ide usaha es semangka india

Ide Usaha Es Semangka India Beserta Resepnya

Posted on

Ide Usaha Es Semangka India Beserta Resepnya – Beberapa waktu yang lalu, viral pedagang es semanga di India yang laris manis. Videonya tersebar di berbagai media sosial seperti YouTube, Facebook hingga Instagram. Dari video tersebut, tak sedikit masyarakat Indonesia yang merespon hal tersebut sebagai sebuah ide usaha baru. Karena sebelumnya, usaha es semangka memang masih belum ada di Indonesia.

Banyak masyarakat yang juga penasaran dengan rasa dari es semangka ini. Sehingga ide usaha es semangka sangat layak untuk Anda pilih. Modal usaha es semangka India bisa dikatakan tidak terlalu besar, disesuaikan dengan porsi yang akan Anda jual nantinya. Namun sebelum mencoba usaha ini, Anda harus tahu terlebih dahulu resep dalam membuat es ini.

ide usaha es semangka india

Resep Es Semangka India

Menurut informasi yang beredar, es semangka India ini menggunakan sirup mawar Rooh Afza yang berasal dari Pakistan. Ya, jadi memang tidak murni dari buah semangka saja. Penggunaan sirup akan membuat modal yang diperlukan bisa ditekan, daripadan menggunakan es semangka sepenuhnya. Jika sulit mencari sirup yang berasal dari Pakistan itu, Anda bisa menggunakan jenis sirup lainnya. Berikut ini beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat es semangka India, banyaknya disesuaikan dengan porsi yang akan dibuat.

  1. Buah semangka tanpa biji yang dipotong kecil-kecil.
  2. Susu cair full cream merek apa saja.
  3. Sirup Rooh Afza, bisa diganti dengan jenis sirup lain.
  4. Es batu

Cara Membuat Es Semangka India

Untuk membuat es semangka India, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Sediakan panci atau wadah yang berkuran besar, lalu potong semangka dengan ukuran kecil-kecil dan dimasukkan ke wadah tersebut.
  2. Setelah itu, tambahkan air dan juga susu full cream secukupnya.
  3. Kemudian, tuang sirup dengan porsi yang disesuaikan lalu aduk hinga merata. Jika sudah, Anda bisa memasukan es batu dan kembali di aduk.
  4. Jika sudah merata, es semangka India bisa langsung di jual ke pembeli.

Anda bisa menjual es semangka ini di lokasi yang ramai dan tentunya panas. Karena akan ada banyak orang yang tertarik untuk membeli es ini.

Tips Jualan Es Semangka India

Agar jualan es semangka India ini laris manis, Anda bisa menerapkan beberapa tips ini.

  1. Tentukan harga jual yang pas di kantong pembeli. Anda bisa menawarkan beberapa pilihan harga dengan porsi yang berbeda-beda. Misalnya untuk porsi kecil harganya Rp. 5 ribu, kemudian porsi sedang Rp. 7 ribu dan porsi besar Rp. 10 ribu. Dengan adanya variasi harga ini, membuat pembeli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.
  2. Gunakan semangka yang segar, sehingga menghasilkan minuman yang enak. Tak sedikit pembeli nantinya juga akan melihat proses pembuatan es semangkanya, jika Anda menggunakan semangka yang tidak segar, tentunya pembeli akan kurang berkenan untuk membeli.
  3. Untuk menghasilkan rasa yang otentik seperti aslinya, Anda bisa menggunakan sirup Rooh Afza. Jenis sirup ini banyak dijual di toko online, atau Anda bisa mencarinya di toko-toko di daerah Anda.
  4. Promosikan jualan ini melalui media sosial, buat konten yang menarik agar banyak orang yang datang untuk membeli.

Nah itulah informasi mengenai ide usaha es semangka India yang memiliki peluang bagus. Usaha ini masih jarang yang menjalankannya, sehingga tidak banyak saingan untuk Anda. Jualan minuman memang tidak terlalu sulit, apalagi jika berjualan pada musim kemarau.