa memberikan omset yang cukup menjanjikan. Karena saat ini minyak sangat dicari-cari oleh masyarakat. Bahkan masyarakat rela mengantri hingga berjam-jam untuk mendapatkan minyak goreng ini.

Baca juga Belajar Bisnis Mainan Serba Seribu

Oleh karenanya, menjalankan usaha minyak goreng ini bisa menjadi peluang yang sangat menguntungkan dan bisa memberikan omset yang menjanjikan.

Peluang Bisnis Minyak Goreng

Peluang Bisnis Minyak Goreng
Peluang Bisnis Minyak Goreng

Sebelum memulai bisnis kemitraan minyak goreng, perlu ditekankan kembali beberapa keuntungan dari menjual minyak goreng.

Target pasar yang luas

Berkecimpung di bisnis minyak goreng akan memberikanmu target pasar yang luas, mengingat status minyak goreng sebagai kebutuhan pokok. Kamu dapat menjualnya ke masyarakat umum maupun perusahaan kuliner berskala kecil dan besar.

Baca juga Keuntungan Bisnis Lapangan Badminton

Harga yang naik

Sebagaimana heboh diberitakan di berbagai media akhir-akhir ini, harga minyak goreng tercatat melambung tinggi sejak November 2021. Harga minyak goreng kemasan bahkan pernah melampaui Rp24.000 per liter. Hal ini menciptakan potensi keuntungan berlipat bagi para pebisnis minyak goreng.

Barang tahan lama

Minyak goreng memiliki masa kadaluarsa yang cenderung lama. Dengan demikian, risiko kecacatan dan kerugian dalam bisnis ini bisa dikatakan minim.

Cara Memulai Bisnis Kemitraan Minyak Goreng

Ada dua sumber pasokan minyak goreng yang bisa kamu pilih, yaitu pabrik dan repacking.

Bekerja sama dengan pabrik dapat dilakukan untuk memperoleh pasokan minyak yang lebih murah. Berikut cara memulai bisnis kemitraan minyak goreng dengan pabriknya langsung.

Baca juga Ide Jualan Makanan Pinggir Jalan

Memiliki Badan Usaha dan izin Dagang

Cara memulai bisnis kemitraan minyak goreng yang pertama adalah pastikan sudah memiliki badan usaha atau izin dagang. Tentunya, ini bertujuan agar terhindar dair beberapa hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya adalah munculnya beberapa anggapan untuk menimbun minyak atau usaha untuk menyelundupkan minyak.

Dengan kamu memiliki badan usaha dan izin dagang, maka secara resmi juga bisa menjadikan bisnis kamu ini menjadi legal dan juga tercatat. Kemudian dengan kamu memiliki badan usaha dan izin dagang, bisa memudahkan kamu bisa melakukan kerjasama dengan pihak perusahaan, toko kelontong, atau bahkan langsung dengan produsen dari minyak goreng.

Menentukan Produsen Minyak Goreng

Cara memulai bisnis minyak goreng yang selanjutnya adalah kamu harus menentukan produsen minyak goreng. Tujuannya adalah agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Kamu bisa mencarinya, karena ada beberapa daftar produsen atau perusahaan minyak goreng yang bisa kamu jalin kerjasama.

Baca juga Bisnis Kerupuk Seribuan Yang Menguntungkan

Tinggal kamu sesuaikan dengan produsen perusahaan minyak goreng yang beroperasi di dekat dengan lokasi kamu.

Buat kontrak dengan Produsen atau Pemasok

Setelah menemukan pemasok yang tepat, kamu dapat membuat kontrak di mana jumlah, pengiriman, serta bagi hasil ditentukan.

Beli minyak goreng secara grosir

Dengan membeli secara grosir, kamu akan mendapatkan barang yang lebih banyak dengan harga yang lebih murah.

Sebelum memasarkan minyak goreng pilihanmu, pastikan kamu telah memperoleh izin usaha. Perizinan usaha dapat diperoleh dengan melakukan permohonan izin domisili usaha, mengajukan permohonan penerbitan NPWP dan SIUP, serta melakukan pendaftaran tanda daftar perusahaan.

Baca juga 10 Cara Menjadi Pengusaha Muda

Sementara itu, saat mengambil pasokan untuk di-repack, kamu akan bekerja sama dengan perusahaan tertentu untuk memproduksi sendiri minyak gorengmu. Karena bisnis kemitraan minyak goreng ini membutuhkan instalasi mesin, biaya yang dibutuhkan bisa mencapai ratusan juta. Namun, kamu bisa memasarkan produknya dengan merek dagangmu sendiri.

Umumnya, langkah-langkah yang ditempuh sebelum memulai bisnis repacking minyak goreng adalah sebagai berikut.

  1. Penandatanganan kontrak/surat perjanjian kemitraan
  2. Instalasi mesin
  3. Pelatihan karyawan
  4. Pengurusan izin usaha
  5. Produksi minyak goreng.

Memilih Lokasi Yang Strategis

Cara selanjutnya adalah dengan memilih lokasi yang strategis. Cara ini menjadi salah satu cara yang wajib yang perlu kamu perhatikan. Karena dengan menentukan lokasi maka bisa memperbesar penjualan kamu dan meningkatkan penjualan.

Lokasi seperti di pinggir jalan raya, yang tentunya memiliki akses jalan yang begitu luas dan mudah untuk di akses, atau dengan memiliki lokasi yang berada di lingkungan bisnis ataupun lingkungan industri.

Contohnya adalah seperti pasar, dan juga tempat-tempat yang bisa menguntungkan secara ekonomi.

Penutup

Nah, begitulah beberapa langkah memulai bisnis kemitraan minyak goreng yang dapat kamu pelajari. Mengingat kebutuhan masyarakat terhadap minyak goreng yang selalu meningkat, besar kemungkinannya kamu meraup keuntungan besar dalam waktu tak lama.

Pada intinya, usaha ini saat ini sedang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Karena di berbagai toko sedang sulit-sulitnya mendapatkan minyak goreng ini.

Terima kasih sudah berkunjung di website cara menjadi, semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen yang sedang mencari bisnis di masa pandemi ini.