Cafe
Cafe

Pemula Wajib Tahu! Waspadai 4 Resiko Usaha Cafe Ini!

Posted on

CARAMENJADI.COM – Resiko usaha cafe patut Anda ketahui mengingat jumlah usaha dengan cara membuka cafe nampaknya semakin hari semakin banyak saja jumlahnya.

Ada cukup banyak faktor yang mempengaruhi, namun bisa dibilang hal yang berkontribusi besar dalam perkembangan usaha cafe adalah karena gaya hidup masyarakat yang sudah berubah.

Gaya hidup masyarakat yang kini cenderung konsumtif akibat dari globalisasi menjadi salah satu penyebab lahirnya berbagai cafe di Indonesia.

Selain itu, jumlah anak muda yang senang nongkrong di cafe bersama dengan kumpulan masing-masing juga mempengaruhi suksesnya usaha cafe.

Meski terdengar sukses dan mampu meraup untung yang besar, usaha cafe tidaklah terlepas dari resikonya tersendiri. Beberapa resiko ini tentunya tidak bisa dianggap sepele apalagi bagi Anda yang baru mau memulai usaha.

Untuk itu, mari kenali beberapa resiko dari uaha cafe pada artikel ini!

 

Resiko-resiko Cafe

Cafe
Cafe

1. Resiko Ekonomi yang Tidak Stabil

Kondisi ekonomi yang cenderung labil menjadi satu dari sekian resiko usaha cafe. Mengapa begitu? Tentunya karena pendapatan masyarakat akan mempengaruhi menu yang mereka pesan di cafe.

Menu-menu yang ada di cafe tentunya sudah merupakan harga tetap yang tidak bisa ditawar. Meski sudah memasang harga termurah sekalipun apabila kondisi dompet sedang memburuk, para pengunjung cafe biasanya hanya memesan secangkir kopi. Bahkan beberapa diantaranya malah ada yang berbagi satu menu untuk beberapa orang untuk menghemat pengeluaran.

Beberapa pengunjung semacam ini relatif tidak tahu diri dan tetap akan nongkrong berjam-jam meski memesan menu yang murah dan sedikit. Tentunya ini akan mendatangkan kerugian bagi Anda karena Anda tentunya masih harus memberi layanan seperti biasa kepada mereka dengan bayaran yang tidak setimpal.

 

2. Butuh Modal Banyak

Resiko ini masih akan berkesinambungan dengan resiko sebelumnya. Sebagai pemilik usaha, tentu Anda ingin memanjakan konsumen dan memberi layanan yang terbaik.

Masalahnya layanan yang baik harganya pasti tidak akan murah. Selain modal untuk sewa lokasi, modal beli peralatan bartender, pernak-pernik cafe, dan gaji karyawan tentunya masuk dalam perhitungan Anda sebelum memulai usaha.

Resiko modal ini biasanya menjadi penghalang tersendiri. Jika modal yang dikeluarkan terlalu besar, tidak ada jaminan usaha akan laku keras. Sebaliknya, modal yang terlalu kecil tentu akan membuat usaha kurang menarik dan ujung-ujungnya akan mati juga.

 

Simak juga: Resiko Usaha Burger

 

3. Resiko Konsumen Cafe Tidak Tetap

Resiko berikutnya dari usaha cafe adalah jumlah konsumen yang tidak tetap. Hal ini bisa disebabkan oleh sifat konsumen yang rata-rata mengunjungi cafe hanya untuk mendapat nuansa baru saja.

Konsumen yang cepat bosan ini tentu tidak akan berpikir untuk mengunjungi cafe yang sama lagi. Tentu hal ini akan menjadi penyebab kerugian dalam usaha cafe Anda sebab jumlah konsumen akan mempengaruhi jumlah pemasukan cafe juga.

 

4. Persaingan Tinggi

Terakhir, resiko terbesar dari mendirikan usaha cafe adalah jumlah persaingannya yang sangatlah tinggi. Wajar, melihat pasar dan prospek yang baik tentu membuat orang berlomba-lomba untuk mendirikan usaha ini.

Tingginya persaingan ini haruslah diwaspadai. Anda harus pintar-pintar menyusun strategi dan merias cafe milik Anda semenarik mungkin supaya tidak kalah pamor dengan cafe pesaing lainnya.

Jika Anda ingin membuat inovasi agar berbeda dari cafe lain boleh-boleh saja. Asal inovasi tersebut masih dalam batas wajar baik dari sudut pandang konsumen dan keuangan. Jangan sampai Anda membuat inovasi yang terlalu aneh dan malah membuat orang jadi ragu datang ke cafe Anda.

 

Itulah dia 4 resiko usaha cafe yang cenderung fatal. Dengan mengetahui resiko-resiko ini, diharapkan Anda bisa merencanakan usaha Anda sebaik mungkin agar cafe bisa terus eksis dan memiliki pelanggan tetap.