Usaha Kuliner Unik
Usaha Kuliner Unik

6 Usaha Kuliner Unik Beserta Tips Sukses

Posted on

Caramenjadi.com – Bisnis kuliner unik memang senantiasa berkembang dan selalu menghadirkan ide-ide baru yang dapat dicoba. Ada cukup banyak orang yang menjalankan usaha kuliner unik dan berhasil, sehingga membuat orang lain ikut penasaran untuk mencobanya.

Pada artikel kali ini, kami sudah menyediakan beberapa ide usaha kuliner unik yang bisa anda coba dan juga tips bagaimana cara menjalankan usaha kuliner unik ini bisa sukses.

Usaha Kuliner Unik

Sekiranya ada 6 ide usaha kuliner unik, jika saat ini anda sedang mencari ide, maka artikel ini bisa memberimu jawaban atas pertanyaanmu. Apa saja itu? Simak artikelnya di bawah ini.

Usaha Kuliner Unik
Usaha Kuliner Unik

Ramen Burger

Dari namanya, kita mungkin bingung ya makanan macam apa ini? Tapi tenang, meski namanya membingungkan setelah nelihat penampakan dari makanan ini sendiri, rasa bingung kita akan hilang kok karena sebenarnya ramen burger ini makanan yang sangat simpel.

Baca juga Tips Usaha Beserta Ide Usaha di Kampung.

Seperti namanya, ramen burger merupakan makanan hasil perpaduan antara ramen dan burger. Dimana biasanya burger menggunakan roti sebagai penutup isiannya, kali ini roti tersebut digantikan dengan mie ramen.

Mie ramen yang sudah direbus hingga matang akan dimasukkan ke cetakan berbentuk bulat dan kemudian di goreng sebentar agar permukaan luarnya merekat, sesudah itu baru deh disusun sedemikian rupa seperti burger pada umumnya.

Oreo Goreng

Siapa sangka, ternyata biskuit Oreo yang biasa dijadikan sandingan dengan susu itu bisa dijadikan gorengan juga. Oreo goreng ini meskipun terdengar aneh, namun ternyata diterima dengan baik di pasaran karena rasanya yang unik.

Baca juga Cara Menjalankan Usaha Camilan Kering.

Cara membuatnya pun cukup simpel, cukup dengan membuat adonan yang terdiri dari tepung, telur, gula, dan garam kemudian celupkan Oreo kedalamnya dan goreng hingga berwarna kecoklatan. Kulit tepung yang garing dan Oreo yang kini menjadi lumer merupakan gambaran dari rasa yang dimiliki Oreo goreng.

Tahu Kribo

Tak hanya manusia yang bisa tampil dengan gaya kribo, tahu pun tidak mau kalah juga. Eits, tapi bukan berarti tahu kribo ini tahu yang habis dari hair stylist, ya.

Kribo yang ada pada tahu ini merupakan hasil dari adonan tepung yang digoreng bersamaan dengan tahu di dalam minyak yang panas. Adonan tepung dimasukkan sedikit demi sedikit selama menggoreng tahu sambil diaduk supaya adonan melekat ke si tahu. Hasilnya adalah tahu dengan tampilan layaknya memiliki rambut kribo dan memiliki rasa gurih nan super renyah.

Dadar Gulung Variasi

Jajanan yang sudah dikenal sejak lama ini ikut berevolusi lho seiring dengan berkembangnya zaman. Dadar gulung yang biasanya hadir dengan warna hijau khas pandan itu, kini hadir dalam warna lainnya seperti cokelat, pink, dan bahkan pelangi.

Baca juga Tips Bisnis dan Cara Mengurus Izin RT RW Net

Selain warna kulitnya, isian dadar gulung yang biasanya merupakan parutan kelapa juga kini sudah makin variatif. Ada isian selai cokelat, vla, pisang, dan banyak lainnya. Dadar gulung termasuk jajanan yang bisa di custom sehingga kreatifitas pelaku usahanya bisa melahirkan jenis dsdar gulung yang baru.

Steak Tempe

Steak yang biasanya erat kaitannya dengan daging, kini juga hadir dalam versi non daging. Steak tempe, seperti namanya merupakan hidangan yang memiliki rupa mirip seperti steak daging pada umumnya, hanya saja menggunakan tempe sebagai pengganti daging.

Baca juga Tips Membuka Usaha Toko Plastik Modal Kecil

Rasa steak tempe termasuk rasa yang bisa diterima oleh lidah masyarakat apalagi masyarakat Indonesia yang sudah tidak asing dengan rasa tempe. Tambahan saus lada hitam atau jamur juga bisa melengkapi steak tempe ini sehingga menghadirkan rasa yang semakin mirip dengan steak daging biasa.

Es Krim Goreng

Es krim digoreng? Unik ya? Sesuai dengan namanya, hidangan es krim goreng ini dibuat dengan menggunakan es krim yang dibalut dengan tepung kemudian di goreng. Umumnya, es krim goreng disajikan dengan pelengkap seperti roti tawar hingga beragam bahan lainnya. Rasa manis tak berlebihan yang berasal dari es krim seolah melumer sempurna di dalam mulut.

Tips Sukses Usaha Kuliner Unik

Tips Sukses Usaha Kuliner Unik
Tips Sukses Usaha Kuliner Unik

Tentukan target pasar Anda

Sebelum memutuskan jenis makanan apa yang ingin Anda sajikan, Anda harus menentukan target pasar usaha kuliner, dan bukan sebaliknya. Tentukan siapa yang akan menjadi pengunjung Restoran anda. Kelas menengah ke atas atau kelas menengah ke bawah, orang tua dan anak-anak mereka atau orang muda, atau pada umumnya.

Dengan menentukan siapa target pasar Anda, Anda akan tahu langkah selanjutnya yang harus diambil. Seperti, misalnya, menu apa yang ingin Anda buat, di mana tempat terbaik untuk melakukan bisnis kuliner, fasilitas apa yang ingin Anda tawarkan kepada pengunjung restoran.

Baca juga Tips Memulai Bisnis Rongsokan

Analisa pesaing Anda

Banyak yang tidak menyadari bahwa penting untuk melakukan penelitian ini sebelum menjalankan usaha kuliner unik. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengungguli pesaing Anda dalam bisnis dengan cara yang mudah. Bagaimana? Sangat mudah. Kunjungi restoran di tempat-tempat di mana Anda ingin menjalankan bisnis anda.

Tapi jangan hanya duduk, memesan makanan dan pulang setelah Anda kenyang. Perhatikan fasilitas yang ditawarkan oleh pemilik di restoran, keunikannya, menu, Harga, Desain Interior restoran. Perhatikan apa pun yang menurut Anda dapat ditingkatkan dan diterapkan di restoran. Dengan cara ini, bisa beberapa level lebih baik daripada restoran pesaing.

Pilih lokasi yang tepat

Tidak ada gunanya menyiapkan hidangan lezat atau minuman lezat jika Restoran Anda jauh dari pemukiman atau keramaian, bukan? Inilah pentingnya melakukan survei lokasi sebelum menjalankan bisnis kuliner.

Pilih tempat yang berpotensi menarik pengunjung setiap hari. Lebih dekat dengan kampus atau kantor. Mahasiswa atau pekerja yang tinggal di rumah kos lebih cenderung memilih makan di luar daripada memasak sendiri karena lebih praktis. Dengan pilihan lokasi yang tepat, restoran Anda tetap berpotensi penuh dengan pengunjung, bahkan jika Anda tidak berpromosi secara intensif.

Penutup

Sebenernya masih banyak sekali ide usaha kuliner unik. Namun dengan beberapa referensi ini, bisa setidaknya membantu temen-temen dalam menentukan usaha kuliner unik.

Itulah dia beberapa contoh ide usaha kuliner unik yang bisa anda coba. Melakukan banyak riset tentu sangat membantu dalam usaha kuliner unik agar rasa makanan tersebut terus melekat di lidah orang-orang dan tidak sekedar viral saja.