Usaha Makanan Khas Daerah
Usaha Makanan Khas Daerah

Ide Usaha Makanan Khas Daerah

Posted on

Caramenjadi.com – Jangan salah saat ini ada banyak peluang usaha. Salah satunya yaitu peluang usaha makanan khas daerah. Bisnis ini saat ini sedang banyak dijalankan oleh para pebisnis.

Kuliner Indonesia dengan segala keragamannya menciptakan berbagai ide usaha makanan khas daerah tertentu. Kuliner daerah yang eksotis dan belum terlalu familiar tentu menarik perhatian target pasar untuk mencicipinya. Di bawah ini adalah beberapa ide usaha makanan khas daerah yang bisa anda coba.

Mengenal Apa Itu Makanan Khas Daerah

Mengenal Apa Itu Makanan Khas Daerah
Mengenal Apa Itu Makanan Khas Daerah

Sebelum kita membahas mengenai ide usaha makanan khas daerah. Kita akan membahas secara singkat tentang apa itu makanan khas daerah. Makanan khas daerah adalah makanan olahan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Di Indonesia, setiap daerah atau provinsi memiliki olahan makanan sendiri dengan rasanya sendiri.

Baca juga Usaha Kuliner Unik Beserta Tips Sukses

Keragaman spesialisasi daerah di Indonesia tidak terlepas dari keragaman suku dan budaya di Indonesia. Oleh karena itu, makanan khas untuk setiap daerah berbeda dan juga memiliki rasa yang berbeda.

Makanan khas daerah adalah makanan yang biasa dikonsumsi masyarakat di suatu daerah. Sifat masakan di suatu daerah biasanya mencerminkan karakter masyarakat setempat. Perbedaan Regional dalam makanan juga dapat dipengaruhi oleh lokasi geografis wilayah tersebut.

Di daerah pegunungan karena iklim dingin, makanan seperti sayuran dapat diproduksi. Hidangan vegetarian olahan biasanya dimasak pada suhu tinggi dan memiliki rasa pedas.

Jadi Anda bisa menghangatkan tubuh. Di daerah pesisir, makanan termasuk produk yang ditangkap di laut.

Setiap daerah memiliki karakteristik nutrisinya sendiri. Dan makanan yang mereka makan berbeda. Namun, secara umum, bahan makanan diperoleh dari hewan seperti telur, ayam, daging, ikan dan susu, serta dari sayuran seperti sayuran, buah-buahan, umbi-umbian dan sereal.

Baca juga Resiko Usaha Makanan Angkringan

Perbedaan budaya dan makanan yang tersedia mempengaruhi pengolahan produk makanan khas secara berbeda di setiap daerah. Berbagai jenis produk makanan dan karakternya juga berbeda.

Usaha Makanan Khas Daerah

Usaha Makanan Khas Daerah
Usaha Makanan Khas Daerah

Serabi

Kue serabi yang merupakan makanan khas dari Jawa Barat ini menjadi salah satu pilihan makanan khas daerah yang bisa dijadikan usaha. Serabi terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kental dan menggunakan topping berupa parutan kelapa atau oncom. Seiring perkembangan zaman, topping serabi juga kian bervariasi misalnya dengan menggunakan cokelat, keju, selai buah, dan lainnya.

Baca juga Ide Usaha di Kampung Yang Menjanjikan

Meski dalam pembuatan serabi tidak dibutuhkan teknik khusus, serabi yang dimasak dengan menggunakan wajan atau tungku yang terbuat dari tanah liat biasanya lebih disukai karena dirasa lebih tradisional dan memberikan rasa khas yang berbeda.

Pempek

Makanan khas kota Palembang ini pastinya sudah tak asing di mulut warga Indonesia. Makanan yang dibuat menggunakan bahan dasar berupa tepung dan ikan ini rasanya tak akan lengkap jika tidak disajikan bersama dengan kuahnya.

Pempek memiliki cita rasa yang unik, yaitu perpaduan rasa gurih, kenyal, asam, manis, dan sedikit pedas. Meski biasanya dibuat dengan bahan dasar ikan, pempek juga punya variasi dengan isian telur atau ayam.

Selain itu, ada juga varian pempek yang kulitnya berupa kulit ikan. Berkat cita rasanya yang unik dan enak, pempek sudah terkenal luas bahkan diluar Palembang, sehingga bisa anda jadikan sebagai pertimbangan untuk usaha makanan khas daerah.

Gado-gado

Siapa bilang salad itu produk yang hanya berasal dari luar negeri? Indonesia juga punya lho salad lokal dengan rasa yang tak kalah enak dari salad internasional. Yap, namanya adalah gado-gado. Gado-gado ini termasuk makanan yang sehat karena terbuat dari campuran berbagai sayuran, dan seperti salad lainnya juga menggunakan dressing yang berupa saus kacang.

Baca juga Cara Menjalankan Usaha Camilan Kering

Salad khas ibukota Jakarta ini mudah sekali untuk dijumpai di pinggir jalan dan memiliki harga yang sangat merakyat. Dengan peminat yang banyak dan harga jualnya yang terjangkau berbagai kalangan, berjualan gado-gado bisa anda jadikan sebagai usaha makanan khas daerah.

Seblak

Jawa Barat menjadi tempat kelahiran bagi makanan yang satu ini. Seblak yang menjadi populer belakangan ini terbuat dari kerupuk yang direbus menjadi basah dan dicampur dengan berbagai bumbu dan topping seperti ceker, telur, sayuran, sosis, mie, dan lain sebagainya.

Cita rasa dari seblak adalah pedas dan gurih, dan biasanya penjual seblak juga menyediakan berbagai tingkat kepedasan untuk kuah seblak mereka. Kepopuleran seblak sangat membantu jika anda berencana untuk membuka usaha berjualan seblak karena anda jadi tidak perlu repot mengenalkan lagi barang dagangan anda kepada para konsumen.

Selain itu, seblak lumayan mudah untuk dibuat sehingga nampaknya proses produksi bukanlah suatu halangan yang berat bagi anda.

Baca juga Tips Membuka Bisnis Cafe Hotspot Dengan Modal Kecil

Kue Pukis

Kue lezat khas daerah Jawa Tengah ini menjadi salah satu pilihan turis sebagai buah tangan apabila sedang berjalan-jalan. Kue pukis ini tak hanya dijual di pinggiran jalan, namun juga dijadikan sebagai salah satu menu di berbagai restoran besar.

Ciri khas kue pukis adalah bentuknya yang berupa setengah lingkaran dengan warna kuning kecoklatan. Kue pukis tak hanya hadir dalam rasa original atau polos, namun juga rasa lain yang beragam berkat adanya campuran perisa dalam adonannya.

Penutup

Bisnis usaha makanan khas daerah saat ini sedang diminati oleh banyak orang. Bagaimana tidak, makanan daerah memiliki target pasar yang sangat luas. Bahkan bisa mencakup di segala kalangan. Mulai dari kalangan anak kecil, remaja, orang dewasa, dan bahkan orang tua.

Tapi tentunya jika anda ingin sukses dalam menjalankan usaha makanan khas daerah, anda harus menjalankan usaha ini dengan tekun dan rajin. Selain itu menganalisa kompetitor anda juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan anda.

Hidangan khas daerah menjadi bisnis yang lumayan menguntungkan apalagi jika anda pandai dalam mengolahnya. Sarana branding yang kuat dan menarik tentunya akan menambah sukses bagi usaha makanan khas daerah anda.