usaha kopi keliling

Ide Peluang Usaha Kopi Keliling yang Menguntungkan

Posted on

CARAMENJADI.COM – Berikut ide peluang usaha kopi keliling yang menguntungkan. Kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang, khususnya untuk kalangan pria. Hampir setiap harinya orang-orang selalu minum kopi yang katanya memberikan daya semangat agar tidak ngantuk. Namun ketika tidak berada di rumah, mau tidak mau harus membelinya. Sekarang ada banyak sekali penjual kopi keliling yang bisa kalian dapatkan dengan mudah.

Melihat peminat kopi yang cukup banyak, peluang usaha jualan kopi sangat efektif. Kesempatan mendapatkan keuntungan besar bisa kalian dapatkan dengan mudah. Agar berhasil, terapkan strategi penjualan dengan baik karena berbisnis tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Apabila asal menjalankannya, maka akan sulit mendapatkan hasil.

Apa Itu Usaha Kopi Keliling?

usaha kopi keliling

Usaha kopi keliling adalah salah satu peluang bisnis yang sedang tren di jaman sekarang. Dimana peluang mendapatkan keuntungan bisa kalian dapatkan dengan mudah. Sistem kinerjanya hanya berjualan kopi seperti umumnya, namun kalian harus berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Sebab itulah mengapa disebut sebagai usaha kopi keliling.

Berbeda dengan usaha kopi lainnya yang sudah memiliki tempat, usaha yang satu ini mengharuskan Anda untuk mencari tempat dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Seperti halnya siang berada di tempat pekerjaan sebuah perusahaan, malamnya bisa di alun-alun kota atau lainnya. Dalam hal ini berarti kalian yang mencari pelanggan bukan sebaliknya.

Jualan kopi keliling memiliki potensi yang besar karena minat dan daya tarik orang-orang yang tinggi. Tidak hanya kalangan atas saja, melainkan kebanyakan dari kalangan menengah ke bawah. Mereka yang biasa minum kopi akan mencarinya ke tempat Anda.

Ide Peluang Usaha Kopi Keliling yang Menguntungkan

Bagi yang tertarik menjalankan peluang usaha yang satu ini, ada beberapa tips yang harus kalian terapkan. Tidak asal-asalan dalam menjalankan bisnis supaya tidak gagal. Jualan kopi tampak sepele, namun akan sulit diterapkan apabila belum menemukan jalannya. Sehingga bisa beresiko jika kalian asal menjalankannya, malah bisa berakibat kerugian.

Berikut tips usaha kopi keliling yang menguntungkan:

Persiapan Modal

Modal menjadi salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Dari sini harus dipersiapkan terlebih dahulu jumlah modal yang kalian butuhkan. Cari tahu informasinya terlebih dahulu kepada penjual kopi yang berpengalaman. Kira-kira membutuhkan modal berapa untuk memulai usaha tersebut. Dengan begitu, keuangan Anda akan tercukupi.

Usaha kopi merupakan salah satu bisnis yang tidak membutuhkan modal besar. Jika sudah memiliki gerobak atau perlengkapan lainnya, kalian hanya perlu menyiapkan bahannya saja. Cukup dengan menyiapkan air panas dan kopi, maka sudah bisa memulai usaha tersebut. Siapkan modal yang cukup supaya bisa memulai jualan kopi keliling.

Bagi yang belum memiliki uang namun tetap ingin menjalankan usaha yang satu ini. Sebaiknya pinjam terlebih dahulu, ada banyak sekali layanan pinjaman yang bisa kalian pilih. Salah satunya bank yang menjadi salah satu tempat pinjaman paling akurat. Tanpa membutuhkan waktu yang lama, maka kalian akan memperoleh uang dengan cepat.

Namun sebaiknya coba pinjam kepada tetangga atau saudara terlebih dahulu. Karena pinjam di bank biasanya ada tambahan bunga yang mengharuskan Anda membayar dengan biaya lebih. Apabila modal sudah cukup, langsung saja mulai usahanya.

Pemilihan Lokasi yang Strategis

Jangan asal-asalan dalam menjalankan bisnis, khususnya dalam pemilihan tempat. Berjualan kopi juga membutuhkan tempat yang strategis. Kira-kira di mana tempat yang cocok agar bisa mendatangkan banyak pelanggan. Dengan tempat yang strategis, maka usaha kopi Anda akan laris manis. Sehingga, keuntungan besar bisa di dapatkan.

Pemilihan lokasi bisa yang strategis berarti berpotensi ramai pembeli. Pastinya kalian sudah memiliki gambaran terkait tempat yang ingin dipilih untuk jualan kopi. Jangan sampai asal menjualnya di tempat yang tidak potensial untuk mendatangkan pelanggan. Seringkali orang-orang tidak memikirkan hal itu saat berjualan, yang terpenting bisa berjualan dan mendapatkan pelanggan.

Bagi yang bingung, tips memilih tempat usaha kopi keliling bisa dilakukan dengan mudah. Pada intinya, tempat yang kalian pilih nantinya bisa menarik perhatian orang-orang untuk membelinya. Seperti halnya jualan di depan tempat kerja, maka saat jam istirahat para pekerja tersebut dapat membeli kopi yang Anda jual. Begitu juga dengan lokasi lainnya yang bisa kalian pilih.

Buat Kopi yang Lezat

Ide peluang usaha kopi keliling biasanya hanya menyediakan kopi sashet kemudian dimasukan air panas dan jadilah kopi yang siap di konsumsi. Akan tetapi, kalian bisa berkreasi membuat kopi sendiri dengan racikan khas agar menarik perhatian banyak orang untuk membelinya. Biasanya orang-orang akan penasaran dengan sesuatu yang berbeda, terutama kopi yang ingin mereka cicipi.

Kalian bisa membuat kopi dengan cita rasa lezat dan khas. Seperti halnya perpaduan antara gula dan kopi yang seimbang, sehingga menghasilkan rasa yang nikmat. Kalian bisa menambahkan ciri khas supaya orang-orang mengenal kopi buatan Anda. Seperti halnya gelas kopi yang berbeda dengan jenis gelas lainnya yang umum dijual orang-orang.

Sediakan Kopi yang Lengkap

Ada banyak sekali jenis kopi yang bisa kalian jual, masing-masing memiliki rasa yang berbeda-beda. Semakin lengkap varian penjualannya, maka semakin efektif untuk menarik pelanggan. Terkadang orang-orang enggan membelinya apabila kopi kesukaannya tidak ada di tempat Anda. Sehingga, mereka akan lebih memilih ke tempat lainnya.

Bagi yang tertarik untuk berjualan kopi, sediakan yang lengkap. Orang-orang akan melakukan penilaian terlebih dahulu sebelum membelinya. Apabila baru melihatnya saja tidak tertarik, maka mereka akan lebih memilih membeli di tempat lain. Salah satunya karena faktor ketersediaan kopi yang kurang lengkap, hal tersebut menjadikan orang-orang kurang tertarik.

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda terkait kopi favoritnya. Seperti halnya biasa minum kopi hitam di rumah, namun ketika ke luar rumah ingin membelinya. Maka mereka akan mencari penjual yang menyediakan kopi hitam tersebut. Apabila tidak ada, mereka bisa mencari ke tempat lain. Kecuali jika tidak masalah dengan jenis kopi lainnya yang bisa mereka pilih sesuai keinginan.

Pelayanan yang Baik

Berjualan tanpa adanya pelayanan yang baik tentu akan membuat pelanggan enggan untuk membelinya. Apalagi jualan kopi, pastinya orang-orang akan minum langsung di tempat. Setidaknya berikan pelayanan sebisa mungkin agar mereka tidak bosan menikmati kopi buatan Anda. Dengan begitu, pembeli akan merasa nyaman dan mau berlangganan kembali.

Palayanan sangat berpengaruh terhadap minat pelanggan untuk membeli kopi di tempat Anda. Seperti halnya kualitas pelayanan yang maksimal, mereka akan merekomendasikan ke orang lain apabila ada yang mau mbelinya. Secara tidak langsung, pelayanan yang baik sama halnya dengan promosi ke orang lain tanpa disadari diri Anda sendiri.

Pelayanan meliputi banyak hal, salah satunya dari segi tindakan. Ketika ada pelanggan yang datang, maka persilahkan untuk duduk terlebih dahulu. Datangi dan tanyakan kopi apa yang ingin mereka pesan, lalu buatkan sesuai perintah. Hidangkan dengan cara yang halus dan berikan senyuman kepada pembeli sebagai tambahan nilai dalam pelayanan.

Selain itu, berikan ucapan yang sopan saat ngobrol dengan pelanggan. Kata-kata yang sopan berarti tidak menyinggung atau menjelek-jelekan pembeli. Bahkan kalian bisa mengajak ngobrol apabila pembeli tidak ada teman ngopi. Mereka yang merasa kesepian akan senang karena pelayanan yang kalian berikan dalam berjualan kopi. Pelayanan yang memuaskan sangat berpengaruh terhadap daya tarik pembeli.

Promosi

Ide peluang usaha kopi keliling akan sangat menguntungkan bila kalian melakukan promosi. Jangan malu untuk promosi karena bisa mendatangkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Bila perlu, minta media sosial pembeli dan minta untuk save kontak Anda. Cara ini cukup efektif agar mereka yang sedang mencari kopi bisa datang ke tempat Anda nantinya.

Di jaman sekarang ini, kalian harus bisa memanfaatkan teknologi. Media sosial menjadi salah satu kunci penting yang harus kalian gunakan dalam promosi. Selain memiliki potensi yang baik, media sosial bisa kalian gunakan secara gratis. Hanya bermodalkan koneksi internet, mendapatkan pelanggan tidak begitu sulit untuk kalian lakukan.

Share saja melalui story, beranda, atau grup tertentu yang kiranya orang-orang mau membacanya. Jangan lupa berikan informasi yang menarik terkait usaha kopi yang kalian jual. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk membelinya bila suatu saat membutuhkannya. Terkadang orang-orang yang gabut mencari tempat tujuannya adalah kedai kopi. Minuman yang satu ini mampu memberikan ketenangan apabila sudah mengkonsumsinya.

Kondisi Lingkungan Jualan Kopi Aman dan Nyaman

Jangan asal-asalan dalam berjualan kopi keliling. Apalagi jika masih baru, pastinya belum memahami daerah tertentu yang mungkin saja tidak aman. Seperti halnya daerah yang dilarang untuk berjualan, jangan nekat untuk berjualan di tempat tersebut. Biasanya ada razia atau masalah tertentu yang bisa membuat usaha Anda tidak berjalan dengan lancar.

Survei terlebih dahulu beberapa lokasi yang aman untuk jualan kopi keliling. Pastikan tempat yang kalian gunakan belum milik hak orang lain. Apabila ada sistem berbayar, maka kalian wajib untuk membayarnya dengan mempertimbangkannya terlebih dahulu. Apabila tempat aman, maka kalian tidak perlu khawatir untuk menjalankan bisnis jualan kopi.

Selain keamanan, kenyamanan juga menjadi salah satu faktor penting yang harus kalian ketahui. Jangan memilih lokasi yang lingkungannya kotor. Karena orang yang akan membeli kopi akan minum langsung di tempat. Apabila lokasinya kotor, mereka tidak akan merasa nyaman. Seperti halnya tempat yang Anda pilih dekat dengan sampah, bisa saja orang yang menikmati kopi merasa bau dan tidak nyaman pastinya.

usaha kopi keliling

Kesimpulan Memilih Usaha Kopi Keliling

Itulah ide peluang usaha kopi keliling yang bisa kalian terapkan. Ikuti beberapa tips di atas jika ingin berhasil menjalankan bisnis jualan kopi. Selama berhasil menerapkannya dengan baik, maka keuntungan usaha kopi keliling akan sangat besar. Melihat potensi penjualan kopi cukup menggiurkan karena tidak membutuhkan modal yang besar.

Membangun usaha tidak semudah yang dibayangkan, ada beberapa hal yang harus kalian lalui. Bahkan kegagalan bisa menimpa seseorang dalam berjualan. Apabila tidak sabar, maka keberhasilan tidak akan memihak Anda. Lakukan dengan kerja keras dan konsisten yang tinggi. Hal yang paling penting adalah jangan pernah menyerah sampai usaha Anda benar-benar berhasil dan sukses.